Memahami Peranan Wanita Dalam Islam Sesuai Syariat

Peranan Wanita Dalam Islam | Dalam islam ,kaum wanita memiliki kedudukan dan kehormatan yang sangat mulia serta tidak adanya perbedaan hak baginya . Seta dalam Al-qur’an dijelaskan peranan seorang wanita sangatlah penting , namun itu semua tidak keluar dari garis yag telah dikodratkan kepadanya .

Dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini , banyak kaum wanita yang terpengaruh dengan pandangan orang – orang barat yang mensejajarkan kedudukan antara kedudukan wanita dengan kedudukan laki – laki . Sehingga banyak wanita sekarang yang lupa akan kodratnya . Hal ini terjadi karena di masyarakat kita banyak berkembang anggapan bahwa hal itu adalah hal yang sangat biasa , selai itu juga banyak yang menyebutkan bahwa itu merupakan emansipasi wanita .Lalu apakah arti emansipasi wanita yang sesungguhnya itu seperti yang berkembang saat ini ? dan bagaimana peranan wanita yang sesungguhnya dalam islam ? Pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajarinya bersama .

Peranan Wanita Dalam Islam

Emansipasi wanita dalam islam 

Emansipasi secara umum , memiliki arti pelepasan wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah dan dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan maju . Dan dalam islam emansipasi memiliki arti persamaan kedudukan antara kaum laki – laki dan perempuan dihadapan Allah swt . Karena , yang membedakan hanyalah ketaqwaan kepada Allah swt .

adversitemens

Peranan Wanita Dalam Islam

Peranan seorang wanita sangatlah penting dan sangat mulia .Islam juga menjelaskan bahwa seorang wanita memiliki beberapa peranan diantaranya adalah :

  1. Peran seorang wanita sebagai mahluk ciptaan Allah SWT

Peranan utama bagi seorang wanita yaitu menjadi mahluk Allah swt dan memiliki kewajiban beribadah kepada Nya . Hal ini dijelaskan dalam QS. AZ-Zariyat ayat 56 :

Peranan Wanita Dalam islam

Dari penjelasan dalam surah di atas bahwasannya kita sebagai manusia ciptaan ALLAH SWT , baik laki – laki ataupun perempuan memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Allah swt .

2. Peranan Seorang Wanita sebagai seorang anak 

Setelah seorang wanita menjalankan perannya menjadi mahluk ciptaan Allah , maka selanjutnya seorang wanita menjalankan perannya sebagai seorang anak . Seperti yang dijelaskan dalam QS.An-Nisa Ayat 36 :

adversitemens

Peranan Wanita Dalam Islam

Dari ayat diatas , dijelaskan bahwa kita sebagai seorang anak baik laki – laki ataupun perempuan wajib berbakti kepada orang tua . Dan jangan sekali – kali , kita menyakiti hati orang tua karena ridha orang tua merupakan ridha Allah swt .Begitu juga murka orang tua , dapat menyebabkan murka Allah swt .

Ketentuan berbakti kepada orang tua ,bagi seseorang yang telah berkeluarga :

Bagi seorang laki – laki yang telah beristri , kewajiban untuk membantu orang tuanya tetap ada pada dirinya dan tanpa harus adanya persetujuan dari istrinya . Namun , lain bagi seorang perempuan yang telah menjadi seorang istri apabila akan membantu orang tuanya harus seizin suaminya , dan kecuali hasil jerih payah sendiri .

3. Peranan seorang wanita sebagai seorang istri 

Peranan seorang wanita sebagai seorang istri terhadap suaminya sangatlah besar, yaitu seorang istri harus mampu menjadi seseorang yang dapat membantu ketika suami merasa sulit , dapat menenangkan ketika suami merasa gundah , dan seorang istri juga harus mampu menyemangati ketika seorang suami merasa terpuruk dan gagal . Bahkan ada yang menyebutkan bahwasannya keberhasilan seorang laki – laki ( suami ) tidak terlepas dari peranan seorang wanita ( istri ) dibelakangnya .

Jadi, peranan seorang wanita yang sesungguhnya adalah menjadi  seorang istri yang mampu menjadi pendamping pemimpin baik pemimpin keluarga atau pemimpin masyarakat ( suami ) yang mampu mengarahkan , dan mampu mensuport serta saling mengingatkan . Dan menjadi pemimpin bukanlah hal yang perlu dilakukan oleh seorang wanita .

4. Peranan seorang wanita sebagai seorang ibu 

Tidaklah ada kemuliaan yang paling mulia yang Allah swt berikan kepada seorang wanita adalah peranannya sebagai seorang ibu . Perhatikan hadist di bawah ini :

Peranan Wanita Dalam Islam

Dari hadist di atas , dijelaskan bahwasannya kedudukan wanita ( ibu ) sangatlah mulia .Dan tidak lupa juga untuk memuliakan seorang ayah .

Ibu merupakan seseorang yang paling dekat dengan anak – anknya dan selalu ada untuk anak – anaknya . Serta seorang ibu adalah seseorang yang selalu di cari , tempat curahan hati . Dan baik buruknya akhlak seorang anak tergantung dari apa yang diajarkan oleh seorang ibu . Karena ibu merupakan pendidikan dasar dari semua pendidikan yang ada di dunia ini . Dan dengan peranan seorang ibu , dapat menciptakan seseorang yang besar dan sukses . Tanpa ada peranan seorang ibu secara maksimal ,maka bukan tidak mungkin seorang anak akan tumbuh menjadi seseorang minder dan kehilangan percaya diri .

Jadi , bagi wanita janganlah engkau melupakan dengan takdirmu menjadi seorang ibu . Karena kesuksesan seorang anak ditangan peranan seorang ibu . Janganlah egois dengan hawa nafsu yang menjerumuskan atau berangan – angan untuk menggantikan peran sebagai suami dan merendahkannya . Hal ini bukan berarti melarang seorang wanita hidup mandiri . Hidup mandiri yang dimaksud adalah kuat menghadapi semua cobaan ,dan tidk cengeng ketika kenyataan menghendaki hidup tanpa suami . Namun jangan sampai merendahkan atau meremehkan kemampuan laki – laki ( suami )

5. Peranan Seorang wanita dalam lingkungan sosial 

Selain  seorang wanita berperan dalam hubungan dengan Allah ( Hablumminallah ) dan berperan dalam keluarga, Seseorang juga berperan besar dalam hubungan kehidupan sosial ( Hablumminannas ) .

Seorang wanita , harus mampu menjadi inspiras bagi sesamanya , bukan malah menjadi seseorang yang minder dan tidak peduli dengan lingkungannya . Karena bukan tidak mungkin , seorang wanita juga mampu menjadi seseorang yang bisa membawa perubahan dari sebuah masyarakat . Dan kita juga mahluk sosial , baik laki – laki ataupun perempuan yang tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan orang lain . Dan wanita juga berhak untuk mendapatkan sebuah pendidikan seperti halnya seorang laki – laki .

Demikian penjelasan mengenai peranan wanita dalam islam menurut syariah islam . Semoga dengan penjelasan di atas , kaum wanita di dunia ini tidak melupakan akan kodratnya yang telah digariskan baginya . Namun bukan berarti wanita boleh ditindas , dan dibedakan haknya . Karena Allah swt telah meletakkan atau memposisikan seorang wanita pada derajat yang sangat mulia . Semoga bermanfaat . . . .

adversitemens