Memahami Shalat Sunnah Wudhu Dalam Syariah Islam

Memahami shalat sunnah wudhu | Shalat sunnah wudhu adalah salah satu macam ibadah yang hukumnya sunnah. Shalat sunnah wudhu dikerjakan boleh siang atau malam yang penting setelah wudhu serta  tidak ada jeda panjang antara wudhu dengan shalat .

shalat sunnah wudhu

Doa setelah wudhu

shalat sunnah wudhu

Pengertian shalat sunnah wudhu

Shalat sunnah wudhu , yaitu shalat sunnah yang dikerjakan setelah selesai berwudhu yang sempurna .

Waktu melaksanakan shalat sunnah wudhu yaitu setiap selesai mengerjakan wudhu yang sempurna , lalu membaca do’a setelah wudhu baru dilanjutkan mengerjakan shalat wudhu

adversitemens

Apabila jarak antara wudhu dan shalat sudah terlalu lama maka tidak disunnahkan lagi untuk mengerjakan shalat sunnah wudhu . Adapun batas waktu nya ada beberapa pendapat yaitu :

  • pendapat ulama yang pertama mengatakan batas dari keduanya yaitu selama belum kering air wudhunya .
  • Pendapat ulama yang kedua mengatakan bahwa selama belum batal wudhunya .
  • pendapat ulama yang ke tiga mengatakan bahwa selama belum berpaling dari shalat tersebut.

Hukum mengerjakannya adalah sunnah , jadi apabila tidak dikerjakan maka tidak apa – apa dan tidak akan mendapat siksa ( dosa ) akan tetapi lebih baik lagi apabila dikerjakan , karena akan mendapat pahala .

Tata cara shalat sunnah wudhu

Tatacara shalat sunnah wudhu sama halnya dengan shalat pada umumnya . Yang membedakan hanya terletak pada niatnya .

Niat shalat sunnah wudhu 

shalat sunnah wudhu

Keistimewaan shalat sunnah wudhu

Shalat sunnah wudhu hukumnya sunnah akan tetapi shalat sunnah wudhu memiliki keutamaan atau keistimewaan di balik itu semua . Keutamaan atau keistimewaan shalat sunnah wudhu diantaranya , yaitu :

adversitemens
  1. Dapat menghapus dosa

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist Nabi swt :

shalat sunnah wudhu

 

2. Dijamin dengan surga

Hadist yang menjelaskan :

Nabi Muhammad saw bersabda : “Tidak ada dari seorang yang berwudhu ( kemudian )memperbaiki ( menyempurnakan ) wudhunya (lalu ) dia mengerjakan shalat dua raka’at , dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya  ( khusyu ) , kecuali wajib baginya surga ( masuk surga ). ” ( HR .Muslim )

 Telah dijelaskan diatas bahwa shalat sunnah wudhu walaupun termasuk kedalam shalat yang hukumnya sunnah , akan tetapi memiliki banyak pahala . Jadi , semoga kita dapat mengerjakan shalat sunnah wudhu secara rutin dan yang pasti yang ikhlas karena Allah swt .

Akantetapi apabila kita belum mampu untuk mengerjakannya maka hendaknya kita lebih giat lagi dalam mengerjakan shalat lima waktu karena merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim .

Demikian penjelasan mengenai shalat sunah wudhu dalam syariah islam . Semoga bermanfaat. Amin

adversitemens