Tata cara shalat Tahajud beserta penjelasannya

Tata cara shalat tahajud | Sebagai seorang muslim pasti kita mengharapkan menjadi seseorang yang dicintai oleh Allah swt  , salah satu cara selain menjalankan shalat lima waktu yaitu menjalankan shalat tahajud. Shalat tahajud adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan .

tata cara shalat tahajud

 

Setelah kita tahu apa saja manfaat dari shalat tahajud, maka tentu kita ingin menjalankannya.Tetapi diantara kita masih bingung  tata cara shalat tahajud . Bagaimana tata cara shalat tahajud? Tata cara shalat tahajud sebenarnya sama halnya dengan menjalankan shalat wajib

Waktu shalat tahajud yaitu setelah shalat isya sampai terbit fajar .Shalat sunnah tahajud harus dikerjakan setelah tidur malam  walaupun hanya  sebentar , jika tidak di awali tidur terlebih dahulu maka hukumnya menjadi beda yaitu dianggap menjalankan shalat sunnah malam bukan shalat tahajud seperti shalat witir dan sebagainya .

adversitemens

Setelah mengetahui pelaksanaan shalat tahajud adalah setelah shalat isya sampai terbit fajar ,dan waktu malam sangat panjang , maka waktu malam tersebut dibagi menjadi 3 bagian :

a. Sepertiga pertama

sepertiga pertama yaitu kira – kira dari jam 19.00 (waktu setelah masuk isya ) sampai dengan jam 22.00 ini adalah waktu utama .

b. Sepertiga kedua

sepertiga yang kedua yaitu kira – kira jam 22.00 sampai dengan jam 1 malam , ini adalah waktu utama paling utama .

c. Sepertiga yang ketiga

adversitemens

sepertiga yang ketiga yaitu kira – kira jam 1 malam sampai dengan masuknya subuh , ini adalah saat yang paling utama .

Hadist Nabi yang bersangkutan

tata cara shalat tahajud

Tata cara shalat Tahajud

Sebenarnya gerakan dan do’a yang di baca sama dengan halnya shalat wajib (shalat lima waktu ). Yang membedakan adalah niat. Jumlah raka’at shalat tahajud tidak terhingga dan jumlah yang paling sedikit yaitu 2 raka’at

Niat shalat tahajud :

tata cara shalat tahajud

Surah yang di baca setelah Al- Fatikhah tidak ada yang husus melainkan yang penting termasuk dalam ayat Al-qur’an.

Doa – Doa yang di baca setelah shalat Tahajud :

Setelah kita selesai melakukan serangkaian shalat tahajud, maka selanjutnya adalah membaca do’a untuk memohon kepada Alloh swt . Doa yang di baca sebenarnya tidak ada yang di haruskan dan semua do’a boleh di baca karena pada intinya untuk memohon dan mendekatkan diri kepada Allah swt .

Akan tetapi , ada doa yang dianjurkan setelah  shalat tahajud,antara lain yaitu :

  • Membaca istigfar

Setelah kita selesai shalat maka pertama kali kita baca adalah istigfar. Istigfar adalah memohon ampunan kepada Allah swt .Membaca istigfar dibaca sebanyak 100 kali atau boleh lebih atau paling minim membaca sebanayak 33 kali.

Bacaan istigfar :

tata cara shalat tahajud

Lafadz ( Astagfirullahal’adzim alladi la ilaa ha illa huwal khayyul qayyumu waatubu ilaihi )

Artiya : ” kami memohon ampunan kepada Allah yang maha Agung dan kamipun bertaubat kepadaNYA.”

  • Shalawat Nabi

Setelah membaca istigfar selanjutnya membaca shalawat nabi sebanayk 33 kali atau boleh lebih atau kurang,bacaan shalawat nabi :tata cara shalat tahajud

lAFADZ ( Allahumma salli’alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad )

Artinya :” Ya Allah , beri karunia kesejahteraan atas junjungan kita nabi agung Muhammad saw ,dan limpahkan rahmat kepada keluarga nabi muhammad .”

  • Membaca tasbih

Setelah membaca shalawat nabi , lalu membaca tasbih sebanayk 33 kali atau boleh lebih atau kurang.Bacaan tasbih :

Lafadz (Subhanallah )

Artinya : “Maha suci Allah ”

  • Membaca tahmid

Setelah membaca istigfar, shalawat ,dan tasbih di lanjutkan dengan membaca tahmid sebanayk 33 kali atau lebih banyak lebih baik .

Lafadz ( Alkhamdulillah )

Artinya : “Segala puji bagi Allah ”

  • Membaca Tahlil

selanjutnya adalah membaca tahlil, sebanyak 33 kali boleh kurang atau lebih. makin banyak makin baik.

Lafadz ( Laaillaa ha illallah)

Artinya :”tiada tuhan selain allah )

  • Setelah membaca itu semua diatas , lalu membaca d’oa yang sering di baca oleh Nabi muhammad saw ketika shalat tahajud :

tata cara shalat tahajud

 

tata cara shalat tahajud

Setelah selesai menjalankan shalat tahajud , boleh melanjutkan tidur. Ketika berbaring sambil membaca ayat kursi ,Al- ikhlas , Al-  falaq dan An – Nas .

Demikian penjelasan mengenai tata cara shalat tahajud yang telah kami jelaskan secara lengkap dan jelas . Semoga bermanfaat dan kita semua dapat melaksanakannya.Apabila ada yang kurang maafkanlah , karena kesempurnaan hanya milik Allah swt .

 

 

 

adversitemens