Memahami Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Keutamaan Bulan Ramadhan | Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang memiliki keutamaan atau keistimewaan di bandingkan dengan bulan – bulan yang lain . Apa sajakah yang menjadikan bulan ramadhan istimewa ? Sedangkan yang kita tahu selama ini , bulan ramadhan hanya bulan dimana seluruh umat islam melakukan ibadah puasa .

Pada kesempatan kali ini , akan kita pelajari bersama supaya kita dalam menjalankan bulan ramadhan kali ini  akan lebih baik dari bulan ramadhan sebelum – sebelunya , dan tidak menjadi manusia yang merugi karena melewati bulan ramadhan dengan begitu saja .

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan dimana umat islam di wajibkan untuk menjalankan ibadah puasa . Bulan ramadhan juga merupakan bulan dimana amal ibadah kita akan dilipat gandakan , bahkan ada istilah juga tentang bulan ramadhan disebut dengan seribu bulan . Dan bagi siapa saja yang menjalankan puasa selama satu bulan penuh secara sempurna dan ketika lebaran datang orang tersebut akan kembali fitrah seperti bayi yang baru lahir.  Subhanallah . . . .

Untuk lebih jelasnya mengenai keutamaan bulan ramadhan , perhatikan penjelasan di bawah ini :

adversitemens
  1. Bulan Ramadhan adalah Bulan diturunkannya Al-Quran 

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana pertama kali , ayat Al-qur’an ditunkan kepada Nabi Muhammad saw. Al-qur’an merupakan pedoman , petunjuk dan dasar hukum bagi umat islam .

Perhatikan Firman Allah swt berikut dalam QS.AL-Baqarah ayat 185 :

Keutamaan Bulan Ramadhan

Dari ayat di atas , dapat kita simpulkan bahwa bulan ramadhan adalah bulan dimana Allah swt menurunkn ayat pertama Al-qur’an . Dan di bulan ini juga di wajibkan untuk seluruh umat islam untuk mengerjakan ibadah puasa . Terkecuali , orang – orang yang sedang dalam perjalanan atau sedang sakit . Namun orang tersebut wajib mengganti di hari lain .

2. Amal ibadah di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan oleh Allah swt 

Bulan ramadhan adalah bulan dimana pahala seorang muslim yang melakukan ibadah akan dilipat gandakan sampai 70 kali lipat .Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits – hadist di bawah ini :

adversitemens

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Dari , penjelasan hadist di atas ,maka kita sebagai seorang muslim jangan pernah melewatkan bulan ramadhan dengan sia – sia . Di bulan ramadhan amal ibadah yang kita lakukan akan mendapat pahala yang sangat besar karena semua pahala yang kita lakukan akan dilipatgandakan . Subhanallah . . . .

3. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah 

Di bulan ramadhan , seorang muslim memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri . Dan bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan . Hal ini , dijelaskan dalam sebuah hadist di bawah ini :

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Bulan Ramadhan

Contoh kecil bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah :

Dengan datangnya bulan ramadhan pasti di setiap menjelang waktu buka puasa akan ada pedagang – pedagang kaki lima yang menjajakan makanan untuk berbuka seperti kolak , es campur , kurma dan yang lainnya . Kebanyakan pedagang ini adalah pedagang dadakan alias di hari – hari biasanya tidak jualan , dan di bulan ini mereka mendapat penghasilan . Dan yang biasanya tempat yang untuk jualan adalah tempat bebas dari para pedagang kaki lima , di bulan ramadhan diperbolehkan untuk jualan . Bukankah hal ini merupakan suatu keberkahan tersendiri dari datangnya bulan ramadhan ? betul , betul , betul. . . .

4. Bulan Ramadhan adalah bulan pengampunan

Yang dimaksud adalah bahwasannya di bulan ini ( bulan ramadhan ) merupakan kesempatan bagi para muslim untuk memohon ampunan kepada Allah swt , karena di bulan ini  merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Perhatikan Hadist di bawah ini :

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Bulan Ramadhan

Rasulullah saw bersabda :

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Dari penjelasan hadist di atas , dapat kita simpulkan bahwasannya dengan kita melakukan puasa di bulan ramadhan dengan penuh keikhlasan dan semata – mata mencari ridha Allah swt maka dosa orang yang melakukan puasa tersebut akan mendapat ampunan dosa , hingga seperti bayi yang baru lahir . Dan bagi seseorang yang melewatkan bulan ramadhan dan dosanya belum mendapat ampunan maka dia merupakan orang – orang yang rugi .

