Tata Cara Makan Sahur Dan Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Tata Cara Makan Sahur | Setiap kita melakukan ibadah puasa baik ibadah puasa wajib atau sunnah pasti kita tidak terlepas dari melaksanakan makan sahur . Serta di mana kita sangat merasa senang atau gembira yang luar biasa ketika datangnya waktu berbuka puasa . Namun , yang perlu diingat kita jangan pernah melakukan dendam karena gara – gara seharian puasa di waktu berbuka malahan melakukan makan yang tidak pada porsinya . Itu tidak benar ,walaupun ketika telah masuk waktu berbuka maka kita dianjurkan untuk cepat – cepatlah berbuka walaupun hanya dengan segelas air putih .Supaya kita dalam memahami makna makan sahur dan berbuka tidak salah , maka mari kita pelajari bersama mengenai bagaiana tata cara makan sahur dan berbuka menut ajaran Rasulullah saw.

Makan sahur yaitu Suatu kegiatan  makan dan minum di waktu dinihari dari jam 01.00 sampai dengan waktu sebelum imsak atau waktu masuk shalat subuh .Berbuka puasa yaitu suatu istilah atau sebutan untuk kegiatan membatalkan puasa di waktu magrib dengan makan dan minum secara halal dan secukupnya .

Makan sahur dan berbuka merupakan salah satu perkara atau hal yang hukumnya sunnah yang sangat di anjurkan dan apabila kita tinggalkan akan merasa rugi .

Tata Cara Makan Sahur Dan Berbuka Puasa

A. Tata Cara Makan Sahur 

Seseorang yang akan melaksanakan puasa hendaknya kita melaksanakan makan sahur terlebih dahulu . Dan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan mengenai bagaimana kita melaksanakan makan sahur , hal tersebut adalah :

adversitemens

1. Sebelum melaksanakan makan sahur membaca do’a 

Do’a yang di anjurkan sebelum melaksanakan makan sahur yaitu membaca :

  • Membaca QS.Al-qadr ayat 1- 5 :

Tata Cara Makan Sahur

  • Membaca do’a ( do’a yang telah di bukukan dalam kitab iqbal karya sayyid ibnu thawus ) :

” Allahumma Rabbannuril’azhiim ”  artinya : Ya Allah pemilik Cahaya Agung .

Jik tidak membaca do’a di atas maka tidak apa -apa , namun alangkah baiknya kita membacanya .

2. Mengakhirkan waktu makan sahur 

adversitemens

Kita sebagai seorang muslim dianjurkan dan di sunnahkan untuk mengakhirkan  waktu makan sahur  sesaat sebelum waktu subuh tiba .

Hal ini di dasarkan pada sebuah hadit di bawah ini :

Tata Cara Makan Sahur

3. Makan Sahur Memiliki Banyak Hikmah Di Dalamnya 

Rasulullah saw memerintahkan kita dan memberi contoh kepada kita untuk melaksanakan makan sahur sebelum berpuasa , hal ini bukan asal perintah belaka namun terdapat beberapa hikmah di dalamnya. Hikmah tersebut adalah :

a. Makan sahur mengandung banyak berkah

Makan sahur adalah berkah , hal ini didasarkan pada sebuah hadist di bawah ini :

Rasulullah saw bersabda :

Tata Cara Makan Sahur

b. Membedakan puasa  orang muslim dengan puasanya orang yahudi dan nasrani ( ahul kitab )

Rasulullah saw bersabda :

Tata Cara Makan Sahur

c.Makan sahur sebagai bekal berpuasa

Dengan makan sahur sebelum menjalankan puasa maka kita akan memiliki cadangan energi untuk menjalankan puasa seharian penuh . Dan menjadikan kita kuat serta tidak beralasan untuk berbuka di siang hari atau membatalkan puasa sebelum waktunya . Hal ini ditinjau dari segi pandangan awam seperti kita.

Tata Cara Makan Sahur

Diantara kita sebagian orang muslim masih melakukan hal yang buruk ketika sahur . Mereka biasanya melakukan makan sahur dalam waktu yang lama sebelum waktu subuh dan tidur setelahnya . Yang perlu diingat hal ini sangatlah salah dan sangat merugikan . Kerugian yang di dapat dari seseorang yang tidur setelah makan sahur adalah :

  • Berpuasa sebelum waktunya
  • Tidak menjalankan ibadah shalat subuh
  • Meninggalkan shalat berjama’ah
  • Tidak baik dalam segi kesehatan ,karena baru makan langsung tidur lagi .

