Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Seorang Muslim

Shalat tahajud merupakan sebuah amalan sunnah yang dikerjakan di malam hari . Walaupun merupakan amalan sunnah , namun ada banyak keutamaan shalat tahajud yang dapat di rasakan oleh seorang muslim yang rutin mengerjakannya . Di dalam Al- Qur’an dan hadist juga banyak terkandung penjelasan mengenai keutamaan – keutamaan shalat tahajud . Di dalam sebuah riwayat juga dijelaskan bahwa shalat sunnah tahajud merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan . Di dalam sebuah riwayat juga dijelaskan bahwa Rasulullah saw selama hidupnya tidak pernah meninggalkan untuk mengerjakan shalat tahajud . Yang menjadi pertanyaan sekarang apa sajakah keutamaan shalat tahajud di banding dengan amalan sunnah yang lainnya ? Untuk lebih jelasnya mari kita mempelajarinya bersama – sama dengan memperhatikan penjelasan berikut ini .

Keutamaan Shalat Tahajud

Keutamaan Shalat Tahajud

Sebelum kita memahami keutamaan shalat tahajud lebih mendalam , maka mari kita fahami terlebih dahulu mengenai pengertian shalat tahajud dan hukum menjalankannya .

A. Pengertian Shalat Tahajud

Shalat tahajud , yaitu shalat sunnah yang dikerjakan di malam atau dikerjakan di sepertiga malam setelah  terjaga dari tidurnya .

adversitemens

Mengapa harus tidur terlebih dahulu sebelum menjalankan shalat tahajud ? alasannya yaitu tahajud memiliki arti bangun di malam hari dan jika tidak dikerjakan setelah tidur itu di namakna shalat malam , bukan shalat tahajud .

B. Hukum Menjalankan Shalat Tahajud 

Hukum shalat tahajud , merupakan sunnah muakad atau memiliki arti sunnah yang sangat di anjurkan .

Dijelaskan bahwa Allah swt memerrintahkan shalat tahajud , dalam QS.Al- Isra’ ayat 79 :

Keutamaan Shalat Tahajud

Firman di atas merupakan perintah utuk menjalankan shalat tahajud kepada Nabi Muhammad Saw . Namun bukan berarti hanya diperuntukan kepada Nabi Muhammad saja , tetapi megacu kepada seluruh umat muslim . Karena Rasulullah saw merupakan suri tauladan yang baik dan menjadi panduan seluruh umat muslim .

adversitemens

Dalam sebuah Hadist juga dijelaskan sebagai berikut :

Keutamaan Shalat Tahajud

C. Waktu Menjalankan Shalat Tahajud

waktu menjalankan shalat tahajud yaitu pada malam hari , setelah shalat isya sampai dengan terbitnya fajar . Waktu malam sangat panjang , maka malam tersebut terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

  •  Sepertiga pertama

Sepertiga malam yang pertama , yaitu kira – kira dari jam 19 .00 sampai dengan jam 22.00 . Waktu ini merupakan waktu yang utama .

  •  Sepertiga kedua

Sepertiga yang kedua , yaitu kira – kira dari jam 22.00 sampai dengan jam 1 malam . Waktu ini merupakan waktu yang utama paling utama .

  • Sepertiga ketiga

Sepertiga yang ketiga , yaitu dari jam 1 malam sampai dengan waktu sebelum masuknya waktu subuh . Waktu ini merupakan waktu yang Paling Utama untuk menjalanka shalat tahajud .

D. Keutamaan Shalat Tahajud 

1.  Waktu dimana doa- doa dikabulkan 

Keutamaan shalat tahajud yang pertama yaitu merupakan waktu do’a – do’a kita dikabulkan . Shalat tahajud dikerjakan di waktu malam hari , dan ada waktu yang paling utama untuk menjalankannya yaitu disepertiga malam dari jam 1 malam sampai dengan waktu sebelum subuh . Di waktu ini lah Allah swt akan mengabulkan semua do’a – do’a yang dipanjatkan hamba – hambanNya . Hal ini berdasarkan pada sebuah hadist riwayat berikut ini :

Keutamaan Shalat Tahajud

2. Dapat Mendekatkan diri kepada Allah swt 

Dengan kita menjalankan ibadah shalat sunnah tahajud , maka kita akan menjadi lebih dekat dengan Allah swt . Karena shalat tahajud merupakan salah satu media atau perantara untuk seorang hamba lebih dekat lagi dengan ALLAH SWT .

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

Dalam sebuah Riwayat juga dijelaskan bahwa jibril pernah berkata kepada Rasulullah saw :

Keutamaan Shalat Tahajud

3. Allah swt akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji

Seseorang yang menjalankan ibadah shalat sunnah tahajud , maka akan di angkat derajatnya oleh Allah swt ke tempat yang terpuji .  Allah swt menjelaskan hal ini dalam FirmanNya yang terkandung dalam QS. AL- Isra’ Ayat 79: 

Keutamaan Shalat Tahajud

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

4. Dicintai Oleh Allah swt

Orang yang menjalankan shalat tahajud , maka dia akan dicintai oleh Allah swt . Mengapa demikian ? Karena dengan menjalankan shalat tahajud maka orang tersebut telah memilih untuk bangun dari tidurnya demi menjalankan ibadah kepada Allah swt . Dengan dicintai oleh Allah swt maka Allah swt akan mengabulkan semua permintaan hambaNya tersebut dan mengampuni semua dosa – dosanya . Subhanallah . . .

