Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Syariat Islam

Kewajiban Suami

Kewajiban Suami Terhadap Istri | Hak dan kewajiban antara suami dan istri merupakan hal yang perlu untuk difahami . Karena keharmonisan atau kerukunan keluarga salah satunya yaitu antara suami dan istri mengetahui apa kewajibannya terhadap pasangannya , dan janganlah hanya saling menuntut haknya masing – masing . Hak seorang istri merupakan kewajiban bagi suami . Namun hak seorang suami lebih tinggi satu tinggat dibanding istri. Jadi dengan kata lain , suami dan istri sama – sama memiliki kewajiban . Dan pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajarinya bersama mengenai apa saja yang termasuk kedalam kewajiban seorang suami menurut syariat islam .

Kewajiban Suami Terhadap Istri

  1. Membayar  Maskawin 

Membayar maskawin atau mahar  bukanlah syarat wajib dari suatu perkawinan , namun mahar atau maskawin merupakan kewajiban yang harus diberikan kepada istrinya . Hal ini dijelaskan dalam QS.An- Nisa ayat 4 :

Kewajiban Suami

Dari penjelasan di atas , seorang laki – laki wajib mengeluarkan maskawin atau memberi mahar kepada isrinya  dengan penuh kerelaan . Artinya , mahar yang dikeluarkan tidak ada paksaan atau keterpaksaan .

adversitemens

2. Meberi nafkah

Nafkah merupakan kewajiban seorang laki – laki , baik suami terhadap istrinya , ayah kepada anknya ataupun tuan terhadap budaknya .  Memberi nafkah meliputi pakaian , makanan dan tempat tinggal .

Jadi , memberi nafkah adalah suatu kewajiban suami terhadap istrinya .

3. Menggauli istrinya dengan baik 

Yang dimaksud dengan menggauli istrinya dengan baik yaitu seorang suami menggauli istrinya dengan penuh kasih sayang , tidak kasar , tidak zalim dan pengertian .

4. Memberikan pengertian dan mengajarkan  ilmu agama terhadap istrinya 

adversitemens

Seorang suami wajib untuk memberikan pengertian terhadap istrinya . Serta seorang suami wajib mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada istrinya .

5. Menjaga istrinya dengan baik 

Seorang suami juga wajib menjaga istrinya dengan baik dari hal – hal yang membahayakannya . Serta harus menjaga kehormatan istrinya .

6. Mendidik istri ketika melenceng dari jalan yang Allah swt tentukan 

Ketika seorang istri melanggar aturan agama , atau bertingkah laku yang melenceng dari syariat . Maka suami wajib mengingatkan dan menuntunnya supaya kembali ke jalan yang benr . Bukan malah tambah di jerumuskan , atau bahkan di tinggalkan supaya sang suami  lepas tanggung jawab .

7. Tidak membuka aib istri 

Seorang laki – laki yang telah menjadi seorang suami , maka hedaknya tidak membeberkan aib istriya kepada siapapun walaupun itu kepadaorang tuanya . Karena ketika dua orang insan yang telah berkeluarga atau telah terjalin tali pernikahan , maka ke duanya harus saling dapat menutup rahasia dan menerima satu sama lain baik itu suami atau istri .

9. Tidak menganiyaya istri

Seorang suami , tidak boleh melakukan kekerasan kepada istrinya . Karena seorang wanita adalah mahluk yang sangat lebut . Apabila seorang istri melakukan sebuah kesalahan , jika masih bisa dibicarakan baik – baik maka ingatkan dia dan gunakan perlakuan yang penuh kasih sayang .Jangan malah menganiyaya dia tanpa ada alasan yang jelas , apalagi menganiyaya untuk meluapkan amarah .

Semua pasangan yang telah membina rumah tangga tidak ada yang terhindar dari suatu masalah . Akan tetapi ketika keduanya saling ngerti dan ttidak saling egois maka bukan tidak mungkin rumahtangganya akan selalu harmonis dan mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya .

Jadi , antara suami istri memiliki hak dan kewajiban yang sama . Namun , perlu diingan bahwa kedudukan suami lebih tinggi satu tingkat di banding istri . Karena suami merupakan pemimpin wanita , namun seorang suami tidak boleh menyalah artikan . Karena walaupun suami pemimpin istri maka jangan seenaknya dalam memperlakukan istri . Semoga bermnfaat dengan penjelasan kewajiban suami terhadap istri menurut syariat islam di atas . Amin

adversitemens