Keutamaan Bulan Dzulhijjah Sesuai Dalam Syariah Islam

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Dalam kalender Hijriyyah ada satu bulan yang  sering disebut dengan bulan Haji , bulan tersebut yaitu bulan Dzulhijjah . Apa sajakah yang menjadi keutamaan bulan dzulhijjah dibanding bulan – bulan yang lain selain menjadi waktu untuk menjalankan ibadah haji dalam syariah islam ?

Pertanyaan – pertanyaan seperti ini masih banyak bermunculan diantara kita . Karena bukan tidak mungkin , walaupun kita seorang muslim tetapi belum faham betul mengenai keutamaan dari bulan dzulhijjah . Yang kita tahu di bulan dzulhijjah orang – orang menjalankan ibadah haji dan juga ada idul adha . Untuk itu , supaya tidak ada lagi kesalah fahaman serta kita menjadi rugi karena ada hal yang belum kita fahami mengenai bulan dzulhijjah  mari kita fahami bersama mengenai keutamaan bulan dzulhijjah yang disyariatkan dalam agama islam .

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Bulan dzulhijjah merupakan salahs atu bulan yang mulia , serta kedatangannya sangat di nanti- nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia ini . Apalagi para jama’ah haji yang tidak sabar untuk menunggu kedatangannya . Di bulan dzulhijjah juga ada hari yang sangat spesial atau sangat utama yaitu hari raya idul adha . Hari raya idul adha juga sering di sebut dengan hari raya kurban . Oleh karena itu , para penjual hewan kurban juga sangat senang jika tiba saatnya bulan dzulhijjah , karena dengan datangnya bulan dzulhijjah maka dagangannya akan laris terjual . Begitupun dengan para kaum duafa , karena di bulan ini dapat merasakan makan daging hasil kurban yang tidak setiap bulannya dapat merasakannya . Subhanallah . . . .

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai keutamaan bulan Dzulhijjah diantaranya adalah :

adversitemens

1.Bulan Dzulhijjah adalah slah satu Asyhurul Hurum

Yang dimaksud dengan bulan dzulhijjah menjadi salah satu asyhurul hurum yaitu bahwa bulan dzulhijjah merupakan salah satu bulan Haram , yang artinya bahwa di bulan dzulhijjah para kaum muslimin di larang atau haram untuk berperang , kecuali ketika terdesak atau saat untuk memebela diri .

Allah swt berfirman dalam QS.Al- Maidah ayat 2 :

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Bulan yang termasuk dalam bulan haram yaitu :

  • Bulan Dzulqa’dah
  • Bulan Dzulhijjah
  • Bulan Rajab
  • Bulan Muharram

Hal ini berdasarkan pada sebuah Hadist berikut ini

adversitemens

Rasulullah SAW Bersabda :  

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

2. 10 Hari pertama Bulan Dzulhijjah merupakan waktu paling Agung dan dicintai Allah swt

Di waktu 10 hari pertama bulan dzulhijjah ada keutamaan yang luar biasa , hal ini berdasarkan pada sebuah Hadist berikut ini bahwa :

Rasulullah SAW Bersabda :

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

3. Di dalam Bulan Dzulhijjah terdapat hari ‘Arafah 

Pada tanggal 9 Dzulhijjah , Rasulullah saw mensunnahkan kita untuk menjalankan puasa ‘arafah . Puasa ‘arafah dijelaskan dapat menghapus dosa yang lalu dan dosa yang akan datang . Subhanallah . . .

Dalam sebuah hadist dijelaskan sebagai berikut :

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Yang perlu diperhatikan :

Para ulama bersepakat bahwa  seseorang yang sedang menjalankan wukuf di Arafah tidak boleh untuk menjalankan puasa ‘Arafah . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist berikut ini :

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

4. Bulan di mana Ibadah Haji di lakukan 

Di bulan dzulhijjah , para jama’ah haji seluruh dunia berbondong – bondong pergi ke Mekkah untuk menjalankan ibadah yang menjadi rukun islam yang ke lima yaitu menjalankan ibadah haji . Dan sebagian besar rukun haji di lakukan pada tanggal 8 , 9 , 10 dzulhijjah atau 10 hari pertama bulan dzulhijjah .

