Keadaan Disaat Sakaratul Maut Yang Dialami Manusia

Sakaratul maut merupakan suatu proses tercabutnya nyawa dari tubuh manusia dan ini adaah waktu yang sangat menegangkan . Lalu apakah keadaan disaat sakaratul maut antara manusia yang satu dengan yang lainnya sama ? ataukah berbeda ? Dan bagaimana sikap kita yang seharusnya ketika menghadapi seseorang disaat sakaratul maut ? Dalam kesempatan kali ini , kita akan mempelajarinya kedua hal tersebut . Supaya kita tidak salah lagi dalam bertindak dan supaya kita juga selalu ingat bahwa kita hidup di dunia ini hanyalah sementara , dan kebahagiaan di dunia ini hanyalah tipuan , karena kebahagiaan yang sesungguhnya yaitu kelak di akhirat . Dan untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat semua tergantung dengan amal ibadah kita selama di dunia .

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

Kadaan Disaat Sakaratul Maut

Sakaratul maut atau kematian adalah sebuah hal yang pasti . Dan seluruh mahluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian , cuma waktu dan caranya yang kita tidak tahu . Namun , tidak ada salahnya jika kita memahami bagaimana keadaan manusia disaat sakaratul maut . Tujuannya yaitu supaya semakin rajin beribadah ,serta meninggalkan semua hal – hal batil atau keburukan . Dan selalu ingat bahwa dunia ini hanyalah kefanaan .

Sakaratul maut merupakan situasi yang menegangkan dan menakutkan, seperti yang dujelaskan di bawah ini :

Keadaan disaat sakaratul maut

adversitemens

Subhanallah . . .Dari penjelasan di atas , sangat jelas bahwa proses sakaratul maut begitu dahsyat .Lalu bagaiana dengan waktu sakaratul maut ? apakah di dalam Al-Qur’an dijelaskan ? untuk lebih jelasnya lagi dan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut mari kita perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini :

A. Waktu Datangnya sakaratul maut menurut Al-Qur’an , adalah :

1. Kematian akan mendatangi semua orang , walaupun dia berlindung di bangunan yang kokoh , menggunakan alat kedokteran yang canggih ataupun di rawat oleh dokter yang paling canggih yang ada di dunia ini .

Allah swt menjelaskan dalam firmanNya yang terkandung di dalam QS. An- Nisa ayat 78 :

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

2. Kematian sifatnya memaksa , serta siap menghampiri siapa saja yang Allah swt kehendaki walaupun dia telah menghindari hal – hal yang dapat menyebabkan kematian .

adversitemens

Allah swt berfirman dalam QS.Ali Imran ayat 154 :

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

3. Waktu datangnya kematian yaitu secara tiba – tiba , tanpa direncana .

Allah swt menjelaskan hal ini dalam QS. Luqman ayat 34 :

Keadaa Disaat Sakaratul Maut

4. Kematian tidak dapat dihindari walaupun telah lari ,karena kematian menghampiri semua orang .

Allah swt menjelaskan hal ini dalam firmanNya Yang terkandung di dalam QS. Al- Jumu’ah ayat 8 :

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

5. Waktu datangnya kematian tidak dapat ditunda atupun di percepat .

Allah swt berfirman dalam QS.Al- Munafiqun ayat 11:

Keadaan Disat Sakaratul Maut

B. Dahsyatnya Rasa Sakit Pada waktu Sakaratul Maut 

Rasulullah saw menggambarkan bagaimana rasanya yang akan di alami seseorang saat sakaratul maut , sebagai berikut :

1. Bagaikan Tertusuk 300 pedang .

Proses sakaratul maut digambarkan bagaikan tertusuk pedang sebanyak 300 pedang , hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist :

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

2. Gambaran kematian yang paling ringan 

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist dibawah ini :

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

Pendapat para sahabat Nabi tentang bagaimana rasanya sakaratul maut :

