Siapakah Wanita Penuh Berkah Menurut Syariat Islam ?

wanita penuh berkah

Wanita penuh berkah menurut syariah islam | wanita penuh berkah ? laki – laki mana yang tidak mau untuk memiliki ? salah satu cara memilikinya adalah dengan cara menikahinya .

Menikah hampir sama dengan kemuliaan suatu  agama . Pernikahan sangat penting dalam pandangan islam . Pernikahan juga merupakan sunnah Rasul.Perhatikan hadist Dibawah ini :

At- Tirmidzi , Imam Ahmad ibn Hambal dan Al- Baihaqi meriwayatkan : ” Rasulullah saw bersabda : “Empat macam perkara termasuk sunnah – sunnah rasul yaitu memakai pacar , memakai wewangian , bersiwak dan menikah . “

 Allah swt menciptakan kasih sayang , kerinduan serta memberikan ketentraman yang tidak pernah bisa dirasakan oleh orang yang belum menikah .Jadi pernikahan merupakan bukti dari kekuasaan Allah swt .Hal ini dijelaskan dalam QS.Ar- Rum Ayat 21:

adversitemens

wanita penuh berkah

Setiap orang yang menikah pasti berharap supaya pernikahannya selalu damai , tentram , penuh kasih sayang dan yang pasti di berkahi oleh Allah swt . Salah satu faktor keberkahan rumah tangga adalah terletak pada  seorang wanita / istri .

Ciri – ciri Wanita penuh berkah

Dalam sebuah hadist Rasulullah menjelaskan tentang ciri – ciri wanita yang penuh berkah .Perhatikan hadist dibawah ini :

wanita penuh berkah

Jadi , ciri – ciri wanita yang penuh berkah adalah :

  1. Mempercepat Perkawinan / mudah dalam proses menghitbah .

Salah satu tanda yang dijelaskan oleh rasulullah saw , wanita yang penuh berkah adalah wanita yang mudah dalam meminangnya . Dan wanita yang mempersulit diri adalah wanita yang celaka .

adversitemens

Perhatikan hadist di bawah ini :

wanita berkah

Sebuah hadist juga menjelaskan :

Rasulullah saw bersabda : ” Wanita yang celaka adalah wanita yang mempersulit diri  . . . “

Dapat kita simpulkan , apabila kita telah menemukan pasangan yang  baik agamanya dan baik akhlaknya maka jangan menunda – nunda untuk menyegerakan menikah . Hal ini bertujuan untuk menghindarkan diri  dari fitnah dan perzinahan . Menikah merupakan salah satu cara yang paling afdal untuk menjaga kehormatan. Akan tetapi hal ini semua , tidak terlepas dari syarat – syarat nikah yang berlaku dalam islam .

2. Mudah atau ringan mahar / maskawinnya

Mahar merupkan hak istri dan kewajiban bagi suami . Namun mahar / maskawin di dalam islam bukan sebagai alat mencari keuntungan ataupun untuk menyulitkan kepada pihak laki – laki .

Dijelaskan juga seorang wanita yang termasuk kedalam ciri – ciri wanita penuh berkah adalah wanita yang mudah maharnya . Sedang yang maharnya mahal adalah wanita yang celaka .

Perhatikan Hadist Dibawah ini :

Rasulullah saw bersabda : ” Seorang wanita yang penuh berkah dan mendapatkan anugerah dari Allah swt adalah yang maharnya murah , mudah dalam menikahinya dan memiliki akhlaq baik . Namun sebaliknya , wanita yang celaka yaitu wanita yang mahal maharnya , sulit menikahinya dan buruk akhlaqnya . “

3. Mudah / subur rahimnya .

Pada dasarnya tujuan dari pernikahan adalah sakinah , mawadah dan warahmah .Selain daripada  itu , mendapat keturunan adalah salah satu dari tujuan pernikahan . Namun diantara kita masih ada pasangan yang bermaksud untuk menunda kehamilan . Menunda sebenarnya tidak salah dalam islam , namun sebenarnya datangnya seorang anak mendatangkan rezeky tersendiri dan Allah swt akan menolong orang – orang yang mau berikhtiar dan bertawakal pada Allah swt .

Dan wanita yang memiliki banyak anak , memiliki keberkahan tersendiri . Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam sabdanya :

wanita penuh berkah

Demikian penjelasan mengenai wanita penuh berkah dalam syariah islam .Semoga kita termasuk dalam orang – orang yang beruntung . Bagi yang wanita semoga kita termasuk dalam wanita yang penuh berkah . Dan bagi yang laki – laki semoga kita dapat mendapatkan wanita penuh berkah seperti yang dijelaskan di atas . Sesungguhnya laki – laki baik akan mendapatkan pasangan wanita yang baik pula . Jadi , sebelum kita mencari kriteria pasangan yang baik , hendaknya kita memperbaiki diri terlebih dahulu. Mohon maaf apabila ada kesalahan mengenai penjelasan diatas .

adversitemens