Manfaat shalat subuh Bagi Kehidupan Seorang Muslim

Manfaat Shalat Subuh

Memahami Manfaat Shalat Subuh | Shalat subuh memiliki keistimewaan dibanding sholat fardu yang lainnya. Shalat subuh adalah shalat yang memiliki raka’at kecil yaitu 2 raka’at  serta waktunya pendek . Adzan shalat subuh juga berbeda sendiri dengan adzan shalat yang lainnya yaitu terdapat kalimat “ASshalatu khairumminannaum” yang artinya shalat lebih baik dibanding tidur .

Sebagian oang yang pasti bertanya – tanya kenapa pada saat tidur kita di perintahkan untuk shalat ? yang menanyakan seperti hal ini sebenarnya cuma orang – orang yang tidak tahu rahasia di balik shalat subuh . sebenarnya shalat subuh memeiliki banyak keistimewaan serta manfaat yang tak pernah kita sadari .

Hadist nabi menjelaskan :

Manfaat shalat subuh

adversitemens

Manfaat Shalat Subuh

Ada banyak  rahasia yang tidak banyak orang ketahui ,maka dari itu masih banyak orang yang malas menjalankan shalat subuh . Rahasia – rahasia itu adalah :

1.Alloh akan memberi cahaya yang sangat terang di hari kiamat kepada orang yang melakukan shalat subuh berjama’ah.

Bagi kaum laki – laki harus berjama’ah di masjid. Sedangkan kaum perempuan  walaupun shalat di masjid juga tidak di larang ,tetapi lebih besar pahalanya apabila shalat di rumah . Cahaya yang Alloh berikan sangat terang dan tidak akan hilang ketika orang tersebut menyebrangi sirath al-mustakim dan akan mengikutinya sampai di surga .

Hadis yang menjelskan :

Manfaat shalat subuh

2. Mendapat pahala yang besar

Banyak hadist yang menjelaskan luarbiasanya pahala shalat subuh ,diantaranya :

Rasulullah saw bersabda : ” Barang siapa yang shalat isya berjama’ah maka seolah – olah ia telah shalat malam selama sepuluh malam . Dan barang siapa yang mengerjakan shalat subuh maka seolah – olah ia telah menjalankan shalat seluruh malam – malamnya . ” ( HR.Muslim )

adversitemens

3.Meninggalkan shalat mendapatkan hukuman berat .

Rosulullah menjelaskan bahwa seseorang yang memilih tidur dan meninggalkan shalat wajib akan mendapat hukuman yang sangat berat dari Alloh swt. Penyebab terbesar seseorang meninggalkan shalat subuh yaitu tidur .

4.Shalat subuh juga memiliki manfaat secara medis

Di dalam tubuh kita sebagai manusia terdapat sistim syaraf otonom atau syaraf yang tetap bekerja tanpa komando dari otak. Tubuh manusia juga  memiliki irama tubuh yang di sebut dengan irama sirkadian. Irama sirkadian yaitu irama yang terjadi sejak pukul 3 dini hari yang menyebabkan peningkatan adrenalin .Adrenalin sebenarnya  terjadi ketika stres dan saat beraktifitas yang tinggi .Peningkatan adrenalin dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh otak yang menjadikan berkurangnya suplay oksigen ke otak  ,sehingga kita merasa ngantuk dan suilit untuk bangun,hal ini juga dapat mengakibatkan pembekuan darah yang  membentuk trombus, dan mengganggu sistem kardiovaskuler.

Zat nitrit oksida dapat mencegah terjadinya trombus ,zat ini di hasilkan pada saat seseorang tidur dan dapat meningkat pada saat kita bangun pagi ,jalan kaki menuju masjid untuk shalat subuh .Serta gerakan shalat pada shalat subuh dapat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari hal – hal diatas yang telah di jelaskan .

5.Kelancaran aktifitas pada hari itu diawali dari waktu subuh .

Apabila kita tidak melaksanakan shalat subuh , maka aktifitas kita selanjutnya pasti akan berantakan. Contohnya yaitu di kota – kota besar apabila tidak berangkat awal maka akan kejebak macet , bagi para pelajar apabila meninggalkan shalat subuh maka yang  akan terjadi selanjutnyaadalah kesiangan dan tergesa – gesa saat berangkat sekolah ,bahkan bisa jadi terlambat .

Urusan duniawi seiring dengan waktu shalat, bukan shalat yang seiring dengan waktu duniawi .

Apabila aktifitas kita diawali dengan beribadah kepada Alloh ( shalat subuh ) maka selanjutnya kita juga akan di mudahkan segala urusan oleh Alloh swt. Hal ini di jelaskan di dalam Qs Muhammad ayat 7 dan QS Al-Hajj ayat 40

QS.Muhammad ayat 7:

Manfaat shalat subuh

QS.Al- Hajj ayat 40 :

Manfaat shalat subuh

Subhanalloh , begitu banyak rahasia di balik shalat subuh .Maka dari itu mari kita jangan bermalas- malasan lagi untuk mengerjakan shalat subuh serta shalat wajib lainnya,karena begitu banyak manfaat dari shalat lima waktu yang tidak kita sadari. ALLOH swt memerintahkan kita untuk shalat juga memiliki tujuan tertentu bahkan tujuan yang sangat menguntungkan bagi kita .

adversitemens