Keutamaan Mengenal Asmaul Husna Bagi Umat Islam


Mengapa kita harus mengenal asmaul husna ? dan apakah sajakah keutamaan mengenal asmaul husna ? Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajarinya dan menjawab semua pertanyaan tersebut diatas.

Mengenal Allah swt melalui asmaul husna merupakan ilmu yang sangat agung serta memiliki keutamaan yang luar biasa bagi kita sebagai mahlukNya . Keutamaan mengenal asmaul husna merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat mulia dan perlu diketahui bagi setiap muslim .

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

Keutamaan Mengenal Asmaul  Husna

Pada pembahasan sebelumnya , kita telah mengenal nama – nama Allah swt melalui  asmaul husna beserta dengan artinya, dan kita juga telah mengetahui jumlah asmaul husna yang terdapat di dalam Al- Qur’an . Sedangkan dalam mengenal nama – nama Allah swt dalam asmaul husna terdapat banyak keutamaan didalamnya ,bahkan masih banyak diantara kita yang belum memahaminya bahkan belum mengetahui mengenai keutamaan mengenal asmaul husna . Untuk itu , mari kita mempelajarinya bersama .

Berikut adalah penjelasan mengenai keutamaan mengenal Asmaul husna :

adversitemens

1. Merupakan ilmu yang agung Dan Paling Utama

Mengenal , mempelajari nama – nama Allah ( asmaul husna ) dan sifat – sifatNya , merupakan suatu ilmu yang sangat agung dan sangat mulia . Bahkan merupakan ilmu yang paling utama dan paling tinggi kedudukannya . Mengapa dapat dikatakan seperti itu? ini semua karena kedudukan suatu ilmu pengetahuan dapat dilihat dari jenis pengetahuan yang dipelajari di dalamnya .

Sedangkan sudah sangat jelas dan kita juga telah mengetahuinya , bahwa penjelasan mengenai nama – nama Allah swt dan sifatNya serta semua hal mengenai RasulNya telah dijelaskan di dalam Al- Qur’an yang memang merupakan kitab suci umat islam dan merupakan sumber pengetahuan dari segala sumber pengetahuan .

Dalam suatu kutipan terdapat penjelasan sebagai berikut ;

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

2. Menambah Rasa Cinta Terhapad Allah swt 

adversitemens

Dengan seseorang mengenal dan mempelajari nama – nama serta sifat – sifat RabNya , maka akan menambah rasa cinta seseorang tersebut terhadap Allah swt sebagai HambaNya . Selain itu juga di dalam diri hamba tersebut akan semakin tumbuh sikap mengagungkan dan membesarkan Allah swt , semakin bertawakal kepadaNya , dan juga semakin berserah diri dalam keadaan apapun terhapap Allah swt .

Ketika semakin dalam dan kuat  ilmu seseorang mengenai ilmu pengetahuan terhadap asmaul husna beserta sifatNya , maka seseorang tersebut akan semakin kuat juga penghambaan terhapa Rabbnya , serta semakin tulus dan ikhlas dalam menghadapi ketentuan Rabbnya . Selain itu juga semakin rajin dalam mengamalkan kewajibanNya dan menjauhi laranganNya .

3. Dasar Iman Seorang Hamba

Mengenal Allah swt melalui asmaul husna dan sifat – sifatNya merupakan suatu dasar iman seseorang . Dan semakin dalam ilmu tentang mengenal nama – nama Allah dan sifatNya juga dapat menambah kualitas iman seseorang .

Perhatikan kutipan dibawah ini :

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

Allah swt juga berfirman dalam QS.Al- Hasyr ayat 19 , berikut ini :

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

Dari dua penjelasan diatas ,dapat kita simpulkan bahwasannya semakin kita mengenal Allah swt melalui nama – nama dan sifatNya maka semakin bertambah pula kualitas imannya . Sedangkan kebalikannya seseorang yang tidak mengenal dan kurang pengetahuannya terhadap nama – nama dan sifat – sifat Allah swt maka orang tersebut disebut dengan orang fasik.

Dan didalam Firman Allah swt di dalam QS.Al- Hasyr ayat 19 seperti yang dijelaskan diatas , bahwasannya barang siapa yang lupa terhadap Allah swt maka Allah swt akan menjadikan mereka lupa terhadap dirinya sendiri , lupa terhadap kebaikan serta lupa terhadap cara untuk mendapatkan kebahagiaan didunia ataupun di akhirat .

4. Merupakan Dasar Ilmu Pengetahuan

Dengan kita memahami nama – nama Allah dan sifatNya ,maka kita juga akan mengetahui ilmu pengetahuan selain tentangNya , dan ilmu memahami asmaul husna merupakan dasar ilmu untuk memahami segala bentuk ilmu pengetahuan .

