Memahami Keutamaan Bulan Rajab Bagi Kaum Muslimin

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dalam kalender hijriyah . Bulan Rajab juga merupakan salah satu dari 4 bulan haram atau bulan suci yang sangat diistimewakan . Lalu apakah keutamaan bulan rajab di banding dengan bulan – bulan yang lain ? Karena sudah kita ketahui bahwasannya Allah swt menciptakan hari dan bulan dengan suatu kebaikan yang sama . Untuk lebih jelasnya , perhatikan ulasan berikut ini!

Keutamaan Bulan Rajab

Do’a menjelang bulan Rajab

Tidak terasa bulan Rajab tahun 1437 H , sudah semakin dekat . Sesuai dengan kalender Hijriyah bulan Rajab tahun 1437 H akan jatuh pada hari Jum’at pada tanggal 9 April 2016 .  Dan ketika telah memasuki bulan rajab lalu sa’ban lalu Ramadhan . Semoga kita tetap di beri kesehatan dan keberkahan supaya dapat kita tetap dpat menjalankan puasa di bulan Ramadhan .

Salah satu kebiasaan yang di lakukan oleh kaum muslimin yaitu membaca do’a menjelang bulan Rajab . Do’a yang di baca pada intinya bertujuan untuk mencari keberkahan di bulan rajab , sa’ban dan Ramadhan .

adversitemens

Do’a yang di baca di bulan Rajab ini , merupakan do’a yang biasa di baca oleh Rasulullah saw ketika mennjelang Bulan Rajab . Hadist yang menjelaskan hal ini adalah :

Keutamaan Bulan Rajab

Artinya :” Dulu ketika Rasulullah saw memasuki Bulan Rajab , Beliau membaca : ” Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab , sa’ban ini dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan . “

Jadi , do’a di bulan Rajab adalah :

Keutamaan Bulan Rajab

4 Bulan Haram ( suci )

adversitemens

Telah disebutkan di atas bahwasannya ada 4 bulan haram , apa sajakah? dan mengapa disebut dengan bulan Haram?

Allah swt menjelaskan hal ini dalam QS. At- Taubah ayat 36 :

Keutamaan Bulan Rajab

Rasulullah SAW Bersabda :

Keutamaan Bulan Rajab

Dari penjelasan ayat dan hadist diatas , dapat kita simpulkan bahwa Allah swt telah menciptakan bulan sejumlah 12 . Dan diantaranya ada 4 bulan haram . 4 Bulan haram tersebut adalah : Bulan Dzulqo’dah , Dzulhijjah , Muharram dan Rajab .

Dan dijelaskan juga , bahwa alasan empat bulan tersebut di haramkan ( disucikan ) yaitu :

  • Pada bulan empat tersebut sangat diharamkan untuk melakukan suatu kedzaliman baik pada diri sendiri atupun kepada orang lain .
  • Dalam bulan ini juga kita dianjurkan untuk melakukan perbuatan – perbuatan baik dan menghindari perbuatan buruk .
  • Dan karena bulan ini bulan mulia , sangatlah baik untuk melakukan amal ibadah ketaatan .

Keutamaan Bulan Rajab

Sebagian ulama menjelaskan bahwa diantara bulan empat haram seperti yang sudah dijelaskan di atas , bulan rajab adalah bulan yang terutama atau paling utama . Pendapat ini merupakan pendapat para ulama syafi’iyah . Sedangkan Para ulama mengenai hal ini memiliki banyak perbedaan pendapat . Wallahua’lam bissyowaf .

Dan keutamaan bulan rajab diantaranya adalah :

1. Seseorang yang memuliakan bulan Rajab maka Allah swt akan memuliakan orang tersebut dengan seribu kemuliaan di hari kiamat .

2. Keutamaan bulan rajab dibanding bulan yang lain seperti kelebihan Al- Qur’an di atas kalam – kalam atau kitab yang lain .

