Tatacara Shalat Istikharah Dalam Ajaran Islam

Tatacara shalat istikharah |Bagaimana tatacara shalat istikharah yang baik dan benar? apakah ada perbedaannya antara tata cara shalat istikharah dan shalat fardu ?

Shalat istikharah merupakan salah satu dari macam – macam shalat sunnah .Waktu paling utama untuk menjalankan shalat istikharah  yaitu malam hari.

Pengertian shalat istikharah

Shalat istikharah yaitu shalat sunnah dua raka’at untuk memohon kepada Allah swt ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya .Contohnya , apabila ada seseorang berhajat dan bercita- cita akan mengerjakan sesuatu maksud tetapi dia ragu – ragu antara melanjutkan atau tidak . Atau contoh lain ada seseorang bingung menentukan pasangan diantara dua pilihan , maka hal ini disunnahkan untuk mengerjakan shalat istikharah .

Para ulama menjelaskan bahwa manfaat shalat istikharah salah satuya yaitu dapat mendekatkan diri kepada Allah swt , dan dapat mempermudah sutu urusan . Ketika suatu urusan yang anda ragukan itu tidak baik untuk anda maka Allah swt akan menurunkan beberapa halangan dan memberi cegahan supaya anda tidak melanjutkan melaksanakannya .

Tata cara shalat istikharah

Sama halnya dengan shalat sunnah lainnya , shalat istikharah dikerjakan sama dengan halnya shalat fardu yang membedakan hanya terletak pada niatnya .

adversitemens

Lafadz Niat shalat istikharah :

 shalat istikharah

Surah yang dibaca setelah membaca Al- Fatikhah tidak ada surah yang diharuskan , melainkan yang penting termasuk kedalam surah al-qur’an . Namun diutamakan untuk membaca surah al-kafirun (qulyaa) pada raka’at pertama dan surah al-ikhlas(qulhu) pada raka’at kedua .

shalat istikharah

Doa yang dibaca setelah shalat

Setelah selesai mengerjakan shalat istikharah , maka yang dilakukan selanjutnya adalah sama halnya ketika sudah selesai shalat yaitu membaca dzikir dan doa yang dituju atau dimaksudkan .

Doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah shalat istikharah , yaitu :

Shalat istikharah

adversitemens

Shalat istikharah

Yang peru diperhatikan pada saat berdoa hendaknya menyebutkan dengan jelas apa yang sedang menjadi persoalan yang dimaksudkan .Dan meminta yang terbaik kepada Allah swt .

Menjalankan shalat istikharah hendaknya jangan cuma sekali , akan tetapi dilakukan selama 3-7 hari berturut – turut sampai mendapatkan petunjuk apa yang harus diputuskan atau dilakukan . Dalam mengerjakan shalat istikharah , hendaknya di sertai dengan amal- amal baik dan jangan lupa untuk mengerjakan shalat lima waktu .

Demikian penjelasan mengenai shalat istikharah dan tatacaranya .Semoga ketika kita bingung atas suatu hal , maka kita hendaknya mengembalikan semuanya kepada Allah swt . Jadi jangan bingung – bingung lagi bagi yang sedang bingung menentukan calon pasangan .

adversitemens