Memahami Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan | Pahala puasa dapat berkurang ? Apakah hal itu dapat terjadi ? kalaupun benar – benar dapat terjadi , apakah kita menginginkan hal itu semua ? Tentu tidak bukan ? Lalu hal atau perkara apa sajakah yang dapat mengurangi pahala puasa ramadhan ?

Pada kesempatan sebelumnya , kita telah mempelajari hal – hal yang tidak membatalkan dan yang membatalkan puasa ramadhan . Dan pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari hal – hal yang menyebabkan pahala puasa ramadhan berkurang . Supaya dalam menjalankan ibadah puasa ini  , kita tidak menjadi orang yang rugi karena berpuasa namun tidak mendapatkan pahala akan tetapi hanya mendapat lapar dan dahaga .

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah , dan merupakan waktu dimana umat muslim berlomba – lomba untuk mendapatkan banyak pahala . Karena di bulan ramadhan Allah swt melipat gandakan pahala orang yang beribadah di bulan ramadhan . Namun , kita seringkali dalam menjalankan puasa tidak dapat mengontrol emosi dan tetap bertingkah laku yang buruk . Apakah dengan kita melakukan puasa dengan seperti itu tidak memepengaruhi pahala puasa ? ataukah dapat mempengaruhinya ?

Berikut adalah Perkara yang mengurangi pahala puasa ramadhan . Dan hal – hal tersebut dijelaskan dalam Al-qur’an dan Hadist .

10 Perkara yang mengurangi pahala puasa ramadhan adalah :

adversitemens
  1. Puasa Tanpa Mengerjakan Shalat 

Puasa ramadhan  dan shalat adalah ibadah yang diwajibkan dan merupakan ibadah yang saling berkaitan . Apabila hanya melakukan puasa saja tanpa melakukan ibadah shalat  , maka puasa yang dikerjakan tidak sempurna dan hanya merugikan diri sendiri . Akan tetapi selama ini , kita banyak menjumpai orang – orang mengerjakan ibadah puasa tanpa mengerjakan ibadah shalat . Dan sesungguhnya shalat adalah tiang agama dan merupakan amal ibadah yang pertama kali ditanyakan di akhirat nanti dan apabila amal shalatnya rusak maka amal ibadah yang lain ikut rusak.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist :

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa

2. Berbohong atau berdusta

Seseorang yang sedang mengerjakan ibadah puasa maka tidak boleh berbohong . Karena berbohong akan menimbulkan kejelekan – kejelekan yang lainnya . Dan berbohong merupakan suatu perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa ramadhan.

adversitemens

Berbohong adalah dosa bahkan pelakunya dapat masuk kedalam neraka. Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist mengenai hukum perbuatan berbohong .

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa

Na’udzubillah . . .maka dari itu , kita harus membiasakan diri untuk berbuat jujur.

3. Marah 

Marah adalah suatu bentuk luapan emosi karena seseorang mengikuti hawanafsunya . Marah merupakan perbuatan yang sangat dilarang bagi seluruh umat islam . Dan seseorang yang dapat menahan marah maka balasannya syurga.

Hal ini dijelaskan dalam hadit :

Perkara Yang Mengurangi pahala Puasa

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa

4. Berbicara Kotor ( berbicara yang tidak ada manfaatya )

Berbicara kotor atau berbicara kata – kata yang tidak ada gunanya juga merupakan perkara yang dapat mengurangi pahala puasa yang dikerjakan oleh seorang muslim . Maka dari itu janganlah berkata – kata yang kotor , daripada berkata yang tidak ada gunanya mending lisan kita gunakan untuk membaca Al-qur’an atau hal baik lainnya .

