Menghindari Sifat Hasad Dalam Kehidupan Sehari-hari

Menghindari sifat Hasad | Sifat Hasad merupakan salah satu dari sifat tercela yang sangat di benci Allah swt . Sifat hasad sangat merugikan orang lain bahkan juga dapat merugikan diri sendiri . Sifat hasad merupakan penyakit hati yang wajib di hindari oleh semua orang yang beriman .

Rasulullah saw bersabda :

“Dan janganlah kamu saling mendengki , saling memutuskan hubungan , saling membenci , dan saling membelakangi , tetapi jadilah kamu hamba Allah swt yang bersaudara , . . . .( HR.Bukhari Muslim )

sifat hasad

 

adversitemens

Arti Hasad dan pembagiannya

Hasad memilki arti dengki atau iri . Sedangkan para ulama mendefinisikan hasad yaitu rasa tidak senang dengan datangnya suatu nikmat kepada orang lain .

Sedangkan menurut Raghib al Ishafahani , hasad yaitu mengharapkan lepasnya nikmat bagi seseorang  yang berhak mendapatkan , bahkan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut .

Lawan daripada sifat hasad yaitu Hubbu al khair artinya cinta kebaikan atau AL itsar yang artinya lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri .

Para Ulama membagi hasad dalam beberapa bentuk , diantaranya sebagai berikut :

  1. Seseorang yang mengharapkan lepasnya nikmat yang diperoleh seseorang dan berharap nikmat tersebut pindah kepada dirinya .
  2. Seseorang yang mengharapkan lepasnya nikmat yang diperoleh seseorang , walaupun dirinya tidak mengharapkan .
  3. Seseorang yang tidak rela tersaingi atau diungguli oleh orang lain dalam segala hal misalnya ekonomi , kedudukan atau yang lainnya .

Akibat Buruk Hasad

Hasad merupakan suatu perbuatan yang mengakibatkan akibat buruk baik untuk dirinya sendiri ataupun bagi orang lain . Akibat buruk tersebut antara lain :

  1. Menghapus semua amal baik yang telah diperbuat .

Rasulullah saw bersabda : ” Jauhilah oleh mu sifat hasad karena sesungguhnya hasad itu akan memakan kebaikan , sebagaimana api memakan kayu bakar atau rumput kering . ” ( HR.Abu Dawud no.4257 )

adversitemens

2. Dapat merusak agama seseorang .

Rasulullah saw bersabda : ” Telah masuk kedalam tubuhmu penyakit – penyakit umat dahulu , ( yaitu ) benci dan dengki , itulah yang mencukur agama , bukan mencukur rambut ” ( HR.Ahmad dan Tarmidzi )

3. Meretakkan hubungan silaturahmi .

4. Merasa sakit hati , setiap melihat orang lain mendapat nikmat .

Cara yang bisa menghindarkan diri dari sifat hasad

Ada beberapa cara yang dapat menghindarkan diri dari hasad antara lain :

  1. Menumbuhkan sifat qanaah . Qanaah yaitu sifat selalu merasa cukup dengan apa yang Allah swt berikan .
  2. Membiasakan untuuk berkhusnudzan / berprasangka baik .
  3. Suka mendahulukan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi .
  4. Bersilaturahmi .
  5. Meminta perlindungan kepada ALLAH swt dari sifat hasad .

Allah swt sangat melarang umatnya untuk tidak menginginkan / mengangan- angankan sesuatu yang diterima oleh orang lain . Hal ini dijelaskan dalam FirmanNya yang terkandung di dalam QS.An- NISA ayat 32 :

sifat hasad

( WALA TATAMANNAU MAA FADOLA ALLAHU BIHI BA’DAKUM ‘ALA BA’DI . . .)

Artinya : ” Dan janganlah kalian mengangan -angankan kelebihan Allah yang Allah karuniakan kepada sebagian lain . . . .” ( QS.An- Nisa ,4:32 )

Kalaupun masih menginginkan sesuatu dari diri orang lain , maka islam hanya memboleh kan 2 hal . Hal tersebut yaitu :

  • Iri kepada orang yang dikaruniai harta banyak dan dengan harta itu digunakannya untuk kebutuhan dijalan Allah swt ,  seperti untuk amal , anak yatim dan hal – hal lain yang diridhai Allah swt .
  • Iri hati kepada orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan oleh Allah swt dan ilmu itu diamalkan serta diajarkan kepada orang lain .

Jika iri diluar hal kedua tersebut diatas, maka islam tidak membenarkan serta melarang  karena itu adalah merupakan sifat hasad . Dan hasad salah satu sifat tercela dan merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya.

Demikian penjelasan mengenai sifat hasad . Apakah anda termasuk ke dalam orang yang memiliki sifat hasad ? ataukah termasuk kedalam golongan orang yang selalu qanaah ? itu semua hanya anda dan Allh swt yang mengetahuinya .

adversitemens