Kewajiban Menutup Aurat Bagi Seorang Muslim

Kewajiban Menutup Aurat | Kewajiban menutup aurat merupakan kewajiban bagi seluruh muslim baik muslim laki – laki atupu perempuan . Akan tetapi , pada zaman modern seperti saat ini . Menutup aurat dianggap sebagai  hal yang sangat aneh , tidak gaul lah dan anggapan – anggapan salah lainnya . Pada saat sekarang , banyak seorang wanita yang keluar tanpa berhijab , bahkan ada juga yang memakai pakaian mini . Dan yang sangat disayangkan , setelah ditanya dia merupakan orang islam .  Lalu bagi dia , islam itu apa?apakah hanya untuk sebuah status di ktp. Na’udzubillah . . . . .Pada kesempatan kali ini , saya akan menjelaskan apa itu aurat dan bagaimana islam mengajarkan kepada kita mengenai tata cara menutup aurat dan apa saja yang akan terjadi bagi seseorang yang tidak menutup aurat ? Mari kita pelajari bersama .

Sebelum kita mempelajari kewajiban menutup aurat lebih dalam , maka kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari aurat .

Aurat adalah bagian tubuh seseorang yang tidak boleh diperlihatkan dan ditampakkan kepada orang lain yang bukan mahramnya .

Kewajiban Menutup Aurat

Perintah tentang wajibnya menutup aurat yaitu terkandung dalam QS. An- Nur ayat 31

Kewajiban Menutup Aurat

adversitemens

Dengan demikian , sudah dapat dibayangkan begitu wajibnya kita untuk menutup aurat kita . Allah swt sendirilah yang langsung memerintahkannya . Subhanallah . . .

Dan Rasulullah saw juga menjelaskan bahwasannya , memelihara rasa malu merupakan bagian penyempurna iman seseorang . Dengan kata lain , dengan menutup aurat berarti orang tersebut merasa malu dan otomatis menyempurnakan imannya .

Batasan – Batasan Aurat 

A. Batasan aurat laki – laki dan perempuan secara umum :

  • Aurat laki – laki , yaitu antara pusar sampai dengan lutut .
  • Aurat Perempuan , yaitu seluruh anggota badan kecuali muka dan telapak tangan.

B. Batasan – batasan aurat laki – laki dan perempuan menurut para ulama

Dalam hal batasan – batasan aurat , para ulama memiliki beberapa pendapat yang berbeda – beda , berikut adalah beberapa pendapat dari para ulama :

adversitemens
  • Aurat laki – laki terhadap sesama lelaki

Dalam masalah ini , pendapat ulama yang paling kuat adalah pendapat dari jumhur ulama bahwasannya aurat laki -laki adalah antara pusar dan lutut .

  • Aurat Laki – laki terhadap wanita

Batasaan aurat laki – laki terhadap wanita baik mahramnay ataupun bukan , yaitu sama dengan batasan aurat antar laki – laki . Jadi , para wanita boleh untuk melihat laki – laki lain kecuali auratnya .

  • Aurat laki – laki terhadap istrinya

Suami merupakan mahram dari istri setelah adanya pernikahan . Jadi tidak ada larangan bagi istri ataupun suami untuk melihat seluruh anggota badan pasangannya .

  • Aurat perempuan terhadap laki – laki yang bukan mahramnya

Batas aurat perempuan terhadap laki – laki yang bukan mahramnya yaitu seluruh anggota badan kecuali muka dan telapak tangan .

  • Aurat perempuan terhadap mahramnya

Yang dimaksud mahram disini adalah kerabat , nasab atau hubungan persusuan . Batasan aurat perempuan terhadap mahramnya yaitu mahramnya diperbolehkan melihat seluruh anggota badan perempuan yang nampak ketika di rumah , meliputi tangan , kaki , wajah , leher , lengan , betis atau dengan kata lain semua anggota wudhu .

  • Aurat Wanita terhadap wanita lain

Batasan aurat antara wanita dengan wanita yang lainnya yaitu sama dengan batasan aurat wanita dengan mahramnya , yaitu boleh melihat bagian tubuh yang terkena air wudhu .

Perhatikan Firman Allah swt berikut :

Kewajiban Menutup Aurat

Setelah kita tahu bahwa menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslim , dan kita juga sudah tahu batasan – batasan aurat baik laki – laki ataupun perempuan . Pasti terlintas pertanyaan , apa sih yang melatar belakangi adanya perintah tentang kewajiban menutup aurat ? dan apa sih hikmahnya ? dan apa saja adzab bagi yang tidak menutup aurat ?Berikut adalah jawaban dari pertanyaan – pertanyaan di atas .

