Waktu Terbaik Shalat Sunnah Malam di Ajaran Islam

Materi Sholat Sunnah – Sebelum membahas secara lebih dalam mengenai Waktu Terbaik Shalat Sunnah Malam didalam Ajaran islam, mungkin ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu tentang Shalat Sunnah Malam itu sendiri karena tentunya diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum mengetahui bahwa Shalat Sunnah itu telah diperintahkan untuk dikerjakan oleh Setiap Muslim) dan Macam – Macam Shalat Sunnah sendiri cukup banyak salah satu contohnya antara lain Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Istikharah, Shalat Sunnah Taubat, Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Dhuha, Shalat Sunnah Rawatib, Shalat Sunnah Witir dan lain lain.

Kemudian didalam Anjuran dan Perintah Mengerjakan Shalat Sunnah bisa kalian lihat didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 yang berbunyi : ” Hendaknya km gunakan sebagian Waktu Malam itu untuk Sholat Tahajud, sebagai Sholat Sunnah untuk diri km, mudah – mudahan Tuhan akan membangkitkan km dg kedudukan yg baik (QS. Al-Isra, Ayat 79) ”. Selain itu bisa kalian lihat juga didalam Dalil Perintah Mengerjakan Sholat Sunnah didalam Hadits Shahih Riwayat Muslim bahwa dari Abu Hurairah mengatakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi :

” Sebaik-baiknya Puasa sesudah Puasa di Bulan Ramadhan ialah Puasa di Bulan Bulan Allah (Muharram). Sebaik – baiknya Sholat Sesudah Sholat Wajib adalah Sholat Malam (HR. Muslim, No. 1163) ”. Lalu Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang lain tentang Sholat Sunnah berbunyi : ” Hendaklah km mengerjakan Sholat Malam karna Sholat Malam ialah kebiasan orang sholeh sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat dengan Allah. Sholat Malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa (Hadits Al Irwa, No. 452, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa Hadits tersebut Hasan ) ”.

Waktu Terbaik Shalat Sunnah Malam di Ajaran Islam

waktu terbaik shalat sunnah malam di ajaran islam

Setelah melihat Firman Allah SWT dan Sabda Nabi Muhammad SAW diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa mengerjakan Sholat Sunnah itu sangatlah baik dan sangat dianjurkan karena selain itu semua, ternyata Keutamaan Sholat Sunnah bisa berfungsi sebagai menutup kekurangan Sholat Wajib Lima Waktu kalian sebagai Seorang Muslim. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Amalan yg akan pertama kali dihisab pada Manusia di Hari Kiamat nanti ialah Sholat. Allah Ta’alaa berkata pada Malaikat nya dan Dia-lah yg lebih tahu, :

adversitemens

‘ Lihatlah pada Sholat hamba-ku, apakah Sholatnya sempurna ataukah tidak ?. Jika Sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya Pahala yang Sempurna, tetapi jika didlm Sholatnya terdapat kekurangan, maka Allah berfirman : ‘ Lihatlah, apakah hambaku mempunyai Amalan Sunnah, jika hambaku mempunyai Amalan Sunnah ‘. Allah Berfirman : ‘ Sempurnakan-lah kekurangan yg ada pada Amalan wajib dengan amalan Sunnahnya ‘. Kemudian amalan yg lainnya akan diperlakukan seperti ini (Hadits Riwayat Abu Daud, No 864 dan Ibnu Majah No. 1426 ) ”.

Oleh karena itu disini bisa kalian lihat ulasan dibawah ini mengenai Waktu Terbaik Mengerjakan Shalat Sunnah Sesuai Hadits didalam Ajaran Islam, yang bisa kalian terapkan dan amalkan sendiri dirumah karena sekali lagi Keutamaan Sholat Sunnah itu sangatlah banyak dan salah satunya bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih diatas.

1. Sepertiga Waktu Malam Pertama

Waktu Terbaik Shalat Sunnah Malam Yang Pertama adalah di waktu sepertiga malam pertama yakni ketika masuk waktu shalat wajib isya dan sampai memasuki waktu jam 10.00 malam. Hal tersebut dikarenakan diwaktu tersebut kalian sebagai seorang Muslim – Muslimah kondisi badan kebanyakan masih belum merasakan kantuk (mengantuk) sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Sunnah Malam di Waktu Sepertiga Malam Pertama ini maka kalian bisa mengerjakan Shalat Sunnah Malam lebih Khusyu dan lebih Konsentrasi, dan tentunya Sholat Sunnah Malam ini dilakukan setelah kalian mengerjakan Sholat Wajib Isya.

2. Sepertiga Waktu Malam Kedua

Lalu Waktu Shalat Sunnah Malam Yang Terbaik Kedua ialah ketika masuk Waktu Malam Sepertiga Kedua yakni dimulai dari Jam 10.00 Malam sampai Jam 01.00 dini hari (Tengah Malam). Hal tersebut dikarenakan di waktu sepertiga malam yang kedua ini, kondisi malam sudah tenang dan sepi sehingga sangat bagus sekali jika dimanfaatkan untuk mengerjakan Sholat Sunnah Malam. Selain itu kalian bisa tidur terlebih dahulu setelah kalian mengerjakan Shalat Wajib Isya dan bangun di jam malam tersebut, karena cara ini bisa digunakan untuk mengatasi rasa kantuk (mengantuk) yg bisa kalian rasakan jika sholat malam di tengah hari.

3. Sepertiga Waktu Malam Ketiga

Kemudian untuk Waktu Terbaik Shalat Sunnah Malam Yang Ketiga adalah ketika memasuki waktu sepertiga malam yang terakhir, yakni dimulai dari jam 01.00 dini hari sampai sebelum masuk waktu Imsak (sebelum masuk waktu sholat subuh). Hal tersebut dikarenakan, diwaktu tersebut kondisi malam tentu sudah lebih tenang dan sepi sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Malam dengan lebih fokus, khusyu dan lebih konsentrasi. Selain itu akan disayangi oleh Allah SWT karena kalian sebagai umat muslim lebih memilih untuk bersujud kepada Allah SWT dan mengerjakan sholat daripada tidur.

Itulah Waktu – Waktu Terbaik Sholat Sunnah Malam yang bisa kalian pilih sendiri dan diamalkan didalam mengerjakan Sholat Sunnah di Malam Hari. Selain itu sebagai tambahan informasi saja bahwa Sholat Sunnah Malam yg sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh kalian adalah Sholat Sunnah Malam Tahajud, hanya saja Cara Sholat Tahajud yang terdiri dari Dua Rakaat ini harus dilakukan dan dikerjakan dengan syarat harus tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya hanya sebentar saja sehingga jika kalian belum tidur terlebih dahulu, maka itu bukanlah Sholat Sunnah Tahajud melainkan Sholat Sunnah Malam biasa.

adversitemens

adversitemens