Memahami Mukjizat Organ Tubuh Manusia Dalam islam

Mukjizat Organ Tubuh Manusia | ALLAH swt menciptakan kita manuisa dengan sedemikian rupa . Dan di balik penciptaaan itu , ada banyak mukjizat atau keajaiban yang tidak pernah terpikir atau tidak diketahui oeh kita sebagai manusia biasa . Ada banyak yang menjelaskan mengenai hal ini , namun tidak ada salahnya apabila pada kesempatan kali ini , kita membahasnya bersama . Tujuan bukan lain hanya untuk menambah ilmu serta untuk menambah keimanan kita kepada Allah swt . Dan juga supaya kita lebih bersyukur dengan apa yang telah Allah swt anugerahkan kepada kita .

Allah swt berfirman dalam QS.Al- Infithaar ayat 6- 8 :

Mukjizat Organ Tubuh Manusia

Dan dalam surah yang lain di jelaskan dalam QS. Adz- Dzariyat ayat 21 :

Mukjizat Organ Tubuh Manusia

adversitemens

Berikut adalah gambaran dari organ – organ tubuh yang terdapat di setiap tubuh manusia :

Mukjizat Organ Tubuh Manusia

Mukjizat Organ Tubuh Manusia

Berikut adalah beberapa fakta keajaiban dalam tubuh manusia :

  1. Dalam Otak manuisa terdapat sepuluh miliyah syaraf yang memiliki kemampuan merekam memori lebih dari 86 juta bite.

Dengan kata lain , otak manusia mampu merekam lebih dari 11 juta kata perhari . Dan berarti selama hidupnya , memory manusia mencapai 100 triliun bite atau sekitar 12,5 triliyun huruf . Subhanallah . . . .

2. Rangkaian otak manusia sangat kompleks

Para ahli syaraf baru – baru ini , menjelaskan bahwasannya rangkaian otak manusia memiliki 1400 kali lebih kompleks dari rangkaian telephon .

adversitemens

3. Sel darah merah yang terdapat dalam tubuh kita memiliki masa hidup selama 4 bulan dan selama hidup itu juga , sel darah merah tersebut menempuh perjalanan sepanjang 1.600 km dalam tubuh manusia .

4. Jantung manusia setiap hari mengeluarkan atau menghabiskan tenaga yang besarnya cukup untuk mengangkat beban seberat 1ton ke ketinggian 13 km. MasyaAllah . . . .

5. Di dalam otak manusia setiap detiknya juga terjadi pergantian beribu reaksi kimia , kurang lebih mencapai 100.000 reaksi .

6. Di dalam otak manusia juga terjadi impuls antar syaraf yang satu ke syaraf yang lain memiliki kecepatan 400km/jam atau proses menerima dan meneruskan serta penyebaran informasi dalam otak menempuh kecepatan 400km / jam ( tidak ada kata menunggu atau loading). Dapat kita bayangkan betapa cepatnya kerja syaraf otak kita . Pesawat ruang angkasa yang paling cepat pun lewat , Subhanallah . . . .

7. Setiap inci persegi dalam tubuh manusia dihuni rata – rata tiga puluh dua juta bakteri .

Jadi , bakteri yang terdapat dalam tubuh kita lebih banyak daripada populasi manusia yang hidup saat ini , bahkan ada yang menyebutkan 20 kali lebih banyak dibanding dengan pupulasi manuisa yang hidup saat ini .

8. Pada saat seseorang berbaring , maka tubuh kita menuntut untuk menghirup udara kurang lebih 8 quart per menit , ketika bangun dari tidur membutuhkan 16 quart , ketika berjalan 24 quart , dan ketika berlari memerlukan 50 quart.

Sedangkan 1 quart sama dengan 0,9463 liter, coba bayangkan setiap orang membutuhkan oksigen berapa liter perhari ? dan kita pun tidak sendirian di dunia ini . Dan dapat kita bayangkan apabila semua oksigen yang kita hirup harus di bayar . Berapa rupiah yang harus kita kluarkan . Akan tetapi dengan kebesaran Allah swt , kita geratis untuk menghirup nya .

9. Ketika seorang manusia , melakukan hubungan badan. Dan tenaga yang di dikeluarkan apabila di tukar dengan tenaga elektrik , tenaga yang dikeluarkan oleh seseorang yang berhubungan badan sama dengan 3.000 watt yang mampu untuk menghidupkan alat – alat elektronik seperti kulkan , televisi atau alat – alat elektronik yang lain . Subhanallah . . . .kita tidak pernah membayangkan akan hal ini .

10 . Mannusia , memiliki 125.000 helai rambut baru 

Tidak ada satu orang pun yang tidak setres ketika rambutnya rontok. Semua cara pun akan dilakukan supaya rambutnya tidak rontok lagi , bahkan ada yang rela mengeluarkan biaya besar . Namun  kita tidak mengetahui dan menyadari bahwa setiap 40 sampai 60 helai rambut yang rontok , 125.000 helai baru pun akan tumbuh . SubhanaALLAH…. Maka dari itu , seberapapun banyak rambut yang rontok ,rambut kita pun tidak akan habis.

11. Di dalam tubuh manusia , terdapat paru – paru yang fungsi untuk bernafas . Dan dalam paru – paru terdapat alveulus atau tempat bertukarnya karbon dioksida dengan oksigen . Dan di dalam paru – paru terdapat 300.000.000 alveulus , jika masing – masing alveulus dilebarkan dan disambung – sambungkan maka luas alveulus setara dengan luas permukaan 80 m persegi .SubhanaAllah . . .

12. Kita juga sebagai manusia ,memiliki hidung yang berfungsi untuk saluran pernafasan . Selain itu juga hidung kita berfungsi sebagai indra pencium . Di dalam rongga hidung juga terdapat 6 juta reseptor yang berupa reseptor olfaktori . Dan dengan begitu banyak reseptor maka hidung manusia mampu membedakan 18.000 jenis bau . MasyaAllah . . .

Subhanallah .  . . . Beegitu maha besar Allah , dan begitu detailnya Allah menciptakan kita manusia. Mahluk yang paling sempurna diantara mahluk – mahluk ciptaan Allah yang lain . Masih mengeluhkah kita ? dan masih merasa kalau kita berbeda dan tidak beruntung seperti orang lain ? dan apakah kita masih terlalu nuntut dengan apa yang kita dapat ? padahal Allah swt telah memberikan sebuah keajaiban di dalam diri kita serta Allah swt tidak menuntut dengan apa yang telah Alah berikan kepada kita mahlukya .

Dapat kita bayangkan sebagai contoh hal kecil soal bernafas . Apabila kita bernafas harus membayar , pasti yang dapat hidup hanyalah manusia yang kaya. Dan yang miskin harus menanggung kesengsaraan , karena tidak dapat bernafas . Namun , Allah swt bukanlah manusia yang semuanya serba uang . Allah swt membebaskan mahluknya untuk bernafas . Jadi , dengan penjelasan keajaiban organ tubuh manusia dalam islam di atas semoga dapat membantu kita untuk lebih bersyukur dengan apa yang telah kita dapat . Dan semoga ilmu kita bertambah , amin

adversitemens