Pengertian Malam Lailatul Qadar Dan Keistimewaannya

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang hanya terjadi di bulan Ramadhan . Pada pembahasan sebelumnya telah kita fahami mengenai tanda – tanda malam lailatul qadar . Lalu apakah pengertian malam lailatul qadar itu ? dan apa sajakah keistimewaannya di banding dengan malam – malam lain di bulan ramadhan ? Hal ini pasti banyak yang belum memahaminya , bahkan banyak juga orang – orang yang menganggap bahwa malam lailatul qadar itu biasa . Hal ini terjadi karena ketidak tahuan seseorang mengenai arti yang sebenarnya malam lailatul qadar . Untuk menghindari hal – hal tersebut dan supaya kita tidak lagi menjadi seseorang yang rugi , maka pada kesempatan kali ini mari kita memahami bersama mengenai pengertian dan keistimewaan malam lailatul qadar . 

Pengertian Malam Lailatul Qadar

Pengertian Dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

A. Pengertian

Secara bahasa , Lailatul Qadar berasal ari bahasa arab yaitu Lailat Al- Qadar yang artinya malam ketetapan . Malam Lailatul qadar , juga dapat di deskripsikan sebagai suatu malam yang penting dan terjadi di bulan ramadhan yang di gambarkan sebagai malam yang lebih mulia dari seribu bulan serta merupakan malam turunnya Al- Qur’an .

Pengertian malam lailatul qadar menurut Quraish Sihab , yang mengartikan kata Qadar yang disesuaikan dengan penggunannya di dalam ayat – ayat Al- Qur’an , kata Qadar tersebut memiliki 3 arti yaitu :

adversitemens
  • Penetapan dan Pengaturan 

Dengan mengartikan Qadar adalah suatu penetapan dan pengaturan , maka malam lailatul qadar adalah suatu malam di mana ALLAH SWT menetapkan perjalanan yang akan terjadi pada manusia .

Dalam hal ini , merujuk pada firman ALLAH SWT dalam QS.Ad-Dukhan ayat 3-5 :

Pengertian Malam Lailatul Qadar

  • Kemuliaan 

Dengan merujuk dan mengartikan kata qadar sebagai kemuliaan . Maka malam lailatul qadar merupaka suatu malam yang sangat mulia , mengapa ? karena di malam ini lah Allah swt memilih untuk menurunkan Al- Qur’an .

Rujukan ini terdapat dalam Firman Allah swt di QS. AL- An- ‘Am ayat 91 :

Pegertian Malam Lailatul Qadar

adversitemens
  • Sempit 

Mengartikan kata Qadar , dengan makna sempit . Maka kita mengartikan malam lailatul qadar dengan malam yang sangat sempit . Mengapa ? karena di malam itu Allah swt menurunkan banyak sekali malaikat ke muka bumi ini . Penggunaan kata qadar dengan arti sempit , yaitu terdapat dalam Firman Allah swt dalam QS. Ar-Ra’d ayat 26 :

Pengertian Malam Lailatul Qadar

Dari beberapa pengertian seperti yang di jelaskan di atas , dapat kita simpulkan bahwa Malam lailatul qadar yaitu malam pelimpahan rahmat keutamaan yang di janjikan oleh Allah swt kepada umatNya yang dikehendakiNya untuk mendapat pelimpahan keutamaan rahmat tersebut . Bahkan keutamaan malam lailatul qadar lebih utama dibanding dengan 1000 bulan .

Subhanallah . . .

B. Waktu Terjadinya 

Allah swt merahasiakan waktu terjadinya lailatul qadar .Maka kita manusia tidak dapat memastikan kapan akan terjadi lailatul qadar . Namun para ulama bersepakat bahwa terjadinya malam lailatul qadar itu terjadi di malam 10 terakhir di bulan ramadhan di setiap tanggal – tanggal ganjil . Hal ini bukan semata – mata hanya pendapat karena hal ini ada dasar hukum yang kuat yaitu terdapat dalam sabda Rasulullah saw yang di riwayatkan oleh Aisyah , Sebagai berikut :

Pengertian Malam Lailatul Qadar

C. Keistimewaan

Jika telah memahami pengertian mengenai malam lailatul qadar seperti yang di jelaskan di atas , maka banyak diantara kita yang bertanya – tanya akan apakah yang menjadi istimewa malam lailatul kodar di banding dengan malam – malam yang lain ? Berikut beberapa keutamaan atau keistimewaan malam lailatul qadar brdasarkan pada firman ALLAH SWT dan Hadist Nabi Muhammad Saw .

Keistimewaan malam lailatul qadar diantaranya adalah :

1. Waktu Diturunkannya Al- Qur’an

2. Malam Yang penuh dengan keberkahan

3. Malam Yang lebih utama dibanding dengan 1000 bulan

4. Malam dimana malaikat turun ke bumi , termasuk malaikat jibril

5. Malam keselamatan

6. Malam dicatatnya takdir tahunan Manusia

7. Akan diampuni bagi orang yang mau menghidupkan malam lailatul qadar

Subahnallah . . . .

Dengan penjelasan mengenai pengertian dan keistimewaan malam lailatul qadar di atas . Pasti diantara kita semua menginginkan supaya mendapatkan keutamaan malam tersebut . Malam lailatul qadar hanya dijumpai setahun sekali , dan terjadinya pun tidak di setiap malam , bahkan waktu tepatnya tidak ada yang tahu karena Allah swt yang merahasiakan . Semoga dengan penjelasan di atas , dapat memotivasi kita semua untuk lebih rajin lagi dalam beribadah di bulan ramadhan tahun ini . Semoga tahun ini kualitas ibadah kita lebih baik dari tahun kemaren . Serta semoga di bula Ramadhan tahun ini , kita mendapat keutamaan dari malam lailatul qadar.  Amin

adversitemens