Keutamaan Shalat Lima Waktu Bagi Umat Muslim

Keistimewaan (keutamaan ) shalat lima waktu  | Shalat lima waktu bagi seluruh muslimin dan muslimat di dunia hukumnya wajib. Shalat lima waktu terdiri dari shalat subuh , dzuhur , ashar , magrib dan isya .Shalat merupakan rukun islam yang kedua.

shalat lima waktu

Sholat  merupakan amalan yang paling utama dan amalan yang pertama kali di tanya pada saat di alam kubur . Sholat merupakan tiang agama dan apabila banyak muslim yang meninggalkan sholat maka akan terjadi keruntuhan agama islam .Orang yang meninggalkan sholat juga tergolong ke dalam orang – orang yang berdosa besar .Selain itu Nabi Muhammad saw juga menjelaskan bahwa orang yang meninggalkan sholat wajib atau sholat lima waktu pada saat hari akhir atau kiamat akan  bersama – sama dengan orang – orang seperti Fir’aun , qorun , Ubay bin khalaf dan haman . Dalam pelaksanaannya sholat di bagi menjadi dua yaitu sholat wajib dan sholat sunnat . Sholat wajib atau sholat lima waktu memiliki keistimewaan tersendiri di banding dengan sholat sunnat .

Keutamaan sholat lima waktu

Nabi muhammad saw banyak menjelaskan keistimewaan ataukeutamaan shalat lima waktu , dintaranya yaitu :

1.Solat lima waktu merupakan ibadah yang di syariatkan langsung  oleh Alloh swt kepada Rosululloh saw tanpa adanya perantara malaikat .

Berbeda dengan ibadah – ibadah serta perintah yang lainnya shalat di sampaika kepada nabi muhammad tanpa adanya perantara malaikat sedang amalan dan perintah lainnya  disampaikan melalui perantara para malaikat . Perintah sholat lima waktu terjadi ketika isra’ mi’raj .

adversitemens

2. Sholat lima waktu adalah  ibadah yang di wajibkan di langit , sedangkan kewajiban – kewajiban yang lainnya diwajibkan di bumi .

3. Solat Lima waktu dapat menghapus dosa .

Hal ini di jelaskan dalam suatu hadist dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rosululloh bersabda :

shalat lima waktu

Mengapa hanya dosa kecil dan dosa besar tidak dijelaskan akan terhapus?ya dikarenakan dosa besar tidak akan terhapus hanya dengan satu amal shaleh akan tetapi harus di sertai dengan taubatan nasuha dan tidak mengulangi kesalaan lagi .

4. Sholat subuh di saksikan ole para malaikat serta para malikat menjaga orang yang melakukan sholat subuh .

Alloh swt berfirman didalam QS.Al- Isra’ ayat 78:

sholat lima waktu

Lafadz ( Aqimusshalata liduluuki ssyamsi ilaa ghasaqi llaili waquraa nal fajri inna quranalfajri kaana masyhudan .)

adversitemens

Artinya :

sholat lima waktu

5. Sholat ashar merupakan sholat wustha .

Dalil naqli terkandung di dalam potongan Qs.Al – Baqarah ayat 238

salat lima waktu

Lafadz ( khafidu ‘ala ssalawati wassalawatil wusta waqumullahi qanitiin. )

Artinya :

shalat wajib

Sholat wusta adalah sholat ashar juga terkandung dalam suatu Hadist  :

shalat limawaktu

6.Sholat Subuh dan Ashar dapat mengantarkan ke syurganya Alloh swt

Suatau hadist dari AbuMusa r.a. bahwa Rosulullah saw bersabda : ” Barang siapa yang mengerjakan sholat pada dua waktu ( subuh dan ashar ) maka niscaya dia akan masuk syurga .” ( HR.Al- Bukhari dan Muslim )

7. Dengan sholat Alloh swt akan memudahkan untuk melihat dzat Alloh tanpa berdesakan di syurga .

Hal ini dijelaskan dalam suatu Hadist :

Dari jabir bin Abdullah r.a. berkata  , Rosulullah saw bersabda :

shalat lima waktu

8. Menjaga sholat subuh dan sholat ashar dapat menyebabkan masuknya seseorang ke dalam syurga dan menyelamatkan dari api neraka.

Hal ini dijelaskan dalam suatu hadist dari Imarah bin ru’aibah r.a .:

“Rosulullah bersabda : “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menjalankan sholat sebelum terbit dan sebelum terbenamnya matahari .”( HR.Muslim ) .

9. Orang yang tidak melaksanakan  shalat ashar mendapatkan dosa seperti orang yang dikurangi anggota keluarganya dan seluruh hartanya .

Hadist yang menjelaskan :

‘Abdullah bin umar r.a. ,mengabarkan bahwa Rosulullah saw bersabda :” Orang yang tidak mengerjakan sholat ashar seperti yang di kurangi ( anggota ) keluarganya dan seluruh harta bendanya .” ( HR.Muslim dan At-Tirmidzi )

10. Jika seseorang  meninggalkan sholat terus – menerus karena malas maka tergolong orang kafir.

Didalam QS.Maryam ayat 59 – 60 dijelaskan  :

shalat lima waktu

Lafadz ( Fakhalafa min ba’di him khalfun ado’u sshalata watama’ussyahawati fasaufa yalqaunagayyan . illa man taaba wa’amila salihan faulaaika yadkhuluunal jannata wala yudlamuuna syaian .)

Artinya :

shalat lima waktu

Penjelasan di atas merupan sebagian kecil keutamaan dari salat lima waktu atau shalat wajib . Maka dari itu dengan penjelasan di atas saja kita sudah tahu bagaimana manfaat serta keutamaannya dari shalat lima waktu dan semoga kita tidak malas lagi untuk mengerjakan sholat yang merupakan kewajib kita . Semoga kita tergolong  orang yang beruntung dan dapat terhindar dari api neraka serta tidak termasuk orang yang rugi dan kafir .

adversitemens