Keutamaan Puasa Rajab Dalam Syariat Islam

Menjalankan puasa di bulan rajab merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan untuk dijalankan di bulan Rajab . Lalu apakah keutamaan puasa rajab dibanding dengan puasa sunnah yang lainnya ? Untuk lebih jelasnya mari kita pelajarinya bersama – sama .

Keutamaan Bulan Rajab

Hukum puasa Rajab

Hukum puasa rajab , sama halnya dengan perintah puasa di bulan harram yang lainnya seperti puasa di bulan dzulko’dah , dzulhijjah dan muharram . Hukumnya yaitu sunnah .

Jadi , tidak ada kekhususan untuk hanya puasa di bulan rajab , nammun hukum puasa rajab sama hal nya dengan puasa sunnah – sunnah yang lainnya . Seperti pusa senin-kamis , puasa dawud , dan puasa sunnah yang lainnya . Namun puasa di bulan Rajab pahalanya lebih besar . Perhatikan Hadist di bawah ini :

adversitemens

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Puasa Rajab

Jadi , dapat kita simpulkan dari hadist di atas dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk mengerjakan puasa sunnah di bulan harram ( termasuk bulan rajab ) , namun tidak dikhususkan .

Keutamaan Puasa Rajab

Dalam beberapa pendapat para Ulama dalam kitab – kitab yang membahas tentang faidah amal , dijelaskan banyak keutamaan dari mengerjakan puasa rajab .

Dan keutamaan yang akan kita peroleh ketika menjalankan puasa Rajab adalah sebagai berikut :

Sebelumnya mari kita Perhatikan Hadist di bawah ini :

adversitemens

Keutamaan Puasa Rajab

Dari hadit di atas , dapat kita simpulkan bahwa keutamaan menjalankan puasa rajab adalah :

a. Bagai Puasa Sebulan 

Dijelaskan dari hadist diatas , bahwasannya seseorang yang menjalankan puasa di bulan rajab walaupun hanya sehari maka pahala puasanya seperti puasa satu bulan . Subhanallah . . .

b. Terhindar dari Api neraka 

Dalam hadist di atas juga dijelaskan bahwasannya seseorang yang menjalankan puasa selama tujuh hari , maka baginya akan ditutupkannya tujuh pintu neraka . Dan dengan kata lain , orang yang menjalankan puasa rajab , akan terhindar dari panasnya api neraka . MasyaAllah . . .

c. Dibukakan Pintu Surga

Dijelaskan juga dalam hadist diatas , bahwasannya jika kita menjalankan puasa rajab selama delapan hari maka akan dibukakan pintu surga sebanyak delapan pintu untuknya . Subhanallah . . .

d. Dikabulkan semua permintaan 

Dalam hadist di atas dijelaskan bahwasannya orang yang mengerjakan puasa rajab selama sepuluh hari , maka Allah swt akan mengabulkan semua yang kita inginkan .

e. Amal yang tercatat sebanyak amal 60 bulan

Dalam riwayat lain , dijelaskan bahwa Allah swt akan mencatat amal orang yang menjalankan puasa di bulan rajab tepatnya pada tanggal 27 rajab , maka amal ibadahnya dicatat sebanyak amal 60 bulan . Perhatikan Hadist di bawah ini :

Keutamaan Puasa Rajab

f. Mendapatkan Air dari sungai di surga yang bernama Sungai Rajab

Seseorang yang menjalankan puasa di bulan rajab , maka dia akan mendapatkan minum dari air yang bersal dari sungai Rajab yang letaknya di dalam surga . Gambaran sungai ini warnanya lebih putih daripada susu dan rasa manisnya melebihi madu .

Perhatikan hadist di bawah ini yang menjelaskan hal tersebut :

Keutamaan Puasa Rajab

Subhanallah . . .begitu banyak keutamaan yang di dapat jika kita mengerjakan puasa di bulan rajab . Pasti kita menginginkan hal itu semua bukan ? jawaban iya hanya bagi orang – orang yang normal . Jika kita menginginkan itu semua maka mari kita mulai sekarang lebih rajin lagi dalam beribadah bukan hanya menjalankan yang menjadi wajibnya saja , namun berlatihlah supaya kita mampu mengerjakan hal yang wajib dan hal yang di sunnahkan . Karena sesungguhnya amalan sunnah sedikit banyak mampu membantu kita , mampu menyempurnakan amalan – amalan wajib kita yang belum sempurna .

Semoga dengan penjelasan mengenai keutamaan puasa rajab dalam syariat islam , kita lebih ikhlas lagi dalam menjalankan ibadah baik ibadah wajib ataupun ibadah sunnah . Dan semoga kita bukan termasuk muslim yang merugi , tetapi menjadi muslim yang sejati dan beruntung . Semoga Allah swt tetap memberkahi hidup kita semua . Amin

adversitemens