Keutamaan Puasa Sunnah Syawal Bagi Umat Muslim

Keutamaan Puasa Sunnah Syawal | Puasa sunnah syawal merupakan puasa sunnah yang dikerjakan selama enam hari di bulan syawal , dan dimulai pada tanggal 2 atau setelah idul fitri . Puasa sunnah syawal sangat dianjurkan , tetapi tidak diwajibkan . Dan puasa sunnah syawal memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim . Apa saja keutamaan dari puasa sunnah syawal ? Mari kita pelajari bersama .

Keutamaan Puasa Sunnah syawal

Puasa sunnah syawal hanya dilakukan selama 6 hari di bulan syawal setelah idul fitri .Keutamaan puasa sunnah syawal banyak dijelaskan dalam hadist , berikut adalah beberapa keutamaan dari puasa sunnah :

  1. Penyempurna Amal Ibadah satu tahun

Keutamaan Puasa sunnah Syawal

Mengerjakan puasa syawal amalnya dapat menyempurnakan menjadi pahala puasa satu tahun. Yang dimaksud adalah untuk menyempurnakan puasa Ramadhan ( sama dengan puasa 10 bulan ) yang setelah disempurnakan menjadi 12 bulan / 1 tahun dengan mengerjkan puasa 6 hari syawal . Dan rahasia yang tidak terduga , bulan ramadhan berjumlah 30 hari dan puasa syawal 6 hari . Jika digabung maka 30 + 6 = 306 ( bukan dijumlah namun digabung penulisannya ) 306 hari sama dengan 1 tahun . Subhanallah

Utuk lebih jelasnya perhatikan hadist dibawah ini :

adversitemens

Keutamaan Puasa Sunnah Syawal

Keutamaan Puasa Sunnah Syawa

Keutamaan Puasa Sunnah

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bukan berarti dengan hanya puasa sunnah syawal tanpa puasa Ramadhan , maka amalnya seperti puasa satu tahun tetapi seseorang yang akan mendapatkan pahala puasa satu tahun adalah seseorang yang berpuasa di bulan Ramdhan dan dilanjutkan 6 hari di bulan syawal .

2. Penyempurna Amalan Puasa

Yang dimaksud adalah bahwa dengan mengerjakan puasa sunnah syawal , maka dapat menutupi kekurangan – kekurangan puasa wajib yang telah dilakukan di bulan Ramadhan . Berikut adalah Hadist Qudsi yang menjelaskan :

Keutamaan Puasa Sunnah Syawal

adversitemens

3. Pahalanya dilipatgandakan

Puasa sunnah 6 hari di bulan syawal akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan . Sehingga walaupun dengan puasa hanya 6 hari , maka pahalanya dapat menyempurnakan pahala puasa bulan ramadhan yang sama dengan puasa 10 bulan , setelah ditambah puasa 6 hari syawal menjadi puasa 1 tahun / 12 bulan .

Keutamaan Puasa Sunnah syawal

4. Mendapat Magfiroh dari Allah swt

Mengerjakan puasa sunnah 6 hari syawal , sudah pasti akan mendapat magfiroh dari Allah swt . Karena berpuasa sunnah 6 hari syawal merupakan bentuk syukur seseorang kepada Allah swt . Dan Allah swt senang dengan orang – orang yang selalu bersyukur kepada Nya .

5. Mendekatkan diri kepada Allah swt

Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah swt adalah menjalankan semua yang menjadi kewajiban sebagai seorang hamba . Selain itu juga , menjalankan amalan – amalan sunnah merupakan suatau cara untuk mendekatkan diri kepada Allah swt dan Rasulullah saw .

Niat Puasa sunnah Syawal

Setelah kita mengetahui begitu banyak manfaat dari amalan puasa sunnah syawal , maka kita tentu ingin mengerjakannya . Namun yang menjadi masalah sekarang bagaimana lafadz niatnya ? berikut adalah lafadz niat puasa sunnah syawal lengkap dengan terjemahnya :

Keutamaan Puasa sunnah Syawal

Demikian Penjelasan mengenai keutamaan puasa sunnah syawal bagi umat muslim . Begitu banyak manfaat yang tidak terkira . Semoga kita dapat mengerjakan amalan – amalan yang di sunnahkan . Namun , apabila kita belum dapat mengerjakannya , maka janganlah meninggalkan amalan – amalan yang di wajibkan untuk kita . Dengan kata lain , Kewajiban adalah nomor satu dan apabila sunnah juga dikerjakan itu lebih baik .

adversitemens