B. Tata Cara Berbuka Puasa

Waktu berbuka adalah waktu yang sangat ditunggu – tunggu bagi setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa . Dan waktu berbuka adalah waktu yang sangat menggembirakan .Namun bukan berarti dalam berbuka kita hanya asal makan , akan tetapi ada tatacara tertentu . Tata cara dan hal yang perlu diperhatikan dalam berbuka puasa adalah :

1. Menyegerakan Berbuka Puasa 

Seorang muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa , ketika waktu berbuka telah datang maka segeralah berbuka , karena kebaikan ada pada diri seseorang yang menyegerakan berbuka puasa. Hal ini didasarkan pada hadist :

Tata Cara Makan Sahur

2. Berbuka Dengan Makanan yang manis – manisa , lunak serta mudah utuk dicerna

Seorang muslim yang berbuka puasa , hendaknya berbuka dengan makanan yang manis – manis dan mudah untuk dicerna . Hal ini selain baik dalam segi kesehatan juga merupakan tata cara yang dicontohkan Rasulullah saw . Dengan didasarkan dalam sebuah hadit di bawah ini :

Rasulullah Saw Bersabda yang artinya :

” Apabila berbuka diantara kamu maka hendaklah berbuka dengan kurma , jika kau tidak mendapatkannya maka berbukalah dengan air , maka sesungguhnya air itu suci .”

Hadist di atas menunjukkan bahwasannya kita berbuka dengan makan makanan yang manis – manis , lunak dan mudah untuk dicerna .

3. Berdo’a terlebih dahulu sebelum berbuka puasa Dan sesudahnya

Ketika akan berbuka janganlah sampai kita lupa untuk berdo’a walau hanya bacaan ” BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM “, dan lebih bagus lagi bacalah do’a sebelum berbuka puasa dan sesudahnya .

Do’a Berbuka Puasa :

Tata Cara Makan Sahur

Do’a Setelah Berbuka Puasa ( sama dengan do’a setelah makan ):

Tata Cara Makan Sahur

4. Berbuka Secukupnya

Ketika kita berbuka puasa , maka hendaknya kita berbuka dengan makan makanan secukupnya . Bukan malah makan sepuasnya , semua makanan di makan bahkan sampai begah . Hal ini sangat di larang dan harus kita hindari mengapa ? karena tidak akan mendapatkan pahala serta jika kita berbuka kekenyangan maka tubuh kita malahan akan lemas , susah berdiri , dan akhirnya malas untuk menjalankan shalat dan dapat juga menimbulkan banyak penyakit .

Rasulullah saw ketika berbuka puasa , tidak pernah terlalu kenyang , bahkan beliau mengosongkan 1/3 bagian perutnya untuk tetap kosong atau dengan kata lain hanya kenyang 2/3 bagian dari perutnya . Hal ini di jelaskan dalam sebuah hadit :

Tata Cara Makan Sahur

Dan ketika makan hendaknya ingat sabda Rasulullah saw yang artinya dan intinya :” Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang “

Jadi , dengan kata lain kita dalam makan harus memperhatikan porsi dalam perut kita atau daya tampung perut kita jangan sampai kekenyangan . Karena kekenyangan hanyalah suatu mudarat yang menyebabkan penyakit serakah dan sesuatu yang berlebihan adalah teman syaitan .

5. Saling berbagi untuk makan buka puasa

Kita sebagai seorang muslim hendaknya saling berbagi ,apa lagi bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah , penuh ampunan dan semua amal ibadah kita akan dilipat gandakan . Jadi , janganlah kita menyia-nyiakan momen ini . Mari kita berlomba – lomba untuk memperbanyak pahala .

Dan dalam sebuah hadist dikatakan bahwasannya , orang yang memberikan makanan untuk berbuka untuk orang yang sedang berpuasa, akan mendapat pahala sama seperti pahala orang yang berpuasa .

Yang terpenting adalah dalam menjalankan ibadah puasa kita tidak meninggalkan kewajiban kita yang lain yaitu menjalankan ibadah shalat lima waktu. Karena berpuasa tanpa menjalankan shalat maka pahala kita akan berkurang .

Sesungguhnya berpuasa , bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja . Namun , kita juga harus mampu menahan hawa nafsu dan perbuatan – perbuatan buruk dari dalam diri kita .

Semoga dengan penjelasan di atas , kita dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini menjadi lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya dan yang terpenting juga ialah ketika makan sahur dan berbuka tidak berlebih – lebihan . Karena Rasulullah saw telah memberi contoh kepada kita bagaimana makan sahur dan berbuka yang benar. Dan semoga semua amal ibadah kita di bulan ramadhan ini , dapat diterima oleh Allah swt .

Demikian penjelasan mengenai tata cara makan sahur dan berbuka puasa semoga bermanfaat dan kita dalam menjalankan puasa tidak tergolong orang – orang yang merugi . Amin

adversitemens