Pengertian Nuzulul Qur’an Secara Harfiah Dan Istilah

Tak terasa kita sudah hampir separuh menjalankan puasa di bulan Ramadhan ,dan sudah dekat dengan malam yang di sebut dengan malam nuzulul qur’an . Namun masih banyak yang belum memahami pengertian nuzulul qur’an yang sesungguhnya . Karena hal itu juga , kebanyakan orang yang masih menganggap malam itu biasa sama seperti malam – malam yang lainnya . Untuk itu , pada kesempatan kali ini kita akan memahami bersama mengenai pengertian nuzulul qur’an secara harfiah atau bahasa dan secara istilah .

Pengertian Nuzulul Qur'an

Pengertian Nuzulul Qur’an

A.Pengertian Nuzulul Qur’an secara bahasa dan istilah 

  • Secara Harfiyah atau secara bahasa , Nuzulul Qur’an berasal dari kata Nuzul yang berarti turun dan Qur’an artinya kitab suci Al- Qur’an ( bacaan ) . Jadi , secara bahasa Nuzulul Qu’an berarti turunnya Al-Qur’an ( bacaan ).
  • Secara Istilah , Nuzulul Qur’an berarti Peristiwa penting dalam peristiwa penurunan Al- Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah di langit dunia , hingga ditirunkan secara berangsur – angsur kepada Rasulullah saw sesuai dengan peristiwa – peristiwa dalam jangka waktu kurang lebih 23 tahun .

Pengertian Nuzulul Qur’an menurut para Ulama:

Pengrtian Nuzulul Qur'an

adversitemens

Jadi , jika kita melihat dari beberapa penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Nuzulul Qur’an , yaitu waktu di mana Allah swt menurunkan wahyunya berupa Kitab suci Al- Qur’an kepada Rasulullah saw . Dan pengertian ini yang selama ini kita ketahui .

Allah swt berfirman dalam QS.Al- Baqarah ayat 185 sebagai berikut :

Pengertian Nuzulul Qur'an

Dari ayat di atas , dapat kita simpulkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan dimana Allah swt menurunkan Al- Qur’an kepada Rasulullah saw yang dijadikan sebagau petunjuk umat manusia mengenai hak dan batil .

Dalam sebuah hadist juga dijelaskan , bahwa di bulan Ramadhan turun juga kitab – kitab nabi lain sebelum Rasulullah saw . Suhuf atau lembaran – lembaran tersebut diturunkan kepada masing – masing Nabi sekaligus dari Baitul izzah ke langit dunia , yaitu melalui lailatul qadar . Hal ini seperti yang terkandung dalam Hadist yang di Riwayatkan oleh Imam Ahmad Ibnu Hambal dan Abu Said dari imran Abu Awwan , dari Qatadah dari Abul Falih , dari Abul Iswa , yang mengatakan :

Pengertian Nuzulul Qur'an

adversitemens

B. Cara Diturunkannya Al- Qur’an 

Al- Qur’an diturunkan dari Baitul Izzah ke langit dunia secara langsung , Namun Al- qur’an diturunkan atau diwahyukan kepada Rasulullah saw dengan cara berangsur – angsur atau disebut dengan Mutawatir , sesuai dengan keadaan dan kejadian – kejadiannya .

C. Waktu Terjadinya Nuzulul Qur’an 

Para Ulama berbeda pendapat mengenai waktu terjadinya nuzulul qur’an , hal ini dikarenakan karena tidak ada keterangan yang resmi atau yang mendasari mengenai waktu tepatnya Nuzulul Qur’an .

Ada yang meriwayatkan nuzulul qr’an terjadi pada tanggal 17 Ramadhan , ada pula yang mengatakan tanggal 21 ramadhan , dan ada juga yang mengataka tanggal 23 dan 24 .

Karena begitu mulianya kitab suci Al- Qur’an , maka para umat muslim memperingati malam nuzulul qur’an di peringati mulai tanggal 15 sampai dengan tanggal 24 , dan biasanya ada yang menjalankannya dengan khatam al-qur’an sendiri sendiri atau kelompok ada juga yang memperingatinya dengan bertausiah yang bertemakan nuzulul qur’an .

Dan kepercayaan kita selama ini mengenai malam nuzulul qur’an terjadi pada tanggal 17 Ramadhan , itu tetap di benarkan . Karena pada tanggal 17 Ramadhan pertama kali Rasulullah mendapat wahyu ayat yang pertama yaitu surah Al- ‘alaq ayat 1- 5 , saat itu Rasulullah berada di gua hira’ .

D. Ayat pertama yang turun 

Ayat yang pertama kali diturunkan oleh Allah swt melalui perantara Malaikat Jibril kepada Rasulullah saw yaitu diturunkannya surah Al- ‘Alaq ayat 1- 5 :

Pengertian Nuzulul Qur'an

Dari ayat di atas , dapat kita fahami bahwa ayat yang pertama kali turun merupakan ayat diperintahkan untuk kita membaca , supaya kita tahu petunjuk hidup dan dapat membedakan hak dan batil .

Subhanallah . . . .

Apakah diantara kita masih ada yang beranggapa bahwa malam nuzulul qur’an itu biasa ? dengan adanya pembahasan mengenai pengertian nuzulul qur’an secara bahasa dan istilah di atas . Jika orang yang beriman , walaupun membaca pembahasan sesingkat diatas , maka tanpa berfikir panjang bahwa dalam memperingati nuzulul qur’an bukan hanya berdiam diri , namun dengan menjalankan hal – hal yang berbilai ibadah seperti membaca Al- qur’an syukur – syukur khatam Al- Qur’an , banyak – banyak berdzikir , shalat malam atau amal ibadah yang lainnya .

Semoga penjelasan di atas mampu memberi pencerahan kepada kita semua . Semoga kita tetap berada dalam lidungan dan keberkahan Allah swt .AMIN

adversitemens