3. Dalam sebuah hadist dijelakan bahwasannya barang siapa yang melakukan puasa selama satu hari di bulan Rajab , maka pahalanya seperti puasa satu bulan . Apabila puasa selama 7 hari di bulan Rajab , maka ditutup bagi nya 7 pintu neraka . Jika berpuasa selama 8 hari , maka dibukakannya pintu . Dan apabila berpuasa selama 10 hari maka dosa – dosanya akan digantikan dengan kebaikan . Subhanallah . . .

4. Dalam Riwayat lain dijelaskan bahwa barangsiapa yang melakukan puasa 1 hari di bulan rajab , maka pahalanya seperti puasa 40 tahun dan di beri minum dari syurga .

5. Barang siapa yang berpuasa di awal bulan rajab , pertengahan rajab dan akhir di bulan rajab maka pahalanya seperti puasa sebulan .

6. Di dalam surga ada sungai yang bernama Rajab , yang airnya lebih putih daripada susu dan lebih manis di banding madu . Dan barang siapa yang berpuasa di bulan rajab , maka akan mendapat karunia meminum air terseut.

7. Seseorang yang bersedekah di bulan Rajab , maka seperti bersedekah seribu dinar . Ditliskan baginya setiap sehelai bulu roma jasadnya di nilai seribu kebajikan .Diangkat seribu derajat dan dihapus seribu kejahatan .

8. Barang siapa yang berpuasa pada tanggal 27 rajab atau pada hari isra’ mi’raj , maka pahala orang tersebut seprti puasa 5 tahun .

9. Dalam sebuah Riwayat dijelaskan bahwa Rasulullah saw bersabda : ” Bulan Rajab adalah bulanNya ALLAH SWT , bulan Sa’ban bulanku , bulan Ramadhan bulan umatku . “

10 . Sebuah hadist juga menjelaskan bahwa , pada saat isra’ mi’raj Rasulullah saw melihat sungai di syurga yang warnanya lebih putih dibanding susu dan manisnya lebih manis dibanding madu . Dan ketika Rasulullah saw bertanya kepada malaikat jibril untuk siapa sungai tersebut ? maka malaikat menjelaskan bahwa sungai tersebut diperuntukan untuk umatnya yang membaca Salawat kepada Rasulullah saw di bulan Rajab .

11. Kemuliaan Bulan Rajab dengan Isra’ Mi’rajnya , bulan sa’ban dengan malam nisfu’ nya dan bulan ramadhan dengan malam lailatul qadarnya .

12. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa barangsiapa menjalankan puasa ramadhan sehari akan mendapatkan balasan syurga yang tertinggi yaitu syurga Firdaus . Dan puasa dua hari akan mendapatkan ampunan .

13. Dijelaskan juga dalam sebuah riwayat , bahwasannya barangsiapa yang menjalankan puasa selama tiga hari maka akan dijauhkan dari api neraka dengan sebuah parit yang panjangnya seratus tahun perjalanan .

14. Apabila menjalankan puasa selama tujuh hari , maka akan ditutup baginya 7 pintu neraka dan apabila menjalankan puasa selama 16 hari maka akan dapat melihat Allah swt di dalam syurga dan menjadi orang yang pertama menziarahi Allah swt di dalam syurga .

15. Bulan Rajab merupakan bulan terjadinya Isra’ Mi’raj , lebih tepatnya pada tanggal 27 Rajab .

Subhanallah . . . .begitu banyak keutamaan dan keistimewaan bulan Rajab . Semoga di bulan Rajab tahun ini kita tidak seperti tahun – tahun yang lalu . Tidak tahu harus ngapa , dan melewati seperti hari – hari biasa . Padahal bulan Rajab memiliki banyak keutamaan yang di bulan – bulan lain tidak ada . Dan semoga di tahun ini , kita mendapatkan keberkahan bulan Rajab dan tidak lagi menjadi orang yang merugi . Dan yang pasti dapat lebih meningkatkan kualitas keimanan kita dan ibadah shalat kita jangan ditinggalkan .

Demikian penjelasan mengenai keutamaan bulan rajab bagi kaum muslimin . Semoga dengan penjelasan singkat di atas , sudah sedikit banyak menjawab permasalahan yang selama ini ada di kalangan kita . Dan yang pasti semoga bermanfaat , dan menjadikan kita lebih semangat dalam beribadah . Amin

adversitemens