1. Bagaikan duri yang ditancapkan ke dalam perut .

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

2. Bagaikan ditarik – tarik seluruh anggota tubuhnya

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

Dan dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Ghozali , diceritakan bahwa sekelompok Bani Israil melewati sebuah kuburan , dan saat itu Allah swt menghendaki salah satu dari mayat tersebut hidup dan menceritakan bagaimana rasanya sakaratul maut . Dengan izin Allah swt dengan suatu cara dengan tiba – tiba mereka dihadapkan dengan seorang pria yang muncul dari salah satu kuburan , Dan dia berkata : “Wahai manusia ” , dan ia juga berkata :” Apa yang kalian kehendaki dari diriku ? lima puluh tahun yang lalu akan mengalami kematian , namun hingga kini rasa perih bekas sakaratul maut itu juga belum hilang dari diriku .”

Waktu terjadinya sakaratul maut berbeda – beda lamanya . Hitungannya tidak seperti yang terlihat dalam detikan seperti waktu di dunia ini . Dan rasa sakit saat sakaratul maut yang dialami setiap orang berbeda – beda sesuai dengan tingkatan amal ibadahnya .

Dan dalam sebuah riwayat juga dijelaskan bahwa rasa sakit yang dialami ketika sakaratul maut , itu merupakan prses pengurangan kadar siksaan akhirat kelak . Wallahua’lam .

C. Proses Sakaratul Maut orang Zalim dan Orang yang bertaqwa 

  1. Proses Sakaratul Maut Orang Yang Zalim

Gambaran wujud malaikat maut yang Allah swt jelaskan adalah sebagai berikut :

  • Pria besar yang memiliki kulit lebam
  • Berbau busuk
  • Rambutnya berdiri
  • Memiliki dua buah mata yang terletak di depan dan di belakang
  • Menggunakan pakaian serba hitam
  • Mulutnya keluar jilatan api

Ciri – ciri tersebut diambil dari sebuah kutipan yang diriwayatkan oleh imam ghozali dari sebuah cerita keinginan nabi ibrahim a.s untuk melihat wujud malaikat maut .

Dan ciri malaikat tersebut , akan diperlihatkan kepada orang yang zalim .

Subhanallah . . .Dari penjelasan diatas tentang gambaran bagaimana malaikat maut saja sudah sangat mengerikan apalagi ketika malaikat sudah mulai menyentuh tubuh kita dan mulai mengambil nyawa kita , serta menarik – narik dan mengoyak – oyak  serta menghentak – hentak agar roh kita lepas dari tubuh kita dan melepaskan roh yang masing suka dengan keduniaan dan enggan meninggalkan dunia . Ini dapat diibaratkan dengan melepas akar yang berserabut baja dari tanah yang terbuat dari timah keras .

Allah swt juga menjelaskan dalam beberapa firmanNya dalam Al-qur’an tentang sakaratulnya orang dzalim, diantaranya :

  • QS.Al- An’am ayat 93 :

Keadaan Disaat sakaratul Maut

  • QS. An- Nahl ayat 28-29 :

Keadaan Disaat Sakaratul maut

Proses akhir sakaratul maut orang yang dzalim :

  • Di akhir sakaratul maut , seorang manusia akan diberi tahu bagaiman wajah dua malaikat pencatat amal . Kepada orang yang zalim , malaikat akan berkata : ” Semoga Allah swt tidak memberimu balasan yang baik , engkaulah yang membuat kami terpaksa hadir ketengah – tengah prbuatan keji dan buruk yang engkau  lakukan , dan memaksa kami mendengarkan perkataan – perkataan burukmu yang keluar dari mulutmu . Semoga Allah tidak memberimu balasan yang baik . ” Dan seketika orang yang sedang sakaratul maut menatap lesu kepada kedua malaikat tersebut .
  • Ketika sakaratul maut akan berakhir , dan tenaga pun mulai berkurang dan rohpun mulai keluar dari jazad. Maka tibalah malaikat maut , memberi tahu tempat tinggal kelak di akhirat kepada orang zalim . Malaikat ucapan malaikat tersebut seperti ini :

” Wahai musuh Allah , itulah rumahmu kelak ,bersiap – siaplah engkau disiksa di dalam neraka “

Na’udzubillah himindzalik . . . .

