Memahami Keutamaan Berdzikir Dalam Syariat Islam

Keutamaan Berdzikir | Berdzikir memiliki banyak keutamaan serta manfaat bagi yang melakukannya . Berdzikir merupakan suatu cara seorang hamba untuk mengingat akan Tuhannya . Bagaimanakah cara berdzikir itu ? dan apakah keutamaan dari berdzikir ? Diantara kita pasti asih banyak yang bertanya – tanya tentang hal itu . Maka dari itu pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajarinya bersama .

Keutamaan Berdzikir

Keutamaan Berdzikir

Sebelum memahami apa saja yang termasuk kedalam keutamaan berdzikir , maka terlebih dahulu kita fahami tentang pengertian , dasar hukum perintah berdzikir , waktu dan bentuk pelaksanaan berdzikir

A. Pengertian dan dasar hukum Dzikir 

Kata dzikir berasal dari bahasa arab yang memiliki arti ingat . Dan secara syariat dzikir memiliki arti mengingat Allah swt dengan tujuan mendekatkan diri kepada Nya .

adversitemens

B. Dasar Perintah berdzikir 

Perintah berdzikir terdapat dalam QS. Al- Ahzab ayat 41 :

Keutamaan Berdzikir

Jelas sekali dalam ayat tersebut , bahwa kita sebagai orang muslim haruslah senantiasa berdzikir dan memperbanyak dzikir atau mengingat Allah swt .

C. Waktu melakukan dzikir 

Waktu untuk berdzikir yaitu boleh kapan pun , dimanapun dan bagaimanapun bentuknya . Kecuali di tempat – tempat yang dilarang , seperti berdzikir dalam kamar mandi atau WC .

adversitemens

Hal ini dijelaskan dalam QS.Ali Imran ayat 191 :

Keutamaan Berdzikir

D. Cara – cara berdzikir 

Bentuk dan cara – cara berdzikir , yaitu :

a. Dzikir dengan hati

Berdzikir dengan hati , yaitu berdzikir dengan mengingat akan penciptaan allah atau dengan bertafakur sehingga akan tercipta perasaan dalam diri seseorang bahwa Allah swt adalah dzat yang maha agung dan maha kuasa .

b. Dzikir dengan lisan

Berdzikir dengan lisan yaitu melakukan dzikir dengan lisan atau dengan cara mengucapkan lafadz – lafadz tentang kebesaran Allah swt yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw .

Contoh berdzikir dengan lisan yaitu : membaca tahmid , tasbih , hamdalah , Membaca al- qur’an , membaca shalawat dan bacaan 0 bacaa lainnya .

c. Dzikir dengan perbuatan

Berdzikir dengan perbuatan yaitu , berdzikir dengan cara melakukan semua perintah Allah swt dan menjauhi segala laranganNya .

Contoh berdzikir dengan perbuatan yaitu : mencari nafkah , menuntut ilmu , dan amalan – amalan baik lainnya . Dengan catata berniat hanya mencari ridha Allah swt .

Perhatikan ayat di bawah ini :

QS. AL-Baqarah ayat 152 

Keutamaan Berdzikir

Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwasannya , apabila seorang hamba senantiasa ingat kepada Allah swt maka Allah swt juga akan ingat kepadanya dan dalam ayat tersebut juga disebutkan bahwa kita sebagai manusia harus selalu bersyukur dan janganlah sekali – kali ingkar kepadaNya .

E. Keutamaan Dan Manfaat Berdzikir 

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang keutamaan dan manfaat berdzikir , antara lain :

  1. Mendapat Ampunan Dan mendapat pahala yang sangat besar 

Dengan berdzikir , maka semua dosa akan diampuni serta orang yang melakukan dzikir akan mendapat pahala yang sangat besar . Hal ini , dijelaskan dalam QS . AL -Ahzab ayat 35 :

Keutamaan Berdzikir

2. Akan diingat oleh Allah swt 

Dengan berdzikir , maka sudah pasti kita ingat kepada Allah swt . Dan bagi yang mengingatNya maka Allah swt juga akan mengingat hambanya yang selalu berdzikir kepadaNya .

Hal ini dijelaskan dalam QS. Al- Baqarah ayat 152 , yang artinya :

Keutamaan Berdzikir

3. Akan selalu beruntung 

Seorang mukmin yang senantiasa selalu mengingat allah atau berdzikir maka hidupnya akan selalu beruntung baik dunia ataupun akhirat . Perhatikan QS.Al- Anfal ayat 45 :

Keutamaan Berdzikir

4. Hati menjadi tenang 

Dalam kehidupan di dunia ini , masalah yang dapat menggundahkan hati pasti setiap orang merasakannya . Dan banyak cara yang dilakukan yang diangga dapat menghasilkan sebuah ketenangan ,antara lain : mendengarkan musik , refresing , bahkan ada juga yang melakukan hal – hal yang dilarang agama seperti minum – minuman keras . Semua hal tersebut , merupakan hal yang sangat bodoh .Mungkin memang akan merasa tenang , namun ketenangan tersebut bukanlah ketenangan yang hakiki . Karena cara yang paling tepat dan mudah untuk menghilangkan rasa gundah yaitu dengan cara berdzikir atau mengingat kepada Allah swt .

Perhatikan firman Allah swt dalam QS.Ar Ra’d ayat 28 :

Keutamaan Berdzikir

5. Membedakan antara orang mukmin dan orang munafik 

Orang yang munafik adalah orang yang tidak pernah mau untuk berdzikir kepada Allah swt . Jadi , dengan berdzikir , maka akan jelas perbedaannya antara orang yang mukmin dengan orang yang munafik .

Perhatikan QS.Annisa ayat 142 yang artinya :

Keutamaan Berdzikir

6. Berdzikir merupakan suatu amal ibadah yang mudah untuk dilakukan 

Berdzikir atau mengingat Allah swt merupakan suatu ibadah yang pelaksanaannya sangat mudah , dan dimanapun juga dapat dilakukan kecuali dilakukan di tempat yang dilarang seperti kamar mandi atau wc .

8. Mendapat kebahagiaan setelah kematian 

Seseorang yang gemar berdzikir akan mendapatkan suatu kebahagiaan setelah kematian , karena sesungguhnya pahala dzikir tidak akan mati walaupun orangnya telah mati .

9. Kehidupannya Disertai kebaikan demi kebaikan 

Kehidupan seseorang yang suka berdzikir , akan senantiasa diberi kebaikan demi kebaikan . Perhatikan hadist dibawah ini :

Keutamaan Berdzikir

Subhanallah . . .

Apakah kalian semua masih bermalas – malasan untuk berdzikir kepada Allah ? Dengan sebegitu banyak manfaat dan keutamaannya .Semua itu hanya diri kita yang dapat menentukan .Semoga dengan penjelasan tentang keutamaan berdzikir dalam syariat islam , kita dapat lebih selalu ingat dan bersyukur kepada Allah swt . Semoga bermanfaat…..AMIN

adversitemens