Memahami Bacaan Salam Pada Shalat

Bacaan Salam pada shalat | Salam pada shalat merupakan rukun shalat setelah tasyahud akhir . Maka dari itu, apabila tidak dikerjakan shalatnya tidak syah . Salam  yang dimaksud rukun shalat yaitu salam yang pertama , yang dilakukan sambil menolehkan kepala ke arah kanan . Sedangkan salam yang ke dua merupakan sunnah shalat , dan diucapkan sambil menoleh ke arah kiri .

salam pada shalat

Tata cara salam yang benar dalam shalat

Lafadz salam pada saat shalat sama dengan pada saat salam bertemu dengan orang lain , teman tau pada saat berpidato atau semisalnya . Walaupun sama , namun tatacaranya berbeda . Pada saat bertemu dengan orang lain , maka ketika mengucapkan salam tidak perlu untuk menolehkan kepala ke kanan dan kekiri . Namun pada saat shalat , mengucapkan salam harus sambil menoleh ke arah kanan dan kiri .

Lafadz salam secara lengkap :

salam pada shalat

adversitemens

Berikut adalah tata cara salam menurut beberapa pendapat dan dasar hukumnya .

  1. Mengucapkan ” Assalamu’alaikum waroh matullohi wabarokatuh ” pada saat salam pertama dan kedua ( menoleh ke kanan dan ke kiri )

salam pada shalat

2. Mengucapkan “Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ” pada salam pertama sambil menoleh ke arah kanan dan pada saat salam kedua mengucapkan ” Assalamu’alaikum warohmatulloh ”  sambil menoleh ke arah kiri .

salam pada shalat

3. Mengucapkan ” Assalamu’alaikum waroh matulloh ” pada salam pertama dan ke dua ( sambil menoleh ke kanan dan ke kiri .

salam pada shalat

adversitemens

4. Mengucapkan ” Assalamu’alaikum waroh matulloh ” pada salam pertama sambil menoleh ke arah kanan , dan mengucapkan ” Assalamu’alaikum ” pada salam ke dua sambil menoleh ke arah kiri salam pada shalat

5. Mengucapkan ” Assalamu’alaikum ” pada salam pertama dan salam yang ke dua ( sambil menoleh ke arah kanan dan kiri )

Dari Aisyah :

salam pada shalat

Ketentuan Salam pada shalat

Ada beberapa ketentuan salam pada shalat antara lain :

  1. Salam merupakan rukun shalat .
  2. Salam merupakan kunci shalat .
  3. Salam yang menjadi rukun shalat adalah salam yang pertama .
  4. Yang menjadi inti dari salam adalah bacaan “Assalamu’alaikum warahmatullah ” , sedangkan menoleh hanya anjuran . Tetapi anjuran yang lebih baik dikerjakan .
  5. Menoleh ke kanan dan ke kiri secara maksimal , sampai yang dibelakangnya melihat pipi orang yang yang sedang salam .

Begitu banyak ragam cara mempraktekkan salam pada shalat . Namun itu semua jangan membuat kita sesama muslim saling menyalahkan . Yang dijelaskan diatas semuanya benar karena bersumber dari hadist nabi , seperti yang sudah diuraikan di atas .

Namun , salam yang umum digunakan oleh mayoritas muslim adalah tatacara pada nomor 3 yaitu dengan melafadzkan “ASSALAMU’ALAIKUM  WAROHMATULLOH ” .

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan . Semoga bermanfaat

adversitemens