Memahami Hak Dan Kewajiban Sesama Muslim Dalam Islam

Kewajiban Sesama Muslim

Kewajiban Sesama Muslim | kewajiban sesama muslim merupakan suatu hal yang harus dilakukan antara muslim yang satu dengan muslim yang lain . Hak dan kewajiban sesama muslim telah dijelaskan dan diajarkan sejak zaman Rasulullah saw dan banyak terkandung dalam Hadist Nabi .Lalu apa sajakah yang termasuk dalam hak dan kewajiban sesama muslim ? Diantara kita pasti banyak yang telah memahaminya. Namun,tidak menutup kemungkinan masih banyak diantara kita yang belum memahaminya serta baru faham dan belum mengamalkannya . Jadi , tidak ada salahnya apabila pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajari bersama mengenai apa saja hak dan kewajiban sesama muslim yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw .

Hak Dan Kewajiban Sebagai Sesama Muslim

Hak dan kewajiban sebagai sesama muslim , telah banyak di jelaskan dalam Hadist . Berikut adalah beberapa hadist yang menjelaskan apa saja yang termasuk kedalam hak dan kewajiban antara muslim yang satu dengan yang lainnya :

Kewajiban Sesama Muslim

kewajiban Sesama Muslim

adversitemens

Dari Hadist di atas dapat kita simpulkan bahwasannya hak dan kewajiban kita sebagai sesama muslim ada 6 perkara atau ada 6 hal yang wajib untuk kita laksanakan ,berikut adalah penjelasan secara rinci apa saja yang merupakan hak dan kewajiban sebagai sesama muslim :

  1. Mengucapkan Salam dan Menjawab salam

Mengucapkan salam hukumnya sunnah yang sangat dianjurkan ,mengapa demikian ? karena dengan mengucapkan salam , maka akan tumbuh rasa saling cinta antar sesama muslim . Dan membalas salam merupakan fardu kifayah yang artinya hukumnya wajib bagi , namun kewajiban itu gugur apabila telah dilakukan oleh salah satu muslim dan apabila yang lainnya melakukannya itu lebih baik . Contohnya dalam sebuah forum , ada seorang muslim yang baru datang dan dia memberikan salam. Maka apabila satu orang yang di forum itu telah menjawab , maka yang lainnya telah gugur kewajibannya untuk menjawab salam muslim yang baru datang tersebut , namun tidak ada larangan apabila yang lainnya juga menjawabnya .

Lafadz salam , yang di sunnahkan adalah :

Kewajiban Sesama Muslim

( ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKAATUH )

Artinya : ” Semoga Keselamatan , Rahmat Allah dan BerkahNya tercurah kepadamu .”

adversitemens

Dengan Mengucapkan salam , maka akan tumbuh rasa cinta kita terhadap sesama muslim yang lain, berikut adalah dasar hukumnya :

Kewajiban Sesama Muslim

Rasulullah saw , selalu mengucapkan salam kepada siapapun yang beliau temui , bahkan kepada anak – anak juga Rasulullah saw memberikan salam .

Etika memberikan salam

Salam yang disunnahkan adalah yang muda memberikan salam kepada yang tua , yang dalam keadaan lebih sedikit memberikan salam kepada yang lebih banyak , dan bagi yang sedang menaiki kendaraan memberi salam kepada yang sedag jalan kaki . Akan tetapi , apabila yang lebih utama memberikan salam tidak memberikan salam maka diantaranya harus ada yang memberikan salam , supaya sunnah Rasulnya tidak hilang .

Perhatikan hadist di bawah ini :

Kewajiban Sesama Muslim

Sedangkan , kalimat yang diucapkan dalam menjawab salam adalah :

Kewajiban Sesama Muslim

Artinya : “

Perhatikan Firman Allah swt , berikut ini :

Kewajiban Sesama Muslim

Jadi , dari firman Allah swt dalam QS.An- Nisa ayat 86 dpat disimpulkan bahwasannya apabila kita mendapatkan salam , maka kita tentu harus menjawabnya atau membalasnya. Salam merupakan do’a dan meripakan suatu penghormatan kepada kita .

