Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Dalam Agama Islam

Malam lailatul qadar merupakan malam yang mulia yang terjadi hanya satu tahun sekali dan waktu tepatnyapun tidak ada satu orang pun yang mengetahuinya , karena itu menjadi rahasia ALLAH swt . Lalu apa yang menjadi keistimewaan malam lailatul qadar di banding dengan malam – malam lainnya ? Pertanyaan seperti ini pasti masih banyak bermunculan diantara kita . Walaupun tidak menghilangkan kemungkinan bahwa sudah banyak juga yang mengetahui keistimewaan dari malam lailatul qadar atau malam seribu bulan . Namun tidak ada larangan bukan untuk saling mengingatkan dalam hal kebaikan .

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan Malam Lalatul Qadar

Dalam QS.Al-Qadr ayat 1 – 5 , dijelaskan dan digambarkan begitu besar keistimewaan malam lailatul qadar di bandingkan dengan malam – malam lainnya . Di dalam ayat tersebut juga dijelaskan bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang banyak mengandung kebaikan , keberkahan , risky , takdir , manfaat dunia dan akhirat serta terhindar dari gangguan setan .

Berikut penjelasan mengenai keistimewaan malam lailatul qadar secara lebih rinci :

1. Malam Lailatul Qadar merupakan waktu diturunkannya Kitab suci Al- Qur’an

adversitemens

Keistimewaan malam lailatul qadar yang pertama , yaitu merupakan malam dimana Allah swt menurunkan kitab suci Al-Qur’an kepada Rasulullah saw , sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia di bumi dalam menjalankan segala urusan baik urusan dunia ataupun akhirat . Hal ini dijelaskan dalam sebuah Hadist berikut :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

2. Malam Lailatul Qadar Merupakan Malam Yang Penuh Berkah

Allah swt berfirman dalam QS.Ad- Dukhan ayat 3 :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Dalam ayat tersebut malam yang di maksdud yaitu malam lailatul qadar . Dan sudah jelas sekali bahwa keistimewaan malam lailatul qadar dibanding dengan malam yang lain yaitu merupakan malam yang penuh dengan keberkahan .

adversitemens

3. Malam yang lebih mulia dari 1000 bulan 

Yang di maksud dengan malam lailatul qadar lebih mulia lebih mulia daripada 1000 bulan yaitu bahwa seseorang yang beribadah di malam lailatul qadar seperti shalat malam , dzikir atau amalan yang lainnya itu lebih baik daripada amal ibadah shalat dan puasa selama 1000 bulan . Subhanallah . .  .Pendapat ini merupakan pendapat para ulama yang telah di sepakati .

Allah swt berfirman dalam QS.Al-Qadr ayat 3 :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

4. Malam dimana Para Malaikat Turun ke bumi , termasuk Malaikat Jibril

Di malam lailatul qadar , dengan seizin Allah swt para malaikat turun ke bumi . Dan turunnya malaikat menandakan banyaknya berkah dan rahmat yang turun . Sebagaimana para malaikat turun ketika ada seseorang yang membaca Al-Qur’an , mereka ( malaikat ) mengitari orang – orang yang berada dalam majelis ilmu .

Keistimewaan malam lailatul qadar bahwa di malam itu Allah swt menurunkan para malaikat , dijelaskan dalam FirmanNya yang terkandung dalam QS. Al- Qadr ayat 4 :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

5. Malam Yang Penuh Dengan Keselamatan

Malam lailatul qadar disebutkan bahwa sebagai malam yang sifatnya ” Salaam ” , atau yang artinya bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang penuh dengan keselamatan . Karena dimalam ini , para saitan tidak mampu berbuat apa – apa dan tidak dapat mengganggu manusia dengan hal – hal yang buruk sampai dengan terbitnya fajar .

Dan dapat diartikan juga bahwa di malam lailatul qadar , banyak yang selamat dari hukuman dan siksaan . Karena di malam ini Allah swt akan mengampuni dosa orang – orang yang mau meminta dan bermuazabah kepada Allah swt di malam tersebut .

Allah swt berfirman dalam QS.Al-Qadr ayat 5 :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

6. Malam dimana Allah swt mencatat takdir tahunan 

Di dalam sebuah kitab tafsir ibnu kasir , dijelaskan bahwa pada malam lailatul qadar di lauhul Mahfudz mengenai penulisan takdir dalam waktu satu tahun kedepan , terasuk juga dicatat ajal dan rizki.  Dan di malam lailatul qadar juga akan di catat segala sesuatu yang akan terjadi sampai akhir tahun .

Allah swt berfirman dalam QS. Ad-Dukhan ayat 4 :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

7. Allah swt akan mengampuni dosa orang yang menghidupkan malam lailatul qadar 

Perhatikan hadist di bawah ini :

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Dari hadist di atas , dapat kita simpulkan bahwa seseorang yang melaksanakan ibadah di malam lailatul qadar seperti shalat ,dzikir , membaca Al- Qur’an karena keimanan maka Allah swt akan mengampuni dosa – dosanya yang telah lalu . Yang di maksud dengan keimanan yaitu beribadah karena Allah , tidak menjalankan ibadah dengan tujun tertentu atau alasan kecuali mencari ridho Allah swt .

Demikian penjelasan mengenai keistimewaan malam lailatul qadar dalam agama islam . Semoga dengan penjelasan di atas , kita mampu memperbaiki diri kita di mulai dari sekarang dan seterusnya . Karena seseorang yang akan mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar adalah orang yang rajin beribadah tidak hanya di waktu tertentu saja. Namun yang perlu diingat yaitu kita hanya seorang hamba yang hanya mampu berusaha yang mengatur semua tentang pahala hanyalah Allah swt . Semoga di taun ini , kita mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan mampu menjadi salah satu orang yang bertaqwa . Amin

adversitemens