Memahami Makna Dan Hikmah Haji Bagi Seorang Muslim

Memahami makna dan hikmah haji | Apabila ada seseorang melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tuntunan islam , maka akan memperoleh makna dan hikmah haji yang sesungguhnya . Orang yang telah melakukan ibadah haji , maka orang tersebut merupakan orang yang sangat beruntung . Karena ibadah haji adalah ibadah yang sangat diidam – idamkan oleh seluruh umat islam di dunia . Lalu apa makna dari rangkaian ibadah yang terdapat dalam ibadah haji ? dan apa hikmah dari ibadah haji ? mari kita pelajari bersama .

makna dan hikmah haji

 

Makna Haji

Para Ulama , menjelaskan bahwa makna dari ibadah haji adalah sebagai berikut :

  1. Ihram

Ihram merupakan makna atau lambang kesucian dari diri manusi untuk menghadap Allah swt  yang maha Agung . Dalam ihram , pakaian yang digunakan semuanya berwarna putih dan modelnyapun sama , itu semua memiliki makna kesetaraan manusia di hadapan Allah swt tidak ada perbedaan , atau menghindarkan diri dari sikap diskriminasi .

adversitemens

2. Ucapan atau bacaan Talbiyah

Makna dari ucapan atau bacaan talbiyah ,memiliki makna atau melambangkan sikap patuh dan tunduk seorang hamba kepada penciptaNya.

3. Thawaf dan Sa’i

Thawaf dan sa’i , memiliki makna sebagai lambang kesetiaan berjuang seorang hamba untuk mencari Ridha Allah swt .

4. Wukuf

Wukuf , memiliki makna sebagai lambang  kepasrahan seorang hamba kepada Allah swt yang maha kuasa .

5. Melontar Jumrah

Melontar jumrah , memiliki makna sebagai lambang kebencian terhadap semua  perbuatan tercela sebagai hasil tipu daya setan .

Hikmah Ibadah Haji

Hikmah ibadah haji telah banyak dijelaskan dalam Al-qur’an dan hadist , hikmah dari ibadah haji diantaranya yaitu:

  1. Dapat menghapuskan Dosa

makna dan hikmah haji

adversitemens

Dan ada hadist lain yang menjelaskan bahwa ,tidak hanya orang yang sedang haji saja yang akan di ampuni oleh Allah swt , tetapi orang yang didoakan oleh orang yang haji juga akan diampuni oleh Allah swt . Rasulullah saw bersabda :

makna dan hikmah haji

2. Menambah tebalnya iman di dalam hati .

Seorang yang telah melakukan ibadah haji , maka dalam hidupnya akan lebih baik dan akan meningkatkan keimanan kepada Allah swt  dan lebih taat lagi dalam menjalankan ibadah serta melakukan semua aturan – aturan Allah swt .

3.Menambah semangat persatuan dan kesatuan umat islam.

Dengan adanya persamaan amalan dalam rangkaian ibadah haji , maka akn menumbuhkan sikap kesatuan dan persatuan antar umat islam seluruh dunia .

4. Menghindarkan diri dari sikp diskriminasi

 Dengan kesatuan warna dan bentuk pakaian akan dapat mendidik dan menyadarkan manusia agar memiliki makna persamaan derajat , sehingga akan terwujud kerukunan hidup dan kesetiakawanan sosial .

5. Saling bertukar fikiran soal permasalahan agama dimasing – masing negara.

 Berkumpulnya jama’ah haji di tanah suci , sebagai muktamar akbar bagi umat islam dari seluruh penjuru dunia , sehingga kesempatan itu dimanfaatkan untuk saling tukar informasi perihal dakwah islamiyah di masing – masing negaranya .

6. Menumbuhkan semangat berkurban .

Berkurban yang dimaksud yaitu , pada saat melakukan ibadah haji dan umrah memerlukan pengurbanan baik tenaga , pikiran , biaya , kesabaran , ketabahan , dan keuletan , dalam menghadapi segala macam godaan dan rintangan .

7. Mengenal tempat – tempat bersejarah

Tempat – tempat sejarah tersebut adalah :seperti Baitullah , Bukit safa dan Marwa , Gua Hira , Sumur Zam- Zam, Mekah , Madinah , Arafah , dan Mina .

8. Mendorong ke arah kebaikan , kesucian , keikhlasan hati untuk beribadah hanya karena Allah swt .

Dengan menuanikn ibadah haji , maka seseorang akan menjadi lebih ikhlas dan semangat untuk beribadah kepada Allah swt . Dan akan meninggalkan semua perbuatan yang menuju ke arah kesenangan duniawi dan kemaksiatan .

9. Mendorong solidaritas antar sesama umat muslim .

Waktu ibadah haji seluruh umat islam di dunia sama .Dengan hal itu , semua umat islam berkumpul menjadi satu , dan merasa memiliki tujuan yang sama sehingga akan menumbuhkan rasa saling peduli satu sama lain antar sesama muslim .

10 . Meningkatkan kedisiplinan .

Dengan menjalankan ibadah haji , maka dalam beribadah akan lebih teratur baik shalat wajib , shalat sunnah ataupun rangkaian ibadah haji baik rukun , wajib dan sunnah haji .

Sesungguhnya , segala sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan tata aturan maka akan merasakan hikmah dan makna yang sesungguhnya . Begitupun dengan ibadah haji , apabila seorang jama’ah haji melakukan semua rangkaian ibadah sesuai dengan aturan , tidak melakukan hal – hal yang dilarang maka orang yang melakukan ibadah haji pasti akan merasakan makna dan hikmah dari ibadah haji tersebut . Sesungguhnya Allah swt bersama orang – orang yang ikhlas dan sungguh – sungguh dalam beribadah .

adversitemens