Tatacara Shalat Hajat Dalam Agama Islam

tata cara shalat hajat

Tatacara shalat hajat| Tatacara shalat hajat sama halnya dengan shalat yang lainnya. Yang membedakan dalam tatacara shalat hajat terdapat di dalam niatnya .

Shalat hajat yaitu shalat sunnah yang dikerjakan karena mempunyai hajat agar diperkenankan hajatnya oleh Allah swt . Jumlah raka’at dalam shalat Hajat yaitu 2 sampai dengan 12 raka’at  dan salam tiap 2 raka’at .

Waktu untuk melakukan shalat hajat yaitu boleh kapan saja , yang penting bukan waktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat . Waktu yang paling utama yaitu sama dengan shalat tahajud yaitu malam hari .

Keutamaan shalat hajat yaitu mendapatkan keberkahan hidup dari Allah swt  dan dapat memudahkan kita dalam segala hal atau dalam suatu keinginan .

adversitemens

hadist yang menjelaskan keutamaan shalat hajat :

tata cara shalat hajat

Tatacara shalat Hajat

Sudah dijelaskan diatas bahwa tatacara shalat hajat tidak berbeda dengan shalat fardu yang membedakan hanyalah niat. Surah yang dibaca juga bebas , tidak ada yang diharuskan yang penting surah yang dibaca termasuk dalam surah AL-qur’an .

Niat shalat hajat :

tatacara shalat hajat

tatacara shalat hajat

Setelah selesai menjalankan serangkaian shalat hajat , maka selanjutnya adalah duduk dengan khusyu dan berdoa kepada Allah swt . Dalam kitab Tajul jamillil ushul  , dianjurkan untuk membaca istigfar 100 kali .

adversitemens

Membaca Istigfar

Bacaan yang pertama kali dibacca setelah selesai shaat hajat yaitu sama halnya shalat yang lain yaitu membaca istigfar .

Bacaan istigfar biasa :

tatacara shalat hajat

( ASTAGFIRULLAHAL’ADZIM  ALLADZI LA ILAAHA ILLA HUWAL KHAYYUL QAYYUMU  WAATUBU  ILAIHI )

Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah swt yang maha Besar “

Bacaan istigfar yang lebih lengkap :

tata cara shalat shalat haj

( ASTAGFIRULLAHA RABBI MIN KULLI DZANBIN WAATUUBU ILAIHI )

Artinya :” Aku memohon ampunan kepada ALLAH SWT Tuhanku , dari dosa – dosa dan aku bertaubat kepadaMu .”

Membaca Shalawat Nabi

Setelah selesai membaca istigfar maka selanjutnya adalah membaca shalawat nabi  sebanyak 100 kali .

Shalat nabi yang simpel :

tatacara shalat hajat

(Allahumma salli wasallim ‘alaa syayyidina mukhammadin wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin )

Shalawat lain yang lebih lengkap :

tatacara shalat hajat

Membaca doa shalat hajat

Setelah membaca istigfar , shalawat nabi dan dzikir maka selanjutnya membaca doa shalat hajat. Do’a ini adalah do’a yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad saw .

Do’a shalat hajat :

tata cara shalat hajat

Setelah selesai membaca itu semua seperti yang dijelaskan diatas , langkah selanjutnya adalah berdoa memohon atas apa yang sedang diinginkan .Sambil bersujud kepada Allah swt dan perbanyak membaca :

LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN

Artinya :

” Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Ya Allah ,Maha Susi Engkau , sesungguhnya aku ini adalah dari golongan yang aniyaya .”

Mengerjakan Shalat Hajat hendaknya dikerjakan tidak hanya satu malam , melainkan 7 malam berturut – turut . Tergantung pada seberapa penting nya atau seberapa urgensinya serta sulitnya suatu masalah yang kita hajatkan . Apabila kita bersungguh – sungguh memintanya  , maka Allah swt akan mengabulkan semua hajat / keinginan kita .

Demikian penjelasan tentang tatacara shalat hajat , semoga bermanfaat . Dan apabila ada sesuatu yang kita inginkan belum terkabul, mungkin usaha kita belum maksimal dan mungkin suatu yang kita inginkan / hajatkan tidak baik untuk kita .

adversitemens