Pengertian Rukun ISLAM Yang Lima Secara Lengkap

Rukun Islam

Pengertian Rukun Islam | Sebagai orang Muslim tentu kita tidak asing lagi dengan kalimat Rukun Islam ,taukah anda dengan pengertian Rukun Islam?mari kita pelajari pengertian Rukun Islam di bawah ini.

Pengertian rukun islam

Rukun islam menurut bahasa arab yaitu arkan al-din atau arkan al-islam yang memeiliki arti pilar agama. Sedangkan menurut istilah rukun islam adalah suatu tindakan atau amalan yang harus dilakukan oleh seorang muslim yang merupakan dasar atau pondasi dari hidupnya.

Bisa kita ibaratkan seperti bangunan ,  pondasi merupakan bagian yang harus ada dan merupakan awal dari terbentuknya bangunan. Jika suatu bangunan  tidak memiliki pondasi maka banguna tersebut tidak akan dapat berdiri.Begitupun seseorang yang mengaku islam atau yang akan masuk islam harus mengetahui dan melakukan semua rukun islam.

Ada berapakah rukun islam? Seperti yang tercantum dalam suatu hadist dari Abu abdurahman,Abdullah bin Alh khotob r.a.yang isinya  bahwa Rosululloh SAW bersabda : islam dibangun diatas lima perkara yaitu bersaksi bahwa tiada dzat yang disembah kecuali ALLOH SWT dan bahwa nabi Muhammad adalah utusanNYA,Menegakkan sholat ,menunaikan puasa,zakat,dan haji .(HR.At-turmuzi dan Muslim)

adversitemens

Jadi, jumlah rukun islam yaitu ada 5.

Penjelasan tentang 5 Rukun Islam :

Rukun islam yang pertama

Rukun islam yang pertama yaitu mengucapkan dua kalimat sahadat. Apa sajakah dua sahadat tersebut ? syahadat yang pertama yaitu sahadat Tauhid.Sahadat Tauhid adalah suatu ungkapan kalimat atau kesaksian bahwa ALLOH adalah dzat yang satu atau ALLOH maha Esa ( ASYHADUALLAILAHAILLALLOH )

Syahadat yang kedua adalah syahadat Rosul,yang memiliki arti pengakuan bahwa nabi Muhammad adalah utusan ALLOH (ASYHADUANNAMUHAMMADURROSULULLOH)

Dan apabila digabung kalimat syahadat yaitu “ASYHADU ALLAILAHAILLALLOH WAASYHADUANNAMUHAMMADAROSULUULOH”

Rukun islam yag ke dua

Rukun islam yang kedua yaitu menegakkan sholat. Kita sebagai umat islam memiliki kewajiban menjalankan ibadah  sholat.Sholat merupakan ritual atau cara seseorang mengingat TuhanNya dan suatu cara interaksi antara Alloh swt dengan umatNya.Selain itu juga sholat merupakan tiang agama , menjauhkan manusia dari perbuatan keji dan mungkar.

Rukun islam yang ke tiga

Rukun islam yang ke tiaga yaitu saum atau puasa. Selain sholat, ibadah lainnya yang merupakan kewajiba kita sebagai muslim yaitu puasa. Puasa yang diwajibkan yaitu puasa pada bulan Ramadha.Pengertian puasa sendiri yaitu menahan hawa nafsu dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

adversitemens

Rukun Islam yang ke empat

Zakat merupakan rukun islam yang ke empat.ALLOH SWT memerintahkan hambaNya untuk mengeluarkan zakat terhadap semua harta  yang dimilikinya setelah memenuhi nisab.

Zakat yang wajib dikelurkan yaitu zakat mall dan zakat fitrah.

Rukun Islam yang ke lima

Rukun islam yang ke lima yaitu menunaikan haji ke baittulloh mekkah. Haji .

Haji wajib bagi seorang yang mampu, mampu yang dimaksud disini yaitu mampu  fisik nya memungkinkan ataupun biaya ,biaya baik untuk pulang pergi dan biaya keluarga yang ditinggalkan.

Sekian penjelasan tentang Rukun Islam,semoga setelah kita mengetahui sedikit tentang rukunIslam .Maka kita senantiasa selalu dalam jalan yang lurus dan di ridoi ALLOH dan menjadi seorang muslim yang tetap taat ibadah dan menyadari kewajiban kita sebagai mahlukNya tidak hanya menuntut hak dan semoga kita semua dapat melaksanakan Rukun Islam yang kelima yaitu pergi Haji.Amin

Sekian terimakasih

adversitemens