Memahami Waktu Mustajab Untuk Berdoa Dalam Islam

Waktu Mustajab Untuk Berdoa | Siapa sih yang tidak menginginkan ketika berdo’a dan do’anya cepat terkabul oleh Allah swt ? Tentu kita mengharapkan itu semua bukan .Lalu bagaimanakah caranya ? Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor . Waktu pelaksanaannya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhinya .

Pada dasarnya , semua waktu adalah baik , namun diantara yang baik itu ada yang paling baik atau lebih di kenal dengan waktu mustajab . Kapankah waktu mustajab tersebut ? Pada kesempatan kali ini , kita akan membahas itu semua .

Perhatikan Firman Allah swt dibawah ini :

Allah swt berfirman dalam QS.AL-Ghafir ayat 60 , yang berbunyi :

waktu mustajab untuk berdoa

adversitemens

Dari ayat di atas dijelaskan bahwasannya siapa saja yang berdo’a kepada Allah swt , pasti akan di kabulkan . Dan orang – orang yang tidak mau memohon kepada Allah atau berdo’a dia tergolong orang – orang yang sombong dan takabur . Bahkan Allah swt mengancam orang tersebut masuk ke neraka jahannam dalam keadaan hina . Na’udzubillh himindzalik . . . .

Pengertian do’a 

Do’a secara umum memiliki arti ibadah . Sedangkan secara khusu memiliki arti memohon sesuatu kepada Allah swt dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah swt . Berdo’a bukan berarti hanya dilakukan oleh orang yang sedang mengalami kesusahan saja , namun do’a hendaknya dilakukan setiap saat karena sesungguhnya do’a adalah ibadah .

Tujuan Berdo’a 

Tujuan utama berdo’a adalah :

  • Memohon perlindungan kepada Allah swt
  • Memohon keselamatan dunia dan akhirat
  • Bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah swt berikan

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

adversitemens

Waktu Mustajab Untuk Berdo’a

Sudah dijelaskan di atas , bahwasannya semua waktu adalah baik namun diantara yang baik itu ada yang paling baik. Berikut adalah penjelasan mengenai waktu – waktu paling mustajab untuk berdo’a . Waktu – waktu tersebut adalah :

  1. Waktu tengah malam terakhir ( sepertiga malam ) 

Di waktu ini kebayakan orag sedang tidur. Namun , sesungguhnya waktu ini adalah waktu yang paling mustajab untuk berdo’a , Hal ini dijelaskan pada Hadist dibawah ini :

Waktu Mustajab untuk berdoa

Waktu mustajab untuk Berdoa

Jadi , dari hadist di atas dapat kita simpulkan bahwasannya waktu yang mustajab untuk berdo’a adalah pada waktu setelah shalat Tahajud . Di waktu 1/3 malam juga merupakan waktu shalat tahajud yang paling utama .

2. Setelah shalat lima waktu 

Waktu mustajab yang lain adalah waktu setelah shalat wajib . Jadi , setiap kita selesai shalat wajib , janganlah kita langsung pergi akan tetapi manfaatkan waktu tersebut untuk memohon kepada Allah swt . Semakin sering memohon , maka semakin cepat pula Allah swt mengabulkannya .

3. Pada Saat Sujud 

Waktu paling mustajab untuk berdo’a selanjutnya adalah ketika bersujud . Maka dari itu , janganlah asal bersujud tanpa berdo’a . Karena jika kita bersujud dengan main – main maka kita telah menyianyiakan waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah swt .