Latar belakang yang menyebabkan diwajibkannya menutup aurat :

  • Mentaati Perintah Allah swt
  • Untuk menjaga kehormatan diri seseorang
  • Untuk menjaga harga diri dan kesopanan
  • Menghindari perbuatan zina
  • Sebagai jati diri ( untuk membedakan orang muslim dan non muslim )

Hikmah Menutup aurat 

Hikmah menutup aurat secara umum , baik bagi kaum laki – laki atupun perempuan :

  • Memuliakan manusia sebagai mahluk Allah swt yang paling istimewa
  • Membentuk diri seseorang menjadi pribadi yang beradab
  • Menjauhkan diri seseorang dari fitnah
  • Melahirkan masyarakat yang berakhlakulkarimah serta beradab

Kewajiban Menutup Aurat

Hikmah atau manfaat menutup aurat ( berhijab ) bagi kaum perempuan 

Cara menutup aurat bagi kaum perempuan yaitu menggunakan hijab . Namun , di zaman modern seperti ini orang yang berhijab malah dianggap aneh bahkan ada yang menyebutkan menghalangi kebebasan perempuan . Namun pada aslinya , dengan berhijab seorang muslim tidak akan terhalang dalam mengeksplor kemampuannya serta tidak menghalangi interaksi sosialnya dengan orang lain . Berhijab hanyalah untuk mengatur hal mana yang pantas untuk dilakukan atau yang tidak . Pada dasarnya , berhijab bertujuan untuk menjaga kehormatan seorang perempuan . Dan pada masa sekarang juga banyak muslimah yang memakai hijab tetapi tidak memenuhi kriteria dalam syariah islam , mengapa hal ini terjadi ? sesunnguhnya mereka – mereka hanyalah tidak memahami bagaiman berhijab yang baik dan benar . Berpakaian yang baik dan benar yaitu berpakain dengan tujuan menutup aurat , serta mengenakan pakaian yang tidak ketat serta tidak transfaran . Dibalik perintah berhijab , ada banyak hikmah dibaliknya .

Berikut adalah hikmah dari perintah berhijab :

  1. Terhindar dari adzab Allah swt

Perhatikan Hadist dibawah ini :

Kewajiban Menutup Aurat

Dari hadist di atas , dapat disimpulkan bahwasannya dengan berhijab yang sesuai syariat islam maka akan menolong seorang wanita dari siksa api neraka .

2. Menghindarkan diri dari pelecehan

Banyak diberita , bahwasannya banyak seorang wanita yang mengalami pelecehan seksual . Hal ini sebenarnya diakibatkan dari tingkah laku si wanitanya . Mereka mengumbar aurat yang menjadikan seorang laki – laki tergoda. Sesungguhnya wanita adalah fitnah dunia ( godaan ).

Kewajiban Menutup Aurat

3. Dapat memelihara kecemburuan seorang pria

Sifat pencemburu adalah sifat yang diturunkan oleh Allah swt kepada para kaum pria supaya para pria mampu menjaga harga diri wanita yang menjadi mahramnya .

Dengan berhijab , maka seorang wanita mampu membuat suaminya merasa selalu merasa tenang dan tentram serta tidak akan menimbulkan rasa cemburu buta .

4. Dengan berhijab maka menunjukkan sebagai bidadari syurga

Seorang wanita yang berhijab , maka akan menjadikan dirinya selalu menjaga sikap malu , menundukkan mata , menjaga kehormatan diri , serta tidak pernah tersentuk laki – laki kecuali mahramnya . Dan sifat ini menunjukan sebagai  bidadari dari syurga .

5. Mencegah penyakit dan terhindar dari penuaan dini

Dengan berhijab , maka seseorang akan terlindung dari sinar matahari yang dapat merusak kulit . Serta dengan berhijab maka seseorang akan selalu memancarkan kecantikannya dari dalam diri , sehingga akan selalu terlihat awet muda .

Adzab Bagi yang tidak menutup aurat 

Adzab yang diakibatkan bagi kaum muslim yang tidak menutup aurat adalah masuk neraka . Dan dalam peristiwa mi’raj , Rasulullah saw menjelaskan bahwa :

  1. Rambutnya tergantung dengan otaknya mendidih , ini merupakan balasan bagi perempuan yang tidak mau untuk menutup auratnya ( rambutnya )
  2. Wanita menangis dalam neraka dan tidak ada yang dapat menolongnya , ini balasn bagi wanita yang berhias bukan untuk suaminya
  3. Bermuka hitam dan memamah isi perutnya sendiri , ini merupakan balasan bagi wanita yang sering menggoda dan menggairahkan seorang laki – laki
  4. wanita tergantung di pohon zakum, lalu api neraka membakarnya sampai dagingnya terbakar , ini merupakan balasan bagi seorang yang minum 0bat – obatan untuk menggugurkan janin .

Selain empat hal yang dijelaskan di atas , dalam peristiwa mi’raj masih banyak yang dijelaskan sebagai gambaran siksaaan bagi kaum muslim yang melanggar perintah dan larangan Allah awt . Yang dijelaskan di atas merupakan penjelasan secara umum .

MasyaAllah . . . . . Begitu pedihnya adzab bagi seorang muslim yang tidak mau menutup aurat . Siapa yang masih mau untuk masuk neraka ? kalau aku sih tidak . Mari sebelum terlambat , rubahlah kebiasaan buruk kita dan berusahalah menutup aurat seperti yang telah diperintahkan Allah swt dan dicontohkan Rasulullah saw .Dan kewajiban menutup aurat adalah kewajiban bagi semua muslim baik kaum laki – laki ataupun perempuan .Semoga kita senantiasa terhindar dari siksa api neraka . Amin

adversitemens