2. Sakaratul Maut Orang Yang Bertaqwa

Sebaliknya , bagi orang – orang yang bertaqwa malaikat maut akan memunculkan rupaya sebagai pemuda yang tampan , menggunakan pakaian yang indah serta menyebarkan wewangian yang sangat harum .

Allah swt berfirman dalam QS.An- Nahl ayat 30 , 31 , dan 32 :

Keadaan Disaat Sakaratul Maut

Keadaan terakhir sakaratulmautnya orang yang bertaqwa :

Saat terakhir sakaratul maut , malaikat maut akan menunjukkan syurga untuk tempat tinggal orang yang beriman . Dan malaikat maut tersebut berkata :” Bergembiralah wahai sahabat Allah , itulah rumahmu kelak , dan bergembiralah dalam masa – masa menunggumu .”

Subhanallah . . .Pasti kita semua menginginkan hal yang seperti ini bukan ? jawaban iya hanya untuk orang – orang yang normal saja .

Hal – hal yang dilakukan ketika menghadapi orang yang sedang sakaratul maut

Telah dijelaskan semua mengenai bagaimana sakaratul maut itu . Lalu bagaimanakah ketika kita menghadapi orang yang sedang sakaratul maut ? berikut adalah beberapa hal yang disunnatkan untuk dilkukan ketika menghadapi orang yang sedang sakaratul maut :

1. Talqin

Ketika kita menghadapi seseorang yang sedang mengalami sakaratul maut , maka yang kita pertama lakukan yaitu mengajarinya untuk membaca :”La illaha illaalah ” . Ini dilakukan jika orang yang sedang sakaratul maut sudah tidak memungkinkan untuk membaca syahadat . Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist di bawah ini :

Dari Abu Sa’id al – Khudri , mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda : ” Ajarkan orang – orang yang akan meninggal membaca ” La illaha illallah !” ( HR . Muslim, Abu Daud dan Turmudzi )

Dan diriwayatkan juga oleh Abu Daud dari Mu’adz bin jabal r.a. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : ” Barangsiapa yang diakhir hidupnya mengucapkan lafadz LA ILLAHAILLALLAH , pasti ia akan masuk surga .”

2. Menghadapkan ke arah kiblat .

Yang dimaksud yaitu menghadapkan ke arah kiblat , yaitu menghadapkan ke arah kanan dalam posisi berbaring .

3. Membaca surah Yasin.

Ketika kita menghadapi seseorang menjelang ajalnya maka , segeralah bacakan surah yasin .Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang isinya bahwa surah yasin adalah jantung al-qur’an dan tiadk ada dari seorangpun yang membacanya dengan mengharap ridho Allah swt ,dan pahal akhirat  kecuali akan diampuniNya . Dan bacalah surat yasin kepada orang yang hendak sakaratul maut .

4. Menutupkan kedua matanya bila telah meninggal .

5. Menyelimutinya .

6. Segera Menyelenggarakan pemakamannya .

7. Membayar utangnya .

Subhanallah . . .Begitu dahsyat peristiwa sakaratul maut . Jika kita yang masih hidup melihat peristiwa – peristiwa seperti itu pasti kita tidak akan pernah bisa tidur apalagi bersantai – santai tanpa melakukan ibadah . Maka dari itu , mari kita perbaiki kualitas ibadah kita . Sesungguhnya tidak ada kata terlambat untuk bertaubat , karena Allah swt maha pengampun . Akan tetapi janganlah bertaubat sambel , yang sebentar – sebentar taubat sebentar – sebentar kumat .

Semoga kita tergolong orang – orang yang bertakwa , dan mendapatkan tempat yang indah kelak di akhirat yaitu surga . Dan semoga dengan penjelasan keadaan disaat sakaratul maut yang akan dialami oleh manusia , menjadikan kita lebih mempersiapkan lagi untuk bekal kelak kita di akhirat . Dan menjadikan kita menjadi pribadi yang setiap bertindak berfikir bahwa Allah swt mengawasi kita , serta kehidupan yang sesungguhnya yaitu di akhirat .

adversitemens