Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Dan Amalan Yang Dikerjakan

Dalam bulan sya’ban ada sebuah malam yang dimuliakan yang sering disebut dengan malam nisfu sya’ban. Keutamaan malam nisfu sya’ban di banding dengan malam – malam yang lain itu sebenarnya terletak pada apa ? dan apa sajakah keutamaannya ? Karena yang kita tahu selama ini , bahwa setiap malam itu sama yaitu gelap . Untuk lebih jelasnya dan supaya kita tidak salah arti atau salah persepsi tentang keutamaan malam nisfu sya’ban , maka mari kita pelajarinya bersama .

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Malam nisfu sya’ban merupakan salah satu malam yang diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia ini , tepatnya malam tanggal 15 bulan sya’ban . Biasanya , di lingkungan kita selama ini memperigatinya dengan membaca Surah Yasin secara berjama’ah sebanyak tiga kali , dengan tujuan supaya kita semua di beri umur yang panjang , rezeki yang berkah dan di tetapkan imannya untuk menjelang bulan Raadhan.

Menurut Imam Ghazali , mengartikan malam nisfu sya’ban sebagai malam penuh dengan syafa’at atau pertolongan . Dan dijelaskan juga bahwa pada tanggal 13 sya’ban Allah swt memberikan sepertiga syafa’atNya kepada hambaNya ,dan pada tanggal 14 sya’ban Allah swt akan memeberikan syafa’at secara penuh kepada HambaNya . Jadi , di malam 15 sya’ban seluruh umat islam dapat mendapatkan kebaikan , syafa’at dan kemuliaan sebanyak – banyaknya sebagai penutup catatan amal selama satu tahun , karena pada malam ini semua amal akan di angkat ke langit untuk dihadapkan kepada Allah swt .

Sebelum kita memahami terlebih dalam mengenai keutamaan malam nisfu sya’ban , maka ada beberapa hal yang perlu di fahami terlebih dahulu , hal – hal tersebut adalah :

adversitemens

A.Bulan Sya’ban bulan yang sering di lalaikan oleh manusia 

Bulan sya’ban adalah salah satu bulan hijriyah yang terletak diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan , bulan sya’ban ini merupakan bulan yang ke delapan . Dan ada istilah bulan sya’ban merupakan bulan yang sering di lalaikan , sesungguhnya hal ini berdasarkan pada sebuah hadist . Hadist tersebut adalah :
Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Sesungguhnya penyebab banyak yang melupakan karena , bulan sya’ban terletak diantara dua bulan yang mulia .Yaitu bulan Rajab sebelumnya yang ada sebuah peristiwa penting yaitu isra’Mi’raj dan bulan Ramadhan setelahnya yang memang bulan yang sangat di muliakan .

B.Bulan Sya’ban merupakan bulan Mulia 

Bulan sya’ban di katakan bulan mulia , karena bulan sya’ban terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bula Ramadhan . Di bulan sya’ban ini juga terjadi pengangkatan amal ibadah manusia kepada Rabbnya atau ALLAH SWT.

Perhatikan Hadist di bawah ini :

adversitemens

Keutamaan Malam Nisfu sya'ban

Dijelaskan juga dalam sebuah hadist bahwasannya setiap pekan sebanyak dua kali , amal seseorang juga diangkat yaitu pada hari senin dan kamis . Berikut hadist yang menjelaskannya :

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

C. Seorang yang memiliki hutang puasa Ramadhan harus cepat – cepat di lunasi 

Siapakah yang masih hutang puasa ramadhan ? pati diantara kita banyak yang memiliki hutang puasa , apalagi kaum perempuan yang setiap bulan ada jatah palang merah atau haid , maka tidak mungkin di bulan ramadhan dia tidak berhutang , atau orang yang sakit sehingga saat itu tidak dapat menjalankan puasa ramadhan , atau seorang perempuan yang telah melahirkan atau hal – hal lain yang menjadikan kita berhutang puasa ramadhan . Hutang puuasa ramadhan harus di bayar , baik dengan puasa sebanyak hari yang ditinggalkan atau dengan membayar fidyah atau dengan keduanya .

Dan bagi yang masih hutang puasa ramadhan , maka di bulan sya’ban ini merupakan kesempatan terakhir karena bulan ini merupakan bulan terakhir sebelum Ramadhan .