4. Pada Hari jum’at 

Pada dasarnya semua hari adalah sama dan merupakan ciptaan Allh swt yang baik . Namun , hari jum’at memiliki keistimewaan tersendiri . Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadist :

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

5. Pada waktu diantara adzan dan iqamah 

Waktu diantara adzan dan iqamah merupakan salah satu waktu mustajab yang kebayakan orang tidak mengetahuinya . Rasulullah saw menjelaskan dalam sebuah hadiat dibawah ini :

Waktu Mustajab Untuk berdoa

6. Pada saat Hatam Al-Qur’an 

Pada saat hatam al- qur’an juga merupakan waktu dimana do’a kita akan cepat terkabul oleh Allah swt . Karena pada saat ini , para malaikat turun ikut menghadiri orang yang sedang hatam Al-Qur’an .

7. Saat Turun Hujan 

Pada saat ini , kebayakan orang ada yang mengeluh dan ada juga yang senang akan turunnya hujan . Namun sesungguhnya hujan adalah berkah dari Allah swt . Dan waktu turunnya hujan juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa .

Hal ini juga dijelaskan dalam sebuh hadist :

Waktu Mustajab untuk berdoa

8. Bulan Ramadhan 

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling istimewa . Dan di waktu bulan ramadhan ada sebuah amalan yang sunnah namun sangat dianjurkan . Amalan itu adalah shalat tarawih ,yang diakhiri dengan shalat witir . Amalan ini hanya ada di waktu atau di bulan ramadhan . Dan di bulan ramadhan juga merupakan waktu paling mustajab untuk berdo’a .

9. Pada saat Sahur 

Waktu sahur atau pada saat sebelum fajar terbit adalah salah satu waktu dimana do’a kita akan cepat terkabul atau waktu mustajab untuk mendekatkan diri kepada Allah swt .

10. Pada waktu Berbuka Puasa 

Pada saat berbuka puasa juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah swt

11 . Pada hari Arafah ( 9 dzulhijah ) 

Di hari ini , semua jama’ah haji sedang menjalankan wukuf di Arafah . Dan hari ini , sangat dianjurkan untuk berdo’a baik muslim yang sedang menunaikan ibadah haji ataupun yang tidak melaksanakannya .

12. Fisabilillah ( berjuang di jalan Allah ) 

Pada saat perang dijalan Allah swt merupakan waktu yang sangat mustajab untuk memohon pertolongan kepada Allah swt .

Pada zaman sekarang , sudah bukan zamannya lagi berperang karena dunia ini sudah aman dan tenteram . Zaman sekarang hanyalah tinggal bagaimana kita memerangi hawa nafsu yang berada pada diri kita masing – masing .

Adab atau tata cara berdoa 

Setelah kita mengetahui waktu kapan saja yang paling mustajab untuk berdo’a , maka tentu dalam berdo’a kita juga perlu dan harus memahami bagaimana tatacara atau adab yang benar dalam berdo’a . Berikut adalah beberapa adab atau tatacara berdo’a yang benar :

  • Menghadap kiblat
  • Di awali dengan membaca basmallah , istigffar , hamdalah , serta diiringi dengan membaca shalawat nabi
  • Mengangkat telapak tangan ketika berdo’a , dan diakhiri dengan mengusapkan tangan .
  • Bersuara dengan lembut
  • Khusu
  • Ikhlas dari hati
  • Berharap dengan sepenuh hati agar do’anya di kabulka
  • Diulang – ulang do’anya , agar menunjukkan keseriusan kita dalam memohon .
  • Setelah berdo’a selesai membaca pujian kepada Allah swt dan shalawat nabi .

Demikian penjelasan mengenai waktu – waktu yang mustajab untuk berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Namun perlu diingat , jika ingin do’a yang diharapkan cepat terkabul maka lakukan semua kewajiban kita kepada Allah swt dan menjahui semua larangan Allah swt . Karena sesungguhnya , semua keberhasilan tergantung pada diri kita , semakin sering kita mendekatkan diri kepada Allah swt maka semakin cepat pula do’a dan harapan kita terkabul .

Semoga dengan penjelasan di atas , kita menjadi individu yang tidak rugi serta menjadi hamba yang dekat dengan Allah swt serta selalu dalam lindungan Allah swt .

adversitemens