Menuju Sebuah Pernikahan Penuh Berkah DalamSyariat Islam

pernikahan penuh berkah

Pernikahan Penuh Berkah | Pernikahan penuh berkah ? Siapa yang tidak mengharapkan hal itu . Faktor apa saja yang mempengaruhi pernikahan penuh berkah ?pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajari hal – hal yang dapat menjadikan sebuah pernikahan menjadi penuh berkah .

Pada dasarnya , pernikahan merupakan hal baik yang merupakan sunnah rasul dan merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Kenapa demikian ? karena tujuan dari pernikahan yang sebenarnya adalah untuk mencari sebuah ketenangan jiwa , ketentraman  serta untuk menghindarkan diri dari hal – hal yang dilarang seperti perzinahan . Selain itu juga , pernikahan sama halnya dengan kemuliaan dari suatu agama . Subhallah . . .

Allah swt , berfirman dalam QS.Ar- Rum ayat 21 :

pernikahan penuh berkah

adversitemens

Dalam surah di atas , dijelaskan bahwa Allah swt telah menciptakan manusia untuk berpasang – pasangan , serta menciptakan kasih sayang , ketentraman dan kebahagiaan bagi orang – orang yang mau berfikir . Jadi , dengan kata lain jika orang yang tidak niat untuk menikah adalah orang yang rugi dan bodoh .

Pernikahan yang mendapatkan keberkahan dari Allah swt sudah otomatis pernikahan itu penuh dengan kebahagiaan , baik bahagia dunia maupun bahagia di akhirat . Lain halnya dengan sebuah pernikahan yang penuh kebahagiaan akan tetapi kebahagiaan itu hanya dibuat – buat atau dengan kata lain bahagia hanya dengan harta , atau karena tampan atau cantiknya pasangan maka ketika harta itu habis atau fisik sudah tak sempurna maka kebahagiaan itupun akan hilang . Sesungguhnya harta , tahta dan fisik itu adalah titipan dari Allah swt yang sewaktu – waktu akan diambilNya kembali .

Hal – hal yang membuat sebuah pernikahan menjadi berkah

Berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi sebuah pernikahan mendapat berkah dari Allah swt :

  1. Ishlahun Niyat ( Membenarkan atau meluruskan Niat )

Niat merupakan sebuah langkah awal untuk melakukan sesuatu dan sangat mempengaruhi di dalamnya  begitu juga dalam sebuah  pernikahan . Apabila niat sejak awal baik , maka akhirnyapun akan baik pula . Dan apabila niat sejak awal jelek maka akhirnyapun lebih jelek dari niatnya . Dengan kata lain, orang yang akan menikah hendaknya niatnya hanya utuk mencari Ridha Allah swt serta tidak ada niat lain kecuali karena Allah swt  . Bukan malah mencintai atau menikahi karena tampan atau cantiknya apa lagi hanya karena hartanya . Dalam QS. AN-nur ayat 32 , Allah swt berfirman :

pernikahan yang penuh berkah

Para Ulama juga menjelaskan bahwa seseorang yang akan menikah hendaknya niatnya adalah untuk ibadah serta menjalankan sunnah Rasul , berniat untuk menjaga diri dari kemaksiatan dan perzinahan , serta berniat untuk memiliki keluarga yang sakinah , mawadah dan warahmah dan berniat untuk memiliki keturunan yang solih dan solikhah dan niat – niat baik yang lainnya . Dapat disimpulkan apabila niat sangat mempengaruhi semua hal yang akan terjadi setelah adanya pernikahan .

adversitemens

2. Mempersiapkan diri dengan ilmu syariat sebelum menikah

Sebelum seseorang melakukan sebuah pernikahan , hendaknya yang dilakukan terlebih dahulu harus mengetahui ilmu – ilmu syariat tentang pernikahan . Tanpa memiliki ilmu syariat , maka tidak mungkin pernikahan tersebut mendapatkan keberkahan dari Allah swt . Jika seseorang belum mengetahui ilmu – ilmu syariah , maka bukan tidakmungkin pasangan tersebut akan melakukan sebuah kesalahan serta melanggar ketentuan yang di larang oleh Allah swt . Seperti tidak mengetahui bagaimana cara berhubungan suami istri yang baik menurut islam , tidak tahu masalah bersuci setelah berhubungan badan , atau tentang ketentuan seorang istri yang sedang haid dan ilmu – ilmu syariah lainnya .

3. Mengutamakan Kesalihan pasangan

Dalam memilih pasangan hendaknya mengutamakan dari segi agamanya terlebih dahulu atau memilih pasangan dari segi keshalihan calon pasangan kita . Bagi kaum laki – laki, untuk mencari keberkahan dalam hidupnya itu mudah yaitu jangan salah dalam memilih seorang wanita untuk menjadi pendamping , karena sesungguhnya wanita yang baik adalah keberkahan bagi suaminya .

Namun kebanyakan pada zaman sekarang banyak yang memilih karena fisik , harta , serta jabatan dan mengahirkan faktor keagamaan. Maka dari itu , kebanyakan pasangan sekarang tidak menemukan kebahagiaan abadi dan kebanyakan pasangan sekarang banyak yang bercerai.

