Do’a Tasyahud Awal Dan Akhir Beserta Artinya

Do’a tasyahud awal dan akhir | Tasyahud awal dan akhir adalah sebuah rukun shalat yang apabila dikerjakan shalatnya tidak sempurna atau tidak syah . Apabila seseorang yang shalat dan lupa mengerjakan tasyahud awal maka orang tersebut harus mengganti dengan mengerjakan sujud sahwi . 

tasyahud awal dan akhir

Tatacara duduk tasyahud awal dan tasyahud akhir

Tatacara duduk yang benar pada saat tasyahud awal yaitu posisinya seperti duduk diantara dua sujud ( duduk iftirasy )dan pada saat tasyahud akhir posisi duduknya adalah duduk tawaruk . 

Para ulama bersepakat , bahwa pada saat tasyahud akhir posisi duduknya adalah duduk tawaruk . Hal ini berdasarkan pada hadist Nabi saw :

Dari Abu Humaid , ia berkata : ” Rasulullah saw apabila beliau sedang duduk di raka’at yang ke dua , beliau duduk diatas kaki kirinya ( duduk iftirasy ) dan ketika beliau berada di raka’at terakhir beliau mengeluarkan kaki kiri dan menegakkan kaki kanan dan duduk dilantai pada saat itu ( duduk tawaruk ) .( HR .Bukhari )

adversitemens

Dalam Hadist diatas yang dimaksud dengan raka’at terakhir yaitu bukan hanya shalat yang raka’atnya 4, melainkan semua shalat pada raka’at terakhir baik shalat yang raka’atnya dua , tiga atau empat . Hal ini supaya tidak ada kerancuan dengan raka’at yang sebelumnya . Dan pada saat tasyahud awal dilakukan dengan duduk iftirasy yaitu supaya mudah dalam melanjutkan raka’at shalat yang selanjutnya.

Posisi duduk tasyahud akhir bagi makmum yang tertinggal

Para ulama bersepakat bahwa posisi duduk bagi makmum yang tertinggal , pada saat imam duduk tasyahud akhir maka dia mengikuti imam , yaitu duduk tawaruk . Ada sebagian ulama lagi bependapat bahwa posisi duduk seorang makmum yang tertinggal ketika tasyahud akhir adalah duduk iftirasy .

Do’a yang dibaca pada saat Tasyahud awal dan akhir

Do’a tasyahud awal

tasyahud awal dan akhir

Doa tasyahud Akhir

tahiyat awal dan akhir

Membaca Salam

Pada raka’at terakhir setelah selesai membaca tasyahud akhir , maka selanjutnya adalah membaca salam sambil menoleh ke arah kanan. Salam yang pertama merupakan rukun shalat dan salam yang ke dua merupakan sunnah dan lebih baik dikerjakan .

adversitemens

Lafadz salam :

“Assalamu’alaikum warah matullah “

tasyahud awal dan akhir

Demikian penjelasan mengenai Do’a tasyahud awal dan tasyahud akhir . Semoga bermanfaat , dan kita akan lebih bersemangat lagi untuk mengerjakan shalat dan sedikit – sedikit untuk memeperbaiki gerakan dan bacaan dalam shalat serta semoga dalam shalat lebih tuma’ninah lagi .Amin

adversitemens