Pengertian Iman Kepada Qada dan Qadar Secara Lengkap

Iman kepada qada dan qadar | Iman kepada qada dan qadar adalah rukun iman yang terakhir atau keenam. Iman kepada qada dan qadar juga tidak kalah penting untuk dipercayai dari rukun iman yang lainnya .Qada dan qadar lebih di kenal dengan kata  takdir .Takdir di alam ini ada yang baik dan ada pula yang buruk .

iman kepada qada dan qadar

Pengertian qada dan qadar

Qada yaitu ketetapan Allah swt sejak zaman azali sesuai dengan kehendakNya (Iradah ) tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan mahluknya .Qadar yaitu Perwujudan dari qada atau ketetapan Allah swtdalam kadar tertentu sesuai dengan kehendakNya (takdir).

Hubungan antara qada dan qadar  yaitu hubungan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan karena qada diibaratkan rencana , sedangkan qadar sebagai perwujudan atau kenyataan yang terjadi .Allah swt dalam melakukan qadarNya sesuai dengan kehendakNya.hal ini dijelaskan dalam QS.Al- Hijr ayat 21 :

iman kepada qada dan qadar

adversitemens

Pengertian Iman kepada Qada dan Qadar

Iman kepada qada dan qadar yaitu percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah swt telah menentukan segala sesuatu yang akan terjadi untuk mahluknya (qada dan qadar ) .

Setiap manusia , telah di ciptakan dengan ketentuan – ketentuan dan telah di atur nasibnya sejak zaman azali .Akan tetapi bukan berarti kita sebagai manusia bermalas – malasan menunggu nasib tanpa berusaha / berikhtiar .Karena sebuah keberhasilan tidak akan tercapai tanpa adanya usaha .

Hadist tentang qada dan qadar :

iman kepada qada dan qadar

Macam -macam Takdir

Ada dua macam takdir yaitu takdir Mualaq dan takdir mubran.

1.Takdir Muallaq

Takdir muallaq yaitu takdir yang masih dapat di rubah dengan usaha atau ikhtiar .Contohnya yaitu :seseorang yang ingin kaya maka harus bekerja , orang yang menginginkan pandai maka harus belajar .Segal sesuatu yang kita inginkan tidak akan tercapai jika tidak dibarengi dengan berikhtiar atau berusaha.

adversitemens

Firman Allah swt dalam QS.Ar-Ra’du ayat  11:

iman kepada qada dan qadar

2. Takdir Mubran

Takdir mubran yaitu takdir yang tidak dapat di rubah lagi ,walaupun sudah berikhtiar .Contohnya adalah kematian seseorang .

Firman Allah swt dalam QS.Al-A’raf ayat 34 :

iman kepada qada dan qadar

Hikmah beriman kepada qada dan qadar :

  1. Melatih diri untuk lebih bersyukur kepada Allah swt.
  2. Mendekatkan diri kepada Allah swt .
  3. Melatih seseorang menjadi orang yang giat berusaha dan tidak cepat putus asa .
  4. Menghindarkan dari sifat sombong .
  5. Dapat menenangkan jiwa .
  6. Membiasakan diri untuk bersabar dan bertawakal kepada Allah swt .

Demikian penjelasan mengenai Pengertian iman kepada qada dan qadar . Semoga kita tidak akan lebih giat lagi usaha untuk mencapai impian – impian kita akan tetapi jangan lupa kita ber doa kepada Allah swt serta bertawakal kepadaNYa. Dan lebih bersyukur terhadap semua yang sudah kita terima selama ini , serta tidak menyesali semua yang sudah terjadi karena sesungguhnya manusia hanya dapat berusaha dan yang menentukan semua hanyalah ALLAH SWT .

adversitemens