Sesungguhnya apabila kesalihan pasangan diutamakan maka , insyAallah keluarga tersebut akan tercipta menjadi keluarga yang sakinah , mawadah dan warohmah serta selalu mendapatkan keberkahan dari Allah swt .

4. Mensucikan Segala Proses Dalam menujunya

Apakah yang dimaksud dari pernyataan diatas ? yang dimaksud yaitu ketika kita seseorang menginginkan sebuah kebahagiaan serta mengharap ridha Allah swt , maka dalam perjalanan menujunya harus terhindar dari semua hal yang diharamkan . Seperti , ketika menikah dirayakan dengan penuh kemewahan dengan mengharapkan sanjungan atau disebut dengan riya . Pada saat akad nikah pada dasarnya pada saat itu juga para malikat menghadiri dan ikut mendo’akan , akan tetapi karena di waktu itu banyak terbukanya aurat maka saat itu juga malaikat tidak menghadiri dan tidak mendo;akan untuk pasangan suami istri tersebut . Masya Allah , rugi kan kita kalu kayak begitu .

5. Sikap saling terbuka dan Saling Menjaga komunikasi

Sikap saling terbuka antar pasangan adalah sebuah hal yang sangat penting dalam hubungan suamami istri . Tidak adanya keterbukaan antar suami dan istri , maka mustahil akan terciptanya sebuah keluarga yang damai . Yang ada hanyalah kecurigaan antar pasangan . Saling terbuka dalam semua hal baik dalam hal masalah yang menyenangkan ataupun masalah yang tidak mengenakan .

Kominikasi antar suami istri juga tidak kalah penting , karena tanpa adanya komunikasi maka mustahil akan tercipta sebuah keluarga yang penuh dengan kemesraan dan sikap saling terbuka antar pasangan . Serta dengan adanya komunikasi yang baik , maka tidak akan ada masalah yang tidak dapat diselesaikan .

6. Menumbuhkan Rasa Cinta kepada pasangan

Dalam sebuah hubungan apabila tidak disertai dengan rasa cinta antar pasangan , maka akan mudah retaknya hubungan tersebut dan tidak akan bisa bertahan lama .

7. Sabar Dan Bersyukur

Sikap sabar dan bersukur merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan . Apalagi dalam kehidupan berumah tangga , pasti ada masalah – masalah yang menghampiri . Tanpa adanya sikap sabar dan bersyukur , maka bukan tidak mungkin keluarga tersebut gampang untuk terpancing keributan serta jauh dari keberkahan Allah swt . Lain halnya bagi pasangan yang selalu bersyukur dan sabar akan semua masalah yang dihadapinya , maka keluarga tersebut akan mendapatkan keberkahan dari Allah swt .

8. Sikap Santun Dan bijak

Sikap santun dan bijak juga merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap anggota keluarga . Dengan adanya sikap yang santun dan bijak maka akan tercipta sebuah keluarga yang damai , serta menjadi keluarga yang terhormat.

9. Menjauhi Nafkah Yang Haram

Bagi seorang suami , hendaknya mencari nafkah untuk seorang istri dan anak haruslah mencari risky yang halal dan terhindar dari semua hal yang diharamkan . Apabila seorang suami menafkahi anak dan istrinya menggunakan harta haram maka bukan tidak mungkin keluarga tersebut tidak akan mendapat keberkahan dari Allah swt . Sesungguhnya rezeky yang sedikit tapi halal dan berkah itu lebih baik dibanding dengan harta banyak namun haram.

10. Berkumpul Dengan Orang – orang yang shalih

Berkumpul dengan orang – orang yang shalih akan mempengaruhi  hidup seseorang menjadi lebih baik serta akan merasakan kehidupan yang nyaman dan damai  . Serta ilmu agamanya pun akan lebih bertambah ,dan dapat meningkatkan ibadahnya kepada Allah swt

11. Bermanfaat bagi Orang lain

Selain yang telah dijelaskan nomor 1 sampai dengan nomor 10 , pon ini juga sangat penting dalam hubungan sesama manusia . Apabila kita sebagai seseorang  baik terhadap orang lain atau tetangga ,maka kita mendapatkan kesusahan juga akan mendapatkan pertolongan . Serta pasti kita akan dido’akan yang baik – baik tentang keluarga kita . Lain halnya dengan orang yang tidak mau berurusan dengan tetangga , dan tidak mau membantu maka ketika kita ada masalah dan kesusahan mustahil ada yang peduli dan membantu kita . Siapa coba yang rugi ? pasti kembali lagi kepada kita .

Demikian penjelasan mengenai cara untuk menuju pernikahan yang penuh berkah menurut syariat islam . Semoga kita dapat melakukan semua hal – hal yang telah dijelaskan di atas .Dan semoga bagi yang sudah menikah akan menjadi keluarga yang selalu  mendapatkan keberkahan dari Allah swt , dan bagi yang belum menikah semoga akan mendapatkan pasangan yang dapat membawa dirinya kepintu keberkahan dari Allah swt . Amin

adversitemens