5. Tidur sepanjang hari 

Tidur sesungguhnya adalah hal yang baik dan ada hadit juga ynag menyebutkan bahwasannya tidur disaat berpuasa tergolong ibadah . Namun jangan pernah menyalah artikan bahwa sepanjang hari tidur alasannya sedang berpuasa ,dan tidak mengerjakan ibadah lain serta tidak mau bekerja. Yang dimaksud dari tidur adalah ibadah, yaitu ketika siang hari tidur kurang lebih 15 menit untuk menghindari menggunjing atau melakukan hal – hal yang buruk , namun tidak melupakan untuk beribadah yang lain seperti shalat dan tadarus al-qur’an .

6. Pertikaian ( adu mulut ) 

Seorang muslim yang sedang melakukan ibadah puasa hendaknya kita tidak boleh untuk bertikai atau beradu mulut,dan merasa paling benar . Sesungguhnya manusia diciptakan berbeda – beda dengan kekurangan dan kelebihan masing – masing .Dan bertikai merupakan perbuatan dosa , dan dapat mengurangi pahala puasa.

Perihal Yang Mengurangi Pahala Puasa

7. Melihat Lawan jenis dengan penuh syahwat 

Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial yang tidak dapat lepas dari interaksi sosial . Manusia juga karuniai oleh Allah swt dengan mata yang fungsinya untuk melihat , namun sesungguhnya kita sebagai seorang muslim harus dapat menjaga pandangan kita. Apalagi di bulan ramadhan .

Seseorang yang mengerjakan puasa sedang ia  melihat lawan jenis  dengan penuh nafsu atau syahwat maka pahala puasanya berkurang . Na’udzubillah . . .

Maka dari itu , mulai sekarang kita harus mampu menjaga pandangan kita dan bagi kaum perempuan janganlah mengumbar aurat yang dapat memancing lawan jenis .

8. Memberi kesaksian palsu 

Melakukan sesuatau yang berbau kebohongan saja tidak boleh dan hukumnya dosa , apalagi memberikan kesaksian palsu di depan hukum . Walaupun dengan alasan apapun kita tidak boleh melakukannya . Apalagi orang yang sedang berpuasa, orang yang sedang tidak berpuasa saja tidak boleh .

Memberi kesaksian palsu , merupakan perbuatan dosa besar . Perhatikan hadit di bawah ini :

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa

9. Menggunjing ( menggosip ) 

Menggunjing atau menggosip adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para kaum wanita sekalipun kaum laki – laki juga pernah melakukannya , namun sesungguhnya menggosip adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah swt . ALLAH SWT , menjelaskan tentang gambaran orang menggunjing yaitu terkandung di dalam QS.AL-Hujurat ayat 12 :

Perkara Yang Mengurangi Pahala

10. Mencuri 

Mencuri yaitu mengambil sesuatu bukan hak milik sendiri . Mencuri adalah suatu perbuatan dosa yang sangat dilarang oleh Allah swt . Dan dijelaskan juga dalam Al-qur’an bahwasannya hukuman bagi seseorang yang mencuri adalah dipotong tangannya . Hal ini dijelaskan dalam QS. Al- Maidah ayat 38 :

Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa

Apakah anda termasuk kedalam golongan orang – orang yang senang mengerjakan perkara – perkara di atas ? Jawabannya ada dalam diri kita masing – masing .

Setelah kita pelajari bersama tentang perkara yang dapat mengurangi pahala puasa ramadhan di atas , mari kita sedikit demisedikit perbaiki tingkah laku serta ucapan kita supaya dalam menjalankan ibadah puasa di tahun ini tidak tergolong orang yang merugi . Bukannya mendapat untung malahan dapat buntung alias bukannya mendapat pahala berlipat malahan mendapat dosa yang berlipat . Na’udzubillah . . . .

Maka dari itu , mari kita bersama – sama taman dalam hati kita masing – masing tetang bahwa setap ucapan dan perbuatan kita Allah swt mengetahuinya serta setiap apa yang kita kerjakan ada konsekuensinya baik itu baik ataupun buruk .

Dengan penjelasan diatas , semoga dalam mengerjakan puasa di tahun ini benar – benar menjadi muslim sejati dan mendapat berkah dari Allah swt . Semoga bermanfaat ….Amin

adversitemens