Manfaat Shalat Ashar Bagi Kehidupan Seorang muslim

Manfaat shalat ashar |Manfaat shalat ashar banyak yang tidak di ketahui oleh seorang muslim.Manfaat shalat ashar dapat dirasakan langsung di dunia bahkan kelak di akhirat.Akan tetapi banyak seseorang yang masih sering mengerjakan shalat ashar di akhir waktu bahkan tidak mengerjakan samasekali . Hal ini sangat di larang dan orang yang melakukan hal ini termasuk orang yang sangat rugi. Mengapa demikian ? karena di balik perintah shalat ashar , Alloh swt selalu memiliki suatu rahasia di balik rahasia , yang terkadang manusia tidak menyadarinya .

shalat ashar

Dasar perintah shalat ashar

Dalil naqli yang menjelaskan tentang shalat Ashar yaitu terkandung di dalam QS.Al- Baqarah ayat 238:

shalat ashar

pengertian bahwa shalat wustha adalah shalat ashar yaitu terkandung di dalam hadist nabi di bawah ini :

adversitemens

shalat ashar

Dalam sebuah hadist juga di jelaskan ,Rosulullah bersabda :

“Mana kala shalat ashar adalah waktu dimana Nabi Adam a.s. memakan buah huldi . Ini sebagai pengingat untuk seluruh umat islam agar tidak melakukan dosa seperti yang dilakukan nabi adam , dan semoga orang mukmin yang mengerjakan shalat ashar akan diampuni seperti bayi baru lahir .”

Manfaat shalat ashar

Ada banyak manfaat shalat ashar yang di jelaskan dalam al – qur’an dan hadist , manfaat dari shalat ashar yaitu diantaranya :

  1. Balasan mengerjakan shalat ashar yaitu syurga

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist :

shalat ashar

adversitemens

2. Orang yang mengerjakan shalat ashar akan mendapatkan pahala dua kali lipat .

Penjelasan ini berdasar dari hadist Nabi muhammad saw :

shalat ashar

3. Seseorang yang menjaga shalat ashar  akan diharamkan api neraka baginya .

Hadist yang menjelaskan hal ini yaitu :

shalat ashar

4. Seseorang yang menjalankan shalat ashar maka akan di mudahkan melihat dzat Alloh swt tanpa berdesakan di syurga .

Hadist yang menjelaskan :

shalat ashar

5. Shalat ashar bermanfaat secara medis dan psikis

Shalat ashar dilaksanakan di waktu dimana kebanyakan orang mengakhiri sebuah pekerjaan . Di waktu itupun seseorang merasa lelah dan emosi meningkat karena beban pekerjaan seharian yang sangat banyak . Ada pula di waktu ini merupakan awal pergantian pekerjaan . Maka dengan shalat ashar mampu melancarkan peredaran darah, sehingga   yang awalnya sudah malas dan lelah bahkan emosi sudah memuncak akan kembali fres dan rilex . Dan bagi yang baru akan mulai bekerja akan lebih semangat menjlani aktivitasnya .

Balasan orang yang menunda shalat ashar

Dalam kehidupan sehari – hari tentu terkadang kita banyak pekerjaan yang menyita waktu .Walaupun demikian sebagai seorang muslim kita tidak boleh meninggalkan kewajiban kita untuk beribadah salah satunya yaitu mengerjakan shalat ashar .

Seseorang yang mengerjakan shalat ashar di akhir waktu dikarenakan sebab tertentu yang sangat darurat dan hanya sesekali  maka shalatnya akan tetap syah walaupun hanya satu raka’at , hal ini di jelaskan rasulullah saw dalam suatu hadist :

shalat ashar

Beda halnya dengan seseorang yang senang yang tiap harinya suka menunda – nunda padahal dirinya sempat maka orang ini termasuk kedalam ciri – ciri orang Munafik . Rosulullah saw bersabda :

shalat ashar

Balasan bagi orang yang meninggalan shalat Ashar

Orang yang meninggalkan shalat ashar ia akan mendapatkan dosa yang sangat besar dan akan terhapus amal perbuatannya  , sampai – sampai di gambarkan seperti kehilangan seluruh keluarganya dan harta bendanya .

Rosulullah saw bersabda dalam suatu hadist :

shalat ashar

Dan dijelaskan juga dalam suatu hadist :

shalat ashar

Masih tetap meninggalkan shalat ashar ,walau sudah mengetahui apa saja manfaat dari shalat ashar dan bahaya meninggalkannya ? tentu tidak kan. Semoga setelah membaca ini sesibuk – sibuk nya kita , kita tetap ingat kepada kewajiban kita sebagai seorang hamba menjalankan ibadah kepada Alloh swt.

adversitemens