Perhatikan hadist di bawah ini :

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Keutamaan malam nisfu sya’ban

Keutamaan atau keistimewaan malam nisfu sya’ban banyak dijelaskan dalam hadist – hadist Nabi . Keutamaa – keutamaan tersebut adalah :
1. Malam di mana Allah swt turun ke Langit Bumi 

Pada malam nisfu sya’ban atau pada malam 15 sya’ban di jelaskan dalam hadist bahwasannya Allah swt akan turuk ke bumi dan akan mengampuni dosa – dosa orang yang mau memohon ampun kepadanya dan kepada orang yang bertaubat dan bermunajat kepada Allah swt . Dan tidak akan diampuni bagi orang – orang yang sedang bermusuhan atau berselisih . Berikut adalah hadist yang menjelaskannya :

Keutamaan Malam Nisfu sya'ban

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

2. Malam di mana Allah swt turun mengawasi HambaNya

Pada malam nisfu sya’ban , dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa Allah swt akan turun ke langit bumi dan mengawasi hamba – hambaNya serta mengampuni seluruh dosa – dosa hambaNya yang ingin bertaubat , serta tidak mengampuni orang – orang yang dengki , dan yang saling bermusuhan satu sama lain .

Perhatikan hadist di bawah ini :

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Dalam hadist lain juga di jelaskan :

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

3. Malam Nisfu Sya’ban sebagai malam penuh ampunan 

Sebagian ulama menjelaskan bahwa , malam nisfu sya’ban di sebut juga dengan malam pengampunan atau disebut juga dengan malam penuh magfiroh . Karena di malam ini , Allah swt akan megampuni semua kesalahan hamba- hambaNya , terutama hambaNya yang soleh .

Amalan Di malam Nisfu Sya’ban

Dari penjelasan di atas , dapat kita simpulkan juga bukan hanya apa keutamaan dari malam nisfu sya’ban akan tetapi dapat kita simpulkan juga amalan apa saja yang dapat kita lakukan di malam nisfu sya’ban . Amalan yang dapat di lakukan adalah :

  • Memperbanyak ibadah
  • Memperbanyak Shalat sunnah malam
  • Menjalankan puasa sunnah
  • Memperbanyak berdzikir
  • Memperbanyak membaca Shalawat Nabi
  • Memperbanyak tadarus atau membaca Al- qur’an
  • Perbanyak sedekah dan berdoa serat menjalankan amal – amallan lainnya

Do’a yang di baca di malam nisfu Sya’ban 

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Artinya :

Keuamaan Malam Nisfu Sya'ban

Sesungguhnya tidak ada larangan membaca do’a di malam nisfi sya’ban , karena berdoa untuk kebaikan itu dianjurkan .

Dari penjelasan di atas , dapat kita simpulkan bahwasannya keutamaan atau keistimewaan bulan sy’ban terletak di mala nisfu sya’ban atau malam setengah bulan sya’ban ( 15 sya’ban ) .

Dimalam ini , Allah swt akan menurunkan magfirohNya dan mengampuni dosa – dosa seluruh hambaNya . Namun dalam pengampuan tersebut dikecualikan bagi orang – orang yang syorik , serta orang – orang yang dalam perselisihan .

Dalam sebuah hadist ada 6 golongan orang yang tidak akan mendapatkan pembebasan oleh Allah swt dari panasnya api neraka . Perhatikan hadist di bawah ini :

Keutamaan Malam Nisfi Sya'ban

6 golongan yang di maksud adalah :

  • Golongan orang  yang tidak berhenti minum Hamr atau minuman keras .
  • Golongan orang yang menceerca atau durhaka kepada kedua orang tuanya .
  • Golongan orang – orang yang membangun tempat zina .
  • Golongan para pedagang yang menaikan harga semena – mena atau seenaknya sendiri .
  • Golongan orang yang suka memfitnah
  • Golongan petugas pajak yang tidak jujur .

Demikian penjelasan mengenai keutamaan malam nisfu sya’ban dan amalan yang dikerjakannya . Jadi , mulai sekarang janganlah lagi ada rasa ragu – ragu untuk mengerjakan amal ibadah di malam nisfu sya’ban . Dan semua penjelasan diatas ada dasar hukumnya bukan khayalan belaka .

Malam nisfu sya’ban memiliki banyak keutamaan seperti yang di jelaskan di atas . Dan siapa si yang tidak menginginkan semua dosa kita diampuni oleh Allah swt serta mendapat magfiroh dariNya . Karena kita sebagai manusia tidak pernah luput dari dosa , jadi janganlah menjadi orang yang sok suci . Tujuan dari ibadah seungguhnya sama yaitu kita menjalankan perintah Allah swt , menginginkan ampunan dari Allah swt dan mendapat pahala yang pastinya . Jadi mulai sekarang , selama amal yang kita jalankan sesuai syariat maka tetaplah dikerjakan dan selama itu tidak menyimpang . Semoga bermanfaat . . .

adversitemens