2. Memenuhi Undangan 

Undangan ? hhhhmmm siapa yang belum pernah mendapatkan undangan ? tentu sudah pernah mendapatkannya kan ? apa yang anda lakukan ? memenuhinya atau bahkan mengacuhkannya ? apabila yang anda lakukan adalah memenuhinya itu berarti anda telah benar . Berikut penjelasan mengenai hukum memenuhi undangan dari sesama muslim .

Memenuhi undangaan hukumnya adalah sunnah muakad , yang artinya sunnah yang sangat dianjurkan . Selain itu memenuhi undangan juga dapat menumbuhkan rasa saling cinta sesama muslim dan dapat mempererat hubungan kita sebagai sesama muslim . Perhatikan Hadist dibawah ini :

Kewajiban Sesama Muslim

Subhanallah , hadist diatas menunjukkan bahwasannya begitu pentingnya dan sangat dianjurkan sekali dalam memenuhi undangan dari orang lain ( sesama muslim ).

3. Saling Menasehati Dan Mengingatkan

Apabila ada seseorang datang kepada kita , lalu curhat mengenai masalah kepada kita dan meminta nasihat kepada kita . Hendaknya kita memberikan nasihan dan berikan solusi yang terbaik . Dan apabila orang tersebut datang tanpa meminta nasihat , akan tetapi kita tahu bahwasannya dia sedang mengalami masalah ,hendaknay kita berikan nasihat yang dapat sedikit meringankan masalahnya . Begitu juga ketika seseorang tidak dalam keadaan memiliki masalah , namun kita tahu bahwasannya yang dia sedang lakukan merupakan hal yang melanggar syariat islam ,maka tentu kita harus langsung mengingatkannya . Tentuu saja nasihat yang kita berikan harus berdasrkan pada AL-Qur’an dan Hadist .

4.Saling mendo’akan ketika bersin

Yang dimaksud saling mendo’akan ketika bersin yaitu ketika bersin , kita harus membaca ” ALKHAMDULILLAH “, Dan bagi yang mendengarnya membaca ” YARKHAMUKALLAH ” , Dan selanjutnya yang bersin membaca ” YAHDIKUMULLAH WA YUSLIH BALAKUM “.

Perhatikan Hadist Dibawah ini :

Kewajiban Sesama Muslim

Apabila mengalami bersin sebanyak tiga kali , maka keempat kalinya yang mendengar harus mengucapkan “AAFAKALLAH “(Semoga Allah menyembuhkanmu ) , kalimat ini sebagai ganti dari Yarkhamukallah .

5. Membesuk Orang sakit 

Membesuk atau menjnguk orang sakit merupakan kewajiban bagi muslim yang sehat dan hak bagi muslim yang sedang sakit . Membesuk orang sakit sangat dianjurkan apalagi yang sedang sakit masih memiliki hubungan keluarga, teman atau tetagga .

Etika dalam membesuk orang sakit adalah tergantung dari yang sedang sakit . Wajib bagi kita untuk mendo’akan supaya cepat sembuh dan wajib memberi semangat agar cepat sembuh serta tidak lupa untuk menghiburnya dan mengingatkan untuk bertaubat tanpa menakutinya serta mengingatkan untuk tidak berputus asa dan menyalahkan keadaan .

6. Mengantar Jenazah 

Megantarkan jenazah adalah hal yang termasuk menjadi hak seorang muslim terhadap saudaranya dan merupakan kewajiban bagi muslim yang masih hidup . Mengantarkan jenazah merupakan hal yang dapat mendatangkan pahala yang sangat besar . Hal ini dijelaskan dalam sebuah Hadist :

Kewajiban Sesama Muslim

Subhanallah , begitu besar pahala yang dapat kita dapat hanya dengan mengantar jenazah orang lain ( sesama muslim ) .

Demikian penjelasan mengenai hak dan kewajiban sesama muslim dalam islam . Sesungguhnya masih banyak , yang termasuk kedalam hak dan kewajiban kita sebagai sesama muslim , namun hal yang enam di atas merupakan hal yang paling diutamakan karena tercantum dalam Al-qur’an dan Hadist . Dan yang perlu kita ingat , bahwasannya kita semua adalah saudara. Karena Rasulullah menjelaskan bahwasannya kita sebagai sesama muslim adalah saudara. Semoga dengan penjelasan di atas, kita lebih menjadi muslim sejati dan pribadi yang tidak egois serta lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah swt . Amin

adversitemens