Shalat Tahiyyatulmasjid Beserta Dengan Tatacaranya

Memahami shalat tahiyyatul masjid | Shalat tahiyyatul masjid merupakan salah satu dari  macam – macam shalat sunnah yang dikerjakan sendirian . Shalat tahiyyatul masjid dilakukan ketika seorang jama’ah masuk kedalam masjid .

shalat tahiyyatul masjid

 

pengertian shalat tahiyyatul masjid

Shalat tahiyyatul masjid  yaitu shalat sunnah dua raka’at untuk menghormati masjid sebagai baitullah (rumah Allah ),shalat ini dilakukan oleh seorang jama’ah pada saat baru masuk ke dalam masjid baik pada saat jama’ah shalat fardu ataupun shalat jum’at .

Shalat tahiyyatul masjid dilakukan pada waktu siang ataupun malam walaupun pada saat waktu dilarang menjalankan shalat dan hendaknya dilakukan sebelum duduk .

adversitemens

Hadist yang menjelaskan :

” Rasulullah saw bersabda :”Maka bila salah satu diantara kalian seorang muslim masuk kedalam masjid , maka janganlah kau duduk sebelum mengerjakan shalat sunnah dua raka’at terlebih dahulu . ” ( HR.Muslim )

Hukum shalat tahiyyatul masjid

Hukum mengerjakan shalat tahiyyatul masjid yaitu sunnah muakad. Alasan ini dikarenakan pada saat shalat jum’at walaupun khutbah sudah di mulai tetap dianjurkan untuk mengerjakan shalat tahiyyatul masjid .

Apabila seseorang yang akan shalat jum’at dan saat masuk masjid khatib sudah mulai berkhutbah maka hendaknya melakukan tahiyyatul masjid di lakukan secara ringan atau jangan terlalu lama , dengan tujuan untuk segera dapat mendengarkan khutbah .

Sabda Rasulullah saw :

shalat tahiyyatul masjid

adversitemens

Tata cara shalat tahiyyatul masjid

Tatacara shalat tahiyyatul masjid sama halnya dengan shalat pada umumnya baik bacaan ataupun gerakannya yang membedakan hanyalah niatnya .

Niat shalat tahiyyatul masjid :

shalat tahiyyatul masjid

Lafadz ( Usshalli sunnatan tahiyyatil masjidi rak’ataini lillahi ta’alaa )

Doa ketika masuk dan keluar Masjid

Sebelum dan sesudah kita masuk masjid maka hendaknya kita berdoa . Do’anya sebagaiberikut :

shalat tahiyyatul masjid

Hikmah menjalankan shalat tahiyyatul masjid

Shalat tahiyyatul masjid merupakan shalat untuk menghormati masjid yang merupakan rumah Allah swt.Dengan menjalankan shalat tahiyyatul masjid berarti kita sudah memberi salam kepada yang memiliki masjid dan mendekatkan diri kepada pemilik masjid .Shalat tahiyyatul masjid bukan berarti untuk menyembah masjid , karena dapat kita bayangkan dan kita ibaratkan ketika  kita bertamu maka kita pasti bertujuan atau memiliki urusan kepada pemiliknya bukan kepada rumahnya .

Jadi , hikmah bagi seseorang yang mengerjakan shalat tahiyyatul masjid yaitu untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt .

Demikian penjelasan mengenai shalat tahiyyatul masjid . Semoga kita dapat mengerjakannya walaupun shalat tahiyyatul masjid merupakan amalan sunnah .  Semoga bermanfaat . AMIN

adversitemens