5. Pada bulan ramadhan pintu – pintu syurga di buka dan pintu neraka di tutup 

Bulan ramadhan adalah bulan di mana pintu – pintu syurga di buka dan pintu neraka di tutup . Dan pada saat ini juga semua syaitan sedang di belenggu.

Hal ini didasarkan pada hadist :

Keutamaan Bulan Ramadhan

6. Bulan Ramadhan terdapat malam lailatul qadar 

Bulan ramadhan adalah bulan di mana Al-Qur’an pertama kali di turunkan . Dan waktu lailatul qadar itu adalah 10 hari akhir di bulan ramadhan . Lailatul qadar adalah waktu yang lebih baik dari 1000 bulan .

Hal ini , dijelaskan dalam QS.Al-Qadr ayat 1-3 :

Keutamaan Bulan Ramadhan

7. Bulan Ramadhan adalah waktu untuk mendidik seseorang untuk bertaqwa

Bulan ramadhan adalah waktu bagi seorang mukmin untuk melatih diri supaya lebih bertaqwa kepada Allah swt .Misalnya , dengan kita menjalankan ibadah puasa , maka shalat kita akan lebih teratur dan tidak bolong – bolong . Dan yang biasanya tidak membaca al-qur’an dan shalat malam , maka dengan datangnya bulan ramadhan semua ibadah yang biasanya tidak dikerjakan menjadi dikerjakan . Jadi , dengan kata lain dengan berpuasa maka akan menjadikan seseorang lebih bertaqwa . Hal ini , dijelaskan dalam QS.Al- Baqarah ayat 183 :

Keutamaan Bula Ramadhan

8. Berpuasa adalah salah satu cara untuk masuk syurga 

Berpuasa di bulan ramadhan adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib bagi setiap umat islam . Dan ibadah puasa dapat menyebabkan seseorang masuk syurga dengan catatan melakukannya dengan penuh keimanan dan keikhlasan dan tidak lupa juga melakukan ibadah – ibadah yang lain seperti shalat , zakat dan ibadah lainnya .

9. Bulan Ramadhan adalah waktu mustajab untuk berdo’a 

Bulan Ramadhan adalah salah satu dari beberapa waktu mustajab untuk memohon do’a kepada Allah swt . Hal ini didasarkan pada hadist :

Keutamaan Bulan Ramadhan

10. Bulan Ramadhan adalah bulan ibadah 

Apa yang dimaksud dari istilah di atas ? yang dimaksud adalah bahwasannya bulan ramadhan adalah bulan yang setiap kebaikan akan mendapat pahala dn bernilai ibadah . Jadi , jika kita masih mendapat kesempatan hidup di bulan ramadhan maka jangan sia- siakan waktu untuk melakukan kebaikan – kebaikan dan ibadah yang pastinya .

11. Bulan Ramadhan adalah waktu yang disareatkan untuk beri’tikaf

Di bulan ramadhan juga di syariatkan bagi kita umat muslim untuk melakukan i’tikaf di masjid . Perhatikan Firman Allah swt dalam QS. Al- Baqarah ayat 187  di bawah ini :

Keutamaan Bulan Ramadhan

Dapat disimpulkan bahwa , ketika bulan ramadhan utuk lebih sempurna lagi ketaqwaan kita maka lakukanlah i’tikaf dimasjid . Waktu yang lebih utama untuk beri’tikaf adalah 10 hari terakhir di bulan ramadhan karena pada zaman Nabi Muhammad saw masih hidup ,  Nabi muhammad saw melakukan i’tikaf di masjid pada waktu 10 hari terakhir di bulan ramadhan . Dan ketika beliau telah wafat , para istrinyapun melakukannya .

Subhanallah . . . .

Begitu banyak keistimewaan dan keutamaan daripada bulan ramadhan yang selama ini , kita tidak tahu dan menganggap bahwa bulan ini berbeda hanya di bulan ini diwajibkannya untuk berpuasa . Namun , dapat dipastikan dengan penjelasan di atas kita pasti akan lebih merasa suka , senang dan menunggu – nunggu dengan datangnya bulan ramadhan . Dan jika bulan ramadhan telah berakhir maka kita pasti akan mengharapkan semua bulan dapat seperti bulan ramadhan .

Semoga dengan penjelasan memahami keutamaan bulan ramadhan bagi umat islam di atas , kita akan lebih baik lagi dan tidak menjadi seseorang yang merugi . Dan semoga Allah swt akan tetap memberi kesehatan kepada kita supaya kita dapat menjaankan semua rangkaian ibadah di bulan ramadhan . Semoga bermanfaat . AMIN

adversitemens