Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Ajaran Rasulullah

Salah satu kebahagiaan yang ditunggu – tunggu ketika bulan ramadhan datang serta  yang di bulan – bulan lain tidak ada yaitu ketika datang waktu berbuka puasa . Di dalam moment tersebut ada sebuah amalan  sunnah berbuka puasa ramadhan yang di anjurkan Rasulullah saw . Apa sajakah hal sunnah berbuka puasa ramadhan? bukannya berbuka itu hanya sekedar makan dan minum seperti halnya orang makan biasa ? Benar bukan selama ini yang kita tahu seperti itu ? namun bukan tidak mungkin sudah banyak yang memahami mengenai amalan sunnah berbuka puasa ramadhan bahkan sebagian orang menganggapnya bahwa hal ini adalah hal yang lumrah dan sangat biasa . Tetapi tidak ada salahnya jika kita membahas kembali dengan tujuan saling mengingatkan dan supaya amal ibadah puasa kita lebih afdhal serta mendapat pahala yang berlipat pastinya .

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

Seringkali kita melupakan hal – hal yang menurut kita sepele , padahal jika kita tahu bahwa ada banyak amalan yang penuh dengan berkah di saat berbuka puasa . Berikut beberapa amalan sunnah dalam berbuka puasa yang dicontohkan Rasulullah saw :

1. Menyegerakan Untuk Berbuka Puasa

Yang di maksud dengan menyegerakan berbuka puasa , yaitu menyegerakan untuk berbuka ketika sudah waktunya, yakni saat matahari tenggelam dan adzan magrib telah di kumandangkan . Saat adzan magrib telah di kumandangkan maka segeralah berbuka tidak perlu menunggu adzan magrib selesai ataupun shalat magrib selesai. Dan jangan pula diartikan menyegerakan berbuka dengan arti berbuka sebelum waktunya , ini bukan mendapat berkah tetapi mendapat dosa .

Berikut beberapa hadist yang menjelaskan mengenai sunnah menyegerakan berbuka :

adversitemens

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

Dari hadist di atas , di jelaskan bahwa orang yang menyegerakan berbuka setelah masuk waktu berbuk maka dia akan mendapat kebaikan . Subhanallah . . . .

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

2. Berbuka dengan kurma , atau seteguk air putih

Dijelaskan dalam sebuah riwayat , bahwa Rasulullah saw dahulu ketika beliau berbuka beliau suka sekali memakan kurma basah yang baru matang atau rothb , karena rasanya sangat enak . Dan jika tidak ditemukan rothb , maka boleh berbuka dengan kurma kering atau tamr . Namun apabila tidak menemukan kurma jenis keduanya , maka dapat pula berbuka dengan makanan manis – manis yang lain dan boleh juga dengan meminum air putih .

Dan berikut beberapa hadist yang menjelaskan mengenai sunnah yang kedua ini .Perhatikan Hadist di bawah ini :

adversitemens

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

3. Membaca do’a sebelum buka puasa

Sunnah yang ketiga yaitu berdo’a sebelum berbuka puasa , walaupun hanya membaca ” Bismillahirrahmanirrahim.” Karena ada keberkahan tersendiri ketika kita membaca do’a sebelum makan atau berbuka . Selain sunnah , membaca do’a sebelum berbuka juga merupakan tata cara berbuka puasa

Hal ini didasarkan pada  Hadist – Hadist di bawah ini :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

Dan ada do’a yang dianjurkan untuk di baca saat akan berbuka puasa .Namun bukan berarti kita akan batal setelah membaca do’a berbuka tersebut . Dan sebelum makan juga kita harus tetap membaca Bismillah walaupun telah membaca do’a berbuka puasa .

Dan Do’a Berbuka Puasa tersebut adalah :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

4. Tidak berlebih – lebihan atau berbuka dengan secukupnya

Rasulullah saw selalu mengajarkan kepada umatnya demi kemaslahatan umatnya . Salah satu yang diajarkan kepada umatnya yaitu menahan hawa nafsu terhadap makanan yang akan di makan atau dengan kata lain kita haruslah berbuka atau makan secukupnya saja . Karena sesungguhnya yang berlebih – lebihan itu sangat di larang , bahkan di benci oleh Allah swt . Selain rugi karena tidak mendapat pahala , brlebih – lebihan dalam makan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan kita . Dan akibat yang dapat ditimbulkan yang lain yaitu tubuh merasa lemas , begah , susah berdiri sehingga malas untuk menjalankan ibadah selanjutnya yaitu shalat magrub , shalat isya dan shalat tarawih .

Rasulullah saw bersabda :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

5. Memberi makan untuk berbuka kepada orang lain 

Ketika kita di beri Risky berlebih oleh Allah swt , maka manfaatkanlah waktu yang setahun sekali ini untuk banyak – banyak berderma , karena di bulan ramadhan semua amal kita dilipat gandakan . Dan salah satu cara yang paling mudah untuk mendapat pahala yang banyak , yaitu dengan memberi makan untuk berbuka kepada orang lain yang sedang berpuasa .

Rasulullah saw bersabda :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

6. Mendoakan orang yang memberi makan 

Ketika kita di beri sesuatu oleh orang lain untuk berbuka , maka kita hendaknya membalasnya dengan memberi makan juga . Namun , jika kita tidak mampu dalam membalasnya maka balaslah dengan do’a .

Rasulullah saw bersabda :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

7. Saat berbuka di rumah orang lain 

Rasulullah saw ketika disuguhkan untuk berbuka di rumah salah satu sahabatnya , maka beliau mengucapkan :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

8. Berdo’a setelah selesai Makan 

Setelah selesai makan , maka kita dianjurkan untuk berdo’a kembali . Tujuannya sama dengan berdo’a sebelum makan . Dengan kita berdo’a sebelum dan sesudah maka Allah swt akan memberi berkah kepada diri kita . Adapun do’a setelah makan berbuka sama dengan setelah makan biasa .

Do’a setelah makan ;

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

9. Berdo’a di saat waktu berbuka 

Salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a adalah saat waktu berbuka . Maka janganlah kita sia- siakan atau lewatkan moment itu untuk berdo’a memohon kepada Allah swt baik urusan dunia ataupun akhirat .

Rasulullah saw bersabda :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

10. Berdo’a saat minum susu di waktu berbuka

Sunnah yang terakhir yaitu , kita dianjurkan untuk berdo’a saat kita minum susu saat berbuka puasa . Do’a tersebut yaitu seperti yang terkandung di dalam hadist di bawah ini :

Sunnah Berbuka Puasa Ramadhan

Demikian penjelasan mengenai sunnah – sunnah berbuka puasa ramadhan sesuai ajaran Rasulullah saw .Semua yang di jelaskan di atas hukumnya sunnah artinya boleh dikerjakan ataupun tidak . Namun lebih baik untuk dikerjakan , karena siapa sih yang tidak menginginkan mendapat berkah dari Allah swt? apalagi hal – hal tersebut jelas dasar – dasarnya . Dan amalan sunnah juga dapat sedikit membantu kita , mengapa ? karena dengan mengerjakan amalan sunnah maka amalan kita yang masih kurang – kurang sedikit banyak dapat disempurnakan dengan amalan – amalan sunnah yang kita kerjakan . Amin

Semoga bermanfaat , dan semoga kita di puasa tahun ini tidak lagi menjad pribadi yang merugi , serta semoga di bulan yang suci ini dapat menjadi awal yang baik untuk kita memperbaiki diri kita serta mampu berkelanjutan di bulan – bulan selanjutnya . Amin

adversitemens