Perilaku Diskriminasi Dalam Pandangan Islam

Perilaku diskriminasi | Perilaku diskriminasi merupakan sifat tercela yang harus dihapuskan dari dalam diri kita. Diskriminasi dalam bahasa inggris memiliki arti perbedaan perlakuan . Dalam bahasa arab diskriminasi disebut dengan tafriq .

Sedangkan pengertian diskriminasi dalam bahasa indonesia berarti pembatasan , pengucilan dan pelecehan yang didasarkan pada perbedaan manusia karena alasan agama , suku , bahasa dan yang lainnya baik yang dilakukan secara langsung ataupun dengan perantara atau tidak langsung .

diskriminasi

Dasar hukum larangan untuk melakukan diskriminasi

Islam sangat melarang diskriminasi , karena hal tersebut merupakan sifat tercela yang sangat membahayakan. Dihadapan Allah swt , semua makhluk itu sama , siapapun , dari manapun , dan warna kulit apapun . Alah swt hanya membedakan manusia dengan kualitas ketakwaannya . 

Allah swt berfirman dalam QS. Al- Hujurat ayat 13 :

adversitemens

Diskriminasi

 

Contoh perilaku diskriminasi :

  1. Adanya pemisah antara si miskin dan si kaya .
  2. Adanya pemisah antara si pandai dan si kurang pandai .
  3. Adanya pemisah antara  si kulit putih dan kulit hitam .

Perhatikan kisah Para sahabat Rasulullah saw ketika Rasulullah saw masih hidup dibawah ini :

An- nu’aim bin basyir berkata , ayahku memberi sesuatu kepada ku. Mengetahui pemberian itu lalu ibuku berkata kepada ayahku :” wahai suamiku , aku tidak rela akan pemberianmu , sebelum engkau mempersaksikan kepada Rasulullah saw. ” Mendengar hal itu , lalu ayahku pergi untuk menemui Rasulullah saw dan menjelaskan akan maksud kedatangannya . Lalu Rasulullah saw bersabda kepada ayahku  :” apakah selain kau berikan kepada an-nu’man , kau juga memberikan kepada anak – anakmu yang lain? ( tidak berlaku diskriminasi )”

Lalu ayahku menjawab :” Tidak ,ya Rasulullah saw “. Lalu Rasulullah saw bersabda : ” Bertawakallah kepada ALLAH swt dan berlaku adillah terhadap anak – anak mu.”

Dengan demikian , dapat kita simpulkan dan kita ambil pelajarannya dari kisah tersebut . Bahwa Rasulullah saw melarang kita untuk bertindak diskriminasi .baik dalam keluarga, lingkungan , ataupun antar suku dan antar negara.

adversitemens

Akibat yang ditimbulkan dari sikap diskriminasi

  1. Menimbulkan sifat sombong .
  2. Dapat memunculkan sifat apatisme ( masa bodoh ) .
  3. Membanggakan diri sendiri dan meremehkan orang lain .
  4. Dapat menimbulkan kehancuran .
  5. Terkoyak – koyak pada golongannya sendiri .

Cara menghindarkan diri dari sikap diskriminasi :

  1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt.
  2. Suka bersilaturahmi .
  3. Bersikap tasamuh ( toleransi ) terhadap sesama umat beragama .
  4. Tidak memaksakan kepercayaan atau kehendak seenaknya sendiri kepada orang lain .
  5. Menumbuhkan semangat kesatuan dan persatuan .
  6. Tidak suka mengolok – olok orang lain .
  7. Tidak suka memfitnah orang lain .
  8. Tidak suka berburuk sangka dengan satu dan lainnya .

 

Demikian penjelasan mengenai bagaimana kita menghindari sikap diskriminasi dalam agama islam . Sudah sejak dulu kita dilarang untuk melakukan diskriminasi , bahkan Allah swt dan Rasulullah pun telah melarangnya . Masihkah anda akan merasa bangga dengan diri sendiri dan menganggap remeh orang lain ? ( mendiskriminasi orang lain ) . Semoga kita sebagai umat muslim tidak terpengaruh akan sikap diskriminasi , karena hanya akan menghancurkan agama kita dan negara kita .

adversitemens