5. Terdapat hari yang istimewa yaitu Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha atau yang sering disebut juga dengan hari raya qurban merupakan hari raya yang jatuh pada yanggal 10 Dzulhijjah .

Di hari ini tidak diperuntukkan atau di haramkan untuk berpuasa . Namun kita sebagai seorang muslim di sunnah kan untuk menjalankan ibadah shalat idul adha .

Hukum menjalankan ibadah shalat Idul adha yaitu Sunnah Muakkad  atau sunnah yang di anjurkan . Hal ini berdasarkan pada :

shalat idul adha

6. Bulan dzulhijjah merupakan waktu untuk berqurban atau menyembelih hewan qurban

Hari raya idul dha disebut juga dengan hari raya qurban , maka dari itu di bulan dzulhijjah ada sebuah peristiwa penting yaitu menyembelih hewan qurban . Dan ini tidak terjadi setiap bulannya .

Waktu untuk berqurban

Ada banyak pendapat mengenai hal ini , diantaranya yaitu :

  • Waktu berkurban yang pertama yaitu tanggal 10 Dzulhijjah saat hari raya idul adha .
  • Ada juga yang menyebutkan bahwa waktu untuk berqurban yaitu pada hari tasyrik ( tanggal 11 , 12 dan 13 Dzulhijjah ).
  • Dan ada pula yang berpendapat bahwa waktu untuk berqurban yaitu pada hari raya idul adha dan hari tasyrik ( 10 , 11 , 12 , dan 13 Dzulhijjah .

Dan hewan yang digunakan untuk berqurban yaitu hewan ternak seperti domba , kambing , kerbau dan sapi .

7. Tidak Diperuntukkan untuk berpuasa di Hari Raya dan Hari Tasyrik

Pad hari raya dan hari tasyrik atau lebih tepatnya tanggal 10 , 11 , 12 , dan 13 Dzulhijjah , kita sebagai orang muslim dilarang untuk menjalankan ibadah puasa .  Dan keutamaan ini tidak ada dalam bulan – bulan yang lain .

Hari – hari itu memiliki arti sebagai hari – hari makan dan minum , hal ini berdasrkan pada hadist :

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

8. Waktu berkumpulnya Induk – induk ibadah 

Yang dimaksud dengan waktu berkumpulnya induk – induk ibadah , yaitu bahwa di bulan dzulhijjah waktu yang sangat langka karena kita dapat menjalankan ibadah shalat , puasa dan berbuat baik terhadap sesama secara bersamaan . Apalagi di bulan ini juga merupakan waktu untuk menjalankan ibadah haji yang menjadi rukun islam yang ke lima .

Di bulan dzulhijjah ini , kita mampu mendapatkan banyak pahala di luar kewajiban kita yaitu dengan menjalankan sunnah – sunnah rasul seperti puasa ‘Arafah , shalat idul adha dan menyembelih hewan qurban . Subhanallah. . .

Pada 10 hari pertama di bulan dzulhijjah juga kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah ,berdzikir kepada Allah swt ,dan memperbanyak berbuat baik terhadap sesama .

Yang pada intinya , kita sebagai seorang muslim janganlah menyianyiakan atau melewati begitu saja bula – bulan Haram yang sudah jelas banyak keutamaannya . Karena siapa sih yang tidak menginginkan pahala yang banyak dan mendapat keberkahan dari Allah swt selama hidupnya .

Untuk itu , mari mulai sekarang perbaiki kuwalitas dan kuantitas ibadah kita , sesungguhnya kebahagiaan yang abadi adalah kebahagiaan kelak di akhirat . Semoga bermanfaat dengan penjelasan mengenai keutamaan bulan dzulhijjah dalam syariah islam di atas . . .Amin

adversitemens