Lafadz Niat Puasa Ramadhan Dan Do’a Berbuka Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan telah datang , seluruh umat muslim di dunia ini mulai menjalankan ibadah puasa . Namun , bukan tidak mungkin masih banyak diantara kita yang belum faham mengenai lafadz niat puasa ramadhan . Padahal salah satu rukun puasa ramadha adalah niat . Dan niat itu juga merupakan bagian utama dari segala bentuk ibadah , karena tanpa niat ibadah yang di lakukan kurang afdhal . Niat juga merupakan penentu seberapa balasan pahala yang akan didapat oleh orang yang mengerjakan amalan tersebut . Dan niat melakukan sesuatu harus ikhlas karena Allah swt jangan meniatkan sesuatu karena seseorang ataupun dengan tujuan tertentu diluar mencari ridha Allah swt .

Pengertian Dan Hukum Puasa Ramadhan 

Puasa ramadhan , yaitu puasa yang hukumnya wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim baik laki – laki ataupun perempuan yang telah baligh dan dilakukan di bulan ramadhan .

Hukum puasa Ramadhan adalah wajib , jadi tidak boleh untuk tidak di laksanakan kecuali karena halangan seperti haid ( menstruasi ) bagi kaum perepuan , sakit yang sangat parah , orang tua renta , ibu hamil / menyusui . Namun itu semua wajib mengganti puasa yang ditinggalkan dengan menjalankan puasa sejumlah yang ditinggalkan ataupun membayar fidyah .

Dasar Hukum puasa Ramadhan , yaitu terkandung di dalam QS.Al-Baqarah ayat 183 :

adversitemens

Niat Puasa Ramadhan

Rukun Puasa Ramadhan :

  • Niat puasa sejak malam hari sampai dengan waktu sebelum imsak atau waktu terbit fajar .
  • Menahan diri dari hal – hal yang dapat membatalka puasa ( makan , minum , hubungan suami istri ) dari terbit fajar hingga terbenam matahari .

Niat Puasa Ramadhan

Lafadz Niat Dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Niat puasa Ramadhan ,pada umumnya dilakukan di malam hari ketika selesai menjalankan ibadah shalat tarawih . Namun sesungguhnya tidak harus dilakukan saat malam hari , yang terpenting dilakukan sebelum waktu imsak .

Berikut adalah lafadz niat Puasa Ramadhan :

Niat Puasa Ramadhan

adversitemens

Mengucapkan niat puasa ramadhan merupakan salah satu etika atau adab dalam menjalankan puasa ramadhan . Selain niat , etika lain dalam menjalankan puasa ramadhan adalah berdoa ketika berbuka puasa . Bagaimanakah lafadz do’a berbuka puasa ramadhan ? pertanyaan seperti itu pasti masih banyak muncul diantara kita , walaupun memang mengenai lafadz do’a berbuka sudah banyak yang memahami serta sudah hafal di luar kepala .

Berikut adalah lafadz do’a berbuka puasa :

Niat Puasa Ramadhan

Di dalam berbuka puasa kita dianjurkan untuk menyegerakan ketika telah berkumandang adzan magrib. Dan dianjurkan juga untuk mengawali berbuka puasa dengan memakan makanan yang manis – manis lunak serta mudah di cerna . Dan sunnahnya , berbuka dengan makan kurma dan minum air putih . Serta dalam berbuka tidak boleh sampai kekenyangan atau berlebih – lebihan .

Demikian penjelasan mengenai bagaimana lafadz niat puasa ramadhan dan lafadz berbuka puasa yang benar sesuai dengan apa yang di contohkan Rasulullah saw. Sesungguhnya kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dan harus di lakukan oleh setiap orang yang menjalankan puasa Ramadhan . Tanpa niat yang ikhlas karean Allah swt maka puasanya akan sia – sia hanya mendapat lapar dan dahaga . Dan berdo’a ketika berbuka juga merupakan hal yang tidak kalah penting , karena berdo’a ketika akan berbuka juga merupakan bentuk syukur seorang hamba kepada Allah swt.

Semoga bermanfaat . . . .

adversitemens