5. Meringankan waktu Lamanya Berdiri Di akhirat

Dengan menjalankan shalat tahajud , maka kelak di akhirat akan diringankan waktu berdirinya . Hal ini dijelaskan oleh ibnu Abbas ra:

Keutamaan Shalat Tahajud

6. Menang Dalam Berjihad

Keutamaan yang selanjutnya dari menjalankan shalat tahajud yaitu menang dalam berjihad . Yang di maksud yaitu berjihad melawan hawa nafsunya sendiri . Untuk sebagian orang , menjalankan shalat tahajud sangatlah berat karena waktu pelaksanaannya adalah malam hari dan di mana kita sangat merasa ngantuk dan hal ini merupakan godaan terbesar untuk tidak menjalankan shalat tahajud . Dengan kita menjalankan shalat tahajud , maka itu sudah membuktikan bahwa kita mampu melawan hawa nafsu kita sendiri dan menang dalam berjihad .

7.  Muka Akan Tampak Berkilau Seperti Bercahaya

Dengan menjalankan ibadah shalat sunnah tahajud dengan penuh keikhlasan dan secara rutin , maka muslim tersebut wajahnya akan tampak berkilau seperti bercahaya . Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat sebagai berikut:

Suatu ketika Hasan Al- basri r.a ditanya oleh seseorang  ,” Mengapa seseorang yang menjalankan shalat tahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus ?” Hasan Basri menjawab :

Keutamaan Shalat Tahajud

Keutamaan Shalat Tahajud

8. Penyebab khusnul khatimah

Salah satu keutamaan menjalankan shalat tahajud yaitu mampu menyebabkan seorang muslim meninggal dalam keadaan khusnul khatimah . MasyaAllah . . . siapa sih yang tidak mau dalam akhir hidupnya meninggal dalam keadaan khusnul khatimah? mengingat bahwa kita semua yang hidup akan mengalami kematian .

9. Di jamin Masuk Syurga

Dengan menjalankan shalat tahajud , maka Allah swt menjamin orang tersebut untuk masuk ke dalam syurgaNya . Subhanallah . . . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist berikut ini :

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

10. Penyelamat Dari Panasnya Api Neraka

Keutamaan yang lain dari menjalankan shalat tahajud yaitu mampu terhindar dari panasnya siksa api neraka . Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat sebagai berikut :

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

11.Mencegah perbuatan Dosa dan menghapus segala bentuk kejahatan

Dengan menjalankan shalat tahajud ,maka dapat mencegah diri dari segala macam perbuatan dosa serta dapat menghapus segala bentuk kejahatan .

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

12. Menjauhkan diri dari kelalaian hati

Dengan shalat tahajud , maka diri kita akan dijauhkan dari kelalaian hati .

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

13. Dapat Melancarkan Aliran Darah

Keutamaan menjalankan shalat tahajud selain secara rohani , juga dapat dirasakan secara ragawi atau dapat dirasakan langsung dalam tubuh kita . Salah satu yang dapat dirasakan yaitu dapat melancarkan aliran darah . Mengapa demikian ? karena udara di sepertiga malam masih sejuk , bebas polusi dan dengan di tambah menjalankan shalat tahajud maka sendi – sendi , dan otot – otot akan terasa lebih rilex serta aliran darah akan lebih lancar .

14. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Keutamaan yang lain dengan menjalankan shalat tahajud , maka akan mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita serta mampu mencegah segala penyakit .

15. Memperoleh Berbagai Kemuliaan 

Dengan menjalankan shalat tahajud , maka akan memperoleh berbagai kemuliaan dari Allah swt . Hal ini berdasarkan pada hadist berikut :

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Shalat Tahajud

5 kemuliaan yang akan di perleh di dunia yaitu :

  • Akan dipelihara oleh Allah swt dari segala macam bentuk bencana .
  • Akan terlihat di mukanya tanda ketaatannya .
  • Akan dicintai oleh seluruh manusia
  • Lidahnya akan mengucapkan perkataan yang baik – baik .
  • Menjadi orang yang bijaksana .

SUBHANALLAH . . . .

Demikian penjelasan mengenai beberapa keutamaan shalat tahajud yang dapat dirasakan oleh umat muslim . Yang perlu diingat yaitu dalam menjalankan shalat sunah tahajud yaitu harus penuh dengan keikhlasan , menjalankan hanya karena Allah swt dan dilaksanakan sungguh – sungguh serta dilakukan secara rutin . Jangan menjalankan hanya karena alasan untuk dipuji manusia atau hanya karena mengharapkan sanjungan . Jika melakukannya tidak ikhlas karena Allah swt maka amal ibadah tersebut akan sia – sia .

Semoga penjelasan diatas bermanfaat . Dan kita semua mampu menjalankan semua amalan baik yang wajib ataupun sunnah .

adversitemens