Ilmu pengetahuan yang dipelajari di dunia ini selain mengenai asmaul husna dan sifat – sifat Allah terbagi menjadi dua yaitu :

  • Ilmu mengenai mahluk – makhluk yang diciptakan oleh Allah swt .
  • Ilmu mengenai perintah – erinah Allah swt terhadap mahkuknya , baik perintah kauny ataupun perintah syari’iy.

Allah swt berfirman dalam Qs. Al- A’raf  ayat 54 :

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

5. Akan tercipta jiwa yang pengagung terhadap Allah swt 

Seseorang yang mempelajari dan memahami sifat – sifat dan nama – nama ALLAH SWT , maka akan tercipta di dalam jiwa orang tersebut , jiwa yang penuh dengan keagungan yang luarbisa tinggi terhadap Allah swt .

6. Lebih Tepat Dalam Berdo’a

 Seorang hamba yang memahami nama – nama Allah swt dalam asmaul husna , maka ia akan lebih tepat dalam berdoa . Mengapa dikatakan demikian ? karena dikala setiap doa yang kita panjatkan  terhadap Allah swt ,ada nama – nama Allah atau sifat – sifat Allah swt yang berkaitan dengan doa tersebut . Seperti ketika kita memohon rezeky , maka kita panggil nama Allah “Arrazaaq ” yang memiliki arti yang maha pemberi rezeky . atau ketika kita mmohon ampunan , maka kita panggil nama Allah “Al- Ghaffar “ yang memiliki arti yang maha pengampun . Begitupun seterusnya .

7. Dapat Menjaga Diri dari Kemaksiatan Dan Dosa

Dengan kita memahami sifat – sifat dan nama – nama Allah swt , maka kita akan terhindar dari segala macam marabahaya , dapat membukakan pintu amal sholih , memacu diri untuk berbuat ketaatan kepada Allah swt , menghindarkan diri dari kemaksiatan dan dosa .

8. Dapat Membersihkan Jiwa 

Dengan berilmu atau memahami sifat – sifat dan nama – nama Allah swt, maka jiwa kita akan bersih dari sifat – sifat tercela . Serta dapat menghibur diri dikala sedih menghadapi musibah dan petaka.

9. Dapat Membuat Seseorang Masuk syurga

Dalam sebuah Hadist Rasulullah menjelaskan bahwa barangsiapa yang menghitung asmaul husna maka akan masuk syurga . Namun yang dimaksud dengan menghitung asmaul husna bukan hanya sekedar menjumlah dan dan menghafalkan saja . Tetapi harus disertai dengan memahami makna dan kandungannya serta mengamalkannya dikehidupan sehari – hari .

10. Ayat – ayat yang menyebutkan nama – nama dan sifat Allah swt kedudukannya lebih tinggi di dalam Al- Qur’an 

Al- Qur’an merupakan kumpullan ayat – ayat firman Allah swt . Dan di dalam al – qur’an juga banyak ayat – ayat yang menyebutkan sifat – sifat dan nama – nama Allah swt .

Dijelaskan juga bahwa ayat – ayat Al-Qur’an yang menyebutkan sifat dan nama – nama Allah swt , adalah yang paling agung kedudukannya di dalam Al- Qur’an melebihi yang lainnya .

Maka dari itu , ayat yang paling agung adalah ayat Al- Kursi , karena di dalam ayat ini banyak terkandung beberapa sifat dan nama – nama Allah swt .

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah Hadist Ubay bin Ka’ab Radiyallahu’anhu , dimana Rasulullah saw bertanya kepada beliau :

Keutamaan Mengenal Asmaul Husn

Dan juga keberadaan dan keagungan QS.Al- Fatihah , yang telah kita ketahui selama ini . Rasulullah saw menjelaskan dalam sebuah hadiat yang isinya :

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

Demikian pula keutamaan surah Al- Ikhlas yang mengandung penyebutan nama – nama Allah swt dan sifat – sifatNya . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist Rasulullah saw berikut ini :

Keutamaan Mengenal Asmaul Husna

Subhanallah . . .

Begitu agungnya dan banyak keutamaan yang dapat kita dapatkan dikala kita mau untuk memahami asmaul husna . Namun jangan hanya memahami dan mempelajarinya namun kita juga harus mampu mengamakan di dalam kehidupan sehari – hari . Dan dari penjelasan diatas kita telah mendapatkan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan sebelumnya . Semoga dengan penjelasan diatas mengenai hal keutamaan mengenal asmaul husna kita dapat lebih rajin lagi dalam beribadah dan mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta lebih bisa menjaga diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah swt . Amin

adversitemens