Tanda – Tanda Malam Lailatul Qadar Di Bulan Ramadhan

Di Bulan Ramadhan ada suatu malam yang sangat istimewa bahkan lebih mulia dibanding dari 1000 bulan . Malam tersebut di kenal dengan istilah malam lailatul qadar . Lalu apa sajakah yang menjadi tanda – tanda malam lailatul qadar ? dan siapa sajakah yang dapat merasakannya ? Apakah semua orang dapat merasakannya ? Pertanyaan – pertanyaan seperti ini pasti masih bermunculan diantara kita . Namun , bukan hal yang tidak mungkin bahwa sudah banyak juga diantara kita yang memahami akan hal ini . Tetapi tidak ada salahnya jika kita mengulang kembali dan saling mengingatkan supaya yang belum tahu menjadi tahu dan yang sudah tahu menjadi lebih tahu dan untuk mengingat – ingat yang sudah di fahaminya .

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

Tanda – Tanda Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat mulia bahkan lebih dari seribu bulan . Dan seluruh umat muslim yang beriman menginginkan untuk menjdi manusia yang beruntung mendapatkan keberkahan dari malam yang mulia tersebut .

Pengertian Lailatul qadar

Sebelum memahami tanda – tandanya , maka kita fahami terlebih dahulu apa itu malam lailatul qadar .

adversitemens

Lailatul qadar, berasal dari bahasa arab yaitu Lailat Al- Qadar artinya malam ketetapan . Jadi Lalilatul Qadar yaitu sebuah malam yang sangat penting dan terjadi di bulan Ramadhan , dan di gambarkan dalam Al- Qur’an sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan .

Firman ALLAH SWT di dalam QS.Al- Qadr ayat 1- 5 :

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

Dari ayat di atas , dapat kita fahami bahwa di malam lailatul qadar merupakan malam dimana Allah swt menurunkan FiramnNya yaitu Al- Qur’an kepada Rasulullah saw . Dan yang swkarang menjadi pedoman kita umat islam . Dan di dalam Ayat diatas , dijelaskan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat mulia .

Di dalam ayat tersebut juga dijelaskan bahwa para malaikat turun ke bumi begitupun malaikat jibril dengan seizin Allah swt . Ini merupakan sebuah gambaran bahwa Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan berkah , dan penuh dengan kesejahteraan hingga terbit fajar . Di malam ini pula setan tidak dapat berbuat kejahatan , dan manusia hanya bergelut dengan nafsu dirinya sendiri untuk memanfaatkan kejadian atau moment tersebut . Di malam lailatul qadar juga terjadi pencatatan takdir di tahun yang akan mendatang .

Di malam lailatul qadar kita sebagai seorang muslim dianjurkan untuk banyak beribadah dan berdo’a di waktu malam lailatul qadar . Karena barang siapa yang beribadah di malam lailatul qadar , dia akan mendapatkan pahala yang sangat banyak dan dilipatgandakan hingga 29.500 kali ( lipat ) . Atau sama saja dengan pahala beribadah lebih dari seribu bulan secara berturut – turut . Dan do’a kita akan dikabulkan serta kita akan diampuni oleh Allah swt, Subhanallah . . .

adversitemens

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

Do’a yang di baca saat malam lailatul qadar 

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

Namun Allah swt merahasiakan waktu tepat terjadinya malam lailatul qadar . Sehingga kita tidak akan pernah tahu kapan terjadinya malam lailatul qadar . Namun Para Ulama berpendapat bahwa malam lailatul qadar terjadi di waktu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan di setiap tanggal – tanggal ganjil .

Hal ini berdasarkan pada sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah , yang ia berkata :

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

Tanda – Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Ada beberapa tanda – tanda datangnya malam lailatul qadar yang dijelaskan Rasulullah saw dalam hadist yang diriwayatkannya . Tanda – tanda tersebut adalah :

1. Udara dan Suasana pagi yang sangat tenang 

Jika telah terjadi lailatul qadar , maka di suasana di pagi harinya tenang dan udaranya tidak erlalu panas ataupun terlalu dingin . Hal ini berdasarkan pada Hadist yang diriwayatkan Ibnu Abbas r.a :

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

2. Cahaya Matahari keesokan harinya melemah , bersinar terang namun tidak kuat

Cahaya di pagi hari tidak terlalu kuat dan melemah namun sangat cerah . Hal ini berdasarkan pada sebuah hadist dari Ubay bin Ka’ab bahwa,

Rasulullah saw bersabda :

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

3. Bulan terlihat separuh bulatan 

Tanda – tanda yang bisa kita lihat saat malam lailatul qadar , yaitu bulan terlihat separuh bulatan . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a , ia berkata :

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

4. Malam yang begitu tenang 

Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat tenang ,bahkan di gambarkan bahwa di malam itu tidak berawan tidak pula hujan , tidak dingin tidak pula panas dan tidak ada juga angin kencang dan tidak ada juga yang di lempar pada malam tersebut dengan bintang atau lemparan meteor bagi setan .

Hal ini didasarkan pada sebuah hadist dari Watsilah bin Al- Aqso’ , Rasulullah saw bersabda :

Tanda - Tanda Malam Lailatul Qadar

5. Terbawa dalam mimpi 

Terkadang terbawa dalam mimpi , hal ini seperti yang di alami oleh para sahabat Rasulullah saw .

6. Akan merasakan lezatnya ibadah , dan ketenangan hati serta kenikmatan bermunajat kepada Allah swt 

Orang yang beribadah di waktu malam lailatul qadar , dia akan merasakan kelezatan ibadah , ketenangan hati serta kenikmata dalam bermunajat kepada Allah swt , yang tidak dapat dirasakan di malam – malam lainnya .

Subhanallah . ..

Semua umat muslim di dunia ini pasti menginginkan supaya mendapatkan keberkahan di malam lailatul qadar . Untuk mendapatkannya , kita harus mempersiapkan dirinya terlebih dahulu baik hati , fikiran , ucapan , tingkah laku , serta menjalankan puasa ramadhan dengan penuh kesempurnaan . Karean kebaikan di malam lailatul qadar diibaratkan dengan turunnya hujan yang membasahi seluruh permukaan bumi ini . Maka berbeda – beda manusia dalam menghadapi hujan tersebut , ada yang menyiapka payung supaya tidak kehujanan , berdiam diri di dalam rumah dan ada juga yang menyiapkan tempat untuk menampung air hujan tersebut . Dalam proses menampung tersebut setiap orang juga berbeda – beda caranya ada yang menyiapkan ember kecil, ember esar ataupun tempat yang lain dan ada pula yang menggunakan tempat bersih adan ada juga yang kotor .

Jika kita telah menyiapkan dengan baik , maka kita akan mendapat manfaat dari hujan yang turun tersebut . Begitupun dengan malam lailatul qadar .

Demikian penjelasan mengenai tanda – tanda malam lailatul qadar di bulan Ramadhan . Peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang langka karena hanya setahun sekali dan terjadi hanya di bulan Ramadhan . Semoga dengan penjelasan di atas , kita dapat merasakan semua itu dan menjadi muslim yang mendapatkan berkah malam lailatul qadar . Dan yang pasti tidak lagi menjadi orang yang rugi . Semoga bermanfaat , Amin .

adversitemens