Memahami Tatacara Shalat Sunnah Taubat Secara Lengkap

Memahami tatacara  shalat sunnah  taubat | Tatacara shalat sunnah taubat pada dasarnya sama dengan shalat pada umumnya baik dalam bacaan ataupun gerakannya .Yang membedakan hanyalah niatnya .

tatacara shalat taubat

 

Shalat Sunnah taubat yaitu shalat sunnah yang dikerjakan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa melakukan dosa , lalu bertaubat kepada Allah swt .

Bertaubat kepada Allah swt , berarti menyesal atas perbuatan yang telah diperbuat / dilakukan dan berniat untuk tidak akan melakukan sesuatu yang telah diperbuat  lagi yang disertai permohonan ampunan kepada Allah swt .

adversitemens

Jumlah raka’at shalat sunnah taubat , yaitu 2 , 4 dan 6 raka’at .

Waktu untuk  melaksanakan shalat taubat  yaitu boleh kapan saja , boleh siang ataupun malam  yang penting bukan pada waktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat . Waktu yang paling diutamakan yaitu pada malam hari sama halnya dengan shalat tahajud dan shalat malam lainnya .

Nabi Muhammad Saw bersabda :

” Setiap orang yang pernah melakukan  dosa , kemudian segera bergerak dan berwudhu, kemudian shalat lalu memohon ampunan dari Allah swt , pasti Allah akan memberikan ampunan baginya .Setelah itu dibacanya surah ini :mereka yang pernah mengerjakan suatu kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri , lalu mereka segera ingat kepada Allah , lalu memohon ampunan atas dosanya . Siapa pula yang akan mengampuni semua  dosa kalau bukan Allah swt . Sesudah itu , mereka insyaf dan menyadari bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa seperti yang sudah – sudah , maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah swt dan akan diberi pahala dengan syurga yang dibawahnya mengalir air sungai  dan disitulah tempat mereka kekal abadi . “

Tatacara Shalat Taubat

Sudah dijelaskan diatas bahwasannya tatacara shalat taubat tidak ada bedanya dengan shalat pada umumnya . Yang berbeda hanyalah niatnya .

Niat shalat Taubat :

tatacara shalat taubat

adversitemens

Setelah niat , maka urutan selanjutnya sama halnya dengan shalat pada umumnya yang diakhiri dengan salam .

Do’a setelah shalat sunnah taubat 

Setelah  rangkaian shalat sunnah taubat telah selesai  maka selanjutnya yaitu berdo’a. Do’a – do’a yang dibaca yiatu :

1.Membaca tasbih sebanayk 100 kali

Membaca tasbih sebanayk 100 kali dapat mendekatkan diri kepada Allah swt dan dapat menghapus dosa walaupun banyak . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist nabi :

tatacara shalat taubat

Bacaan tasbih :

tatacara shalat taubat

2. Memperbanyak membaca Istigfar

tatacara shalat taubat

3. Memperbanyak membaca induk istigfar

tatacara shalat taubat

Nabi muhammad saw bersabda :

tatacara shalat taubat

Manfaat shalat sunnah taubat

Manfaat taubat dijelaskan didalam QS.Ali imrah ayat 136 :

tatacara shalat taubat

Jadi , dapat disimpulkan bahwa manfaat mengerjakan shalat sunnah taubat yaitu :

  1. Mendapat ampunan dari Allah swt .
  2. Masuk surga .
  3. Menambah amal kebaikan  ( seaik – baik pahala orang yang beramal )
  4. Kekal di dalam surga .

Kita sebagai manusia hendaknya jangan merasa baik terlebih dahulu , karena kita adalah manusia yang merupakan   tempat salah dan dosa . Maka tidak ada satu orangpun yang bebas dari dosa , baik dosa kecil ataupun dosa besar . Jadi , kita sebagai manusia hendaknay selalu bertaubat kepada Allah swt . Karena dengan bertaubat , maka dosa kita akan sedikit – sedikit berkurang .

Telah dijelaskan diatas begitu besar manfaat serta ganjaran yang diberikan kepada seseorang yang mau menjalankan shalat taubat . Mari dimulai dari sekarang kita berusaha menjadi individu yang lebih baik  , dengan tidak melanggar semua larangan Allah swt dan tidak meninggalkan semua kewajiban kita sebagai makhluk Allah swt.

adversitemens