Sifat – Sifat Mazmumah Dalam Ilmu Tasawuf

Sifat – Sifat Mazmumah | Sifat Mazmumah adalah lawan dari sifat mahmudah . Sifat Mazmumah juga diajarkan dalam ilmu tasawuf , karena supaya manusia akan menjadi mahluk yang berakhlak baik serta bertingkah laku sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah swt .

Sifat Mazmumah memiliki arti sifat tercela , yaitu meliputi perkataan , perbuatan serta tingkah laku yang tidak baik lainnya yang melanggar aturan agama ataupaun aturan dalam kehidupan sehari – hari .

Sifat – sifat mazmumah

Yang termasuk kedalam sifat – sifat mazmumah yaitu diantaranya :

  1. Banyak Makan ( Syarrut ta’am )

Makan adalah salah satu kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya . Namun makan yang berlebihan dilarang dalam agama islam . Mengapa demikian ? karena seseorang yang suka makan secara berlebihan maka dia akan kekenyangan , lemas dan mengantuk sehingga dia akan lalai dalam mengerjakan kewajibannya yaitu ibadah kepada Allah swt . Dan sesungguhnya berlebihan sama halnya dengan mubadzir dan mubadzir adalah temannya syeitan . Dan Allah swt sangat membenci dengan orang yang suka makan berlebihan .

Rasulullah saw bersabda :

adversitemens

Sifat Mazmumah

2. Banyak berbicara ( Syarrul Kalam )

Banyak berbicara biasanya dapat menjurus ke arah dosa . Mengapa demikian ? Karena apabila seseorang banyak berbicara namun tidak terkontrol dan tidak berdasar pada dasar yang benar maka akan tercipta kebohongan dan bohong dengan alasan apapun adalah termasuk perbuatan yang berdosa . Dan biasanya banyak bicara akan menjerumus ke dalam perbuatan menggunjing atau menggosip , menghina dan berdusta .

Apabila banyak bicara dengan tujuan untuk memerintahkan ibadah kepada Allah swt , atau untuk mendamaikan seseorang yang bertengkar maka banyak bicara hukumnya boleh . Seperti yang dijelaskan oleh Allah swt dalam firmanNya dalam QS. An- Nisa ayat 114 :

Sifat Mazmumah

Artinya :

adversitemens

Sifat Mazmumah

3. Pemarah ( Ghadhab )

Ghadab yaitu sifat udah emosi / mudah marah , hal ini biasanya disebabkan karena kurang adanya rasa sabar di dalam diri seseorang dalam menghadapi sesuatu. Sifat mudah marah biasanya didorong oleh syeitan yang ingin merusak iman seseorang .Dan sifat suka marah biasanya berdasar pada sifat sombong , congkak dan tidak mau untuk mendengarkan nasihat orang lain .

Sikap pemarah sangat dilarang oleh Allah swt , namun apabila  untuk membela kebenaran dan membela hak , maka seseorang harus memiliki sikap yang tegas , karena orang yang penakut akan mudah untuk dikalahkan serta dilanggar hak – haknya .

Seperti Firman Allah swt dalam QS At- Tahrim ayat 9 :

Sifat Mazmumah

4. Dengki ( Hasad ) 

Hasad yaitu rasa tidak senang terhadap nikmat yang diterima oleh orang lain ( iri / dengki )

Iri yang diperbolehkan yaitu iri kepada seseorang yang dikaruniai harta banyak , serta menggunakan harta tersebut hanya untuk kepentingan dijalan Allah swt .Dan iri kepada seseorang yang dikaruniai ilmu dan ilmu itu diamalkan serta diajarkan kepada orang lain .

Sifat hasad sangatlah dibenci oleh Allah swt , Firman Allah swt dalam QS. An- Nisa ayat 32:

Sifat Mazmumah

Untuk menghindari sifat hasad , maka biasakan diri untuk bersifat tawaduk dan senantiasa bersyukur kepada Allah swt .

5. Bakhil ( pelit )

Bakhil atau disebut juga dengan kikir / pelit yaitu sifat seseorang yang  tidak membelanjakan hartanya untuk kepentingan dijalan Allah swt , seperti zakat , sodakoh dan lain sebagainya .

Sesungguhnya harta yang kita miliki adalah titipan Allah swt yang sifatnya sementara dan sebagian dari harta kita terdapat hak – hak orang lain .

6. Hubbul Jah ( Kasihkan Kemegahan ) 

Dalam kehidupan di dunia , tidak ada salahnya manusia untuk mengharapkan kebahagiaan dunia . Namun kebahagiaan yang menjerumus kedalam hal keburukan seperti bahil , dan tamak sangat dibenci oleh Allah swt . Hubbul Jah yaitu mengkasihkan kemegahan , harta dan pangkat .

Akibat dari hubbul jah yaitu dapat menjadikan seseorang dalam melakukan sesuatu tidak semata – mata karena Allah , dan selain itu juga hubbul jah atau mengkasihkan kemegahan dapat menimbulkan sikap menghalalkan segala cara untuk mencapainya , serta lupa jalan yang benar .

Sifat Mazmumah

7. Hubuddunia ( Kesenangan Dunia ) 

Hubuddunia atau kesenangan dunia yaitu mengutamakan kesenangan dunia atau mengutamakan kepentingan dunia di atas kepentingan akhirat . Sikap ini sangatlah dilarang karena dapat menyebabkan kelalaian seseorang terhadap kewajibannya sebagai mahkluk Allah swt .

8. Takabur ( Sombong ) 

Takabur atau sombong yaitu sikap seseorang yang memandang orang lain itu lebh rendah dari dirinya .Sebab – sebab yang melatar belakangi seseorang menjadi sombong yaitu karena suatu jabatan , karena kepandaian , karena kecantikan atau karena keturunan . Sikap takabur sangat dibenci oleh Allah swt . Dan pada saat masih di dunia juga akan dibenci oleh sesama manusia .

Cara untuk menghindari sikap takabur yaitu dengan menumbuhkan rasa rendah hati .

9. ‘Ujub ( Bangga Diri )

‘ujub atau bangga diri yaitu sikap mengagumi diri sendiri dengan kelebihan yang dimilikinya tanpa mengingat asal kelebehin tersebut . Sesungguhnya , kelebihan yang dimiliki seseorang adalah karunia yang diberikan oleh Allah swt. Akibat dari sifat ujub yaitu menjadikan seseorang sombong , dan menganggap kerdil orang lain .

10. Riya’

Riya’ yaitu memamerkan amalan kepada orang lain atau melakukan ibadah supaya dipuji oleh orang lain .Sifat riya’ meliputi hati dan perbuatan .Niatan untuk melakukan sesuatu agar dipuji oleh orang lain walaupun belum melakukannya / belum disertai perbuatan amak itu sudah termasuk ke dalam sifat riya’ . Dan cara untuk menghindari sifat riya‘ yang dapat dilakukan diantaranya selalu ikhlas dalam melakukan segala hal .

Demikian penjelasan mengenai sifat – sifat mazmumah dalam ilmu tasawuf . Semoga dengan penjelasan di atas kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik , dan dapatterhindar dari semua perbuatan yang dibenci oleh Allah swt . Amin

 

 

 

adversitemens