Memahami Definisi Iman Kepada Kitab – Kitab ALLOH swt

kitab - kitab alloh

Iman kepada kitab – kitab Alloh swt | Iman kepada kitab – kitab Alloh merupakan rukun iman yang ke 3. Saat ini , kita lebih memahami tentang  kitab – kitab Alloh , serta pengertian kitab – kitab ALLOH serta pembahasan lain yang berhubungan dengan kitab – kitab Alloh .Mari kita belajar bersama .

Pengertian iman kepada kitab – kitab Alloh

Kitab – kitab Alloh yaitu kumpulan wahyu Alloh swt yang diturunkan atau disampaikan  kepada Rosul Alloh  yang selanjutnya diajarkan kepada umat manusia sebagai pedoman dan petunjuk hidupnya .

Iman kepada kitab – kitab Alloh berarti ,meyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa ada kitab – kitab Alloh yang kditurunkan kepada para Rosul untuk disampaikan kepada umatNya .

Ciri – ciri atau tanda bahwa orang tersebut beriman ,yaitu dengan mempercayai kitab – kitab Alloh.Umat islam harus mempercayai dan meyakini bahwa semua kitab – kitab yang diturunkan Alloh itu benar .

adversitemens

Dalil naqli tentang beriman kepada kitab – kitab Alloh , Yaitu terkandung didalam QS.An – Nisa ayat 136 :

kitab - kitab alloh

Lafadz ( Ya ayyuhalladzina amanu aminu billahi wa rosulihi wal kitabi lladzi nazzala ,ala rosulihi wal kitabilladzi anzala min qoblu wamanyak fur billahi wamalaikatihi wakutubibi warusulihi , wal yaumil akhiri waqod dolam bangidan )

Artinya :

 kitab - kitab alloh

Nama – nama kitab Alloh dan Rasul yang menerimanya

Jumlah kitab yang wajib kita imani yaitu ada 4 :

adversitemens
  1. Kitab Zabur

Kitab zabur diturunkan kepada nabi Dawud a.s. Kitab ini diturunkan sekitar abad 10 sebelum Masehi. Pokok ajaran yang terkandung di dalam kitab zabur ini yaitu berisi tentang nasihat , zikir dan hikmah , tidak memuat hukum- hukum syariat . Kitab zabur merupakan kitab sebagai petunjuk untuk mengesakan Alloh .

2. Kitab Taurat

Kitab Taurat diturunkan kepada nabi Musa a.s. Kitab Taurat diturunkan pada abad 12 sebelum masehi . Pokok ajaran yang terkandung didalam kitab ini yaitu akidah ( tauhid ) serta hukum syariat .

3. Kitab Injil

Kitab injil diturunkan kepada nabi isya a.s. Kitab ini diturunkan pada abad pertama masehi ,pokok isi ajarannya sama dengan kitab taurat dan menghapus isi kitab taurat yang sudah tidak sesuai dengan zaman waktu itu .

4. Kitab Al-qur’an

Kitab AL-QUR’AN diturunkan kepada nabi Muhammad saw pada abad 6 masehi.Di dalam Al – qur’an membahas tentang aqidah , hukum syariat dan menghapus hukum- hukum yang ada pada kitab sebelumnya serta menyempurnakan dengan hukum syariat dengan perkembangan zaman .

Disamping kitab , Alloh swt juga menurunkan suhuf.

Suhuf yaitu lembaran – lembaran yang berisi tulisan dan tidak dibukukan .Suhuf juga merupakan wahyu Alloh yang diturunkan kepada para nabi yang isinya nasihat atau dasar secara umum yang tidak wajib disampaikan kepada umat manusia .

Nabi – nabi yang menerima suhuf :

a. Nabi Syis a.s. , menerima sebanyak 50 suhuf

b. Nabi Idris a.s. , menerima 30 suhuf

c. Nabi ibrahim a.s. , menerima 10 suhuf

Isi dari semua kitab yang diturunkan Alloh swt , intinya sama yaitu ajaran tauhid untuk mengesakan Alloh swt yang membedakan hanya hukum syariat yang di sesuaikan dengan zaman dan keadaan umat .

Al- QUR’AN Sebagai Kitab Suci yang terakhir dan terlengkap

Pengertian Al-qur’an

Secara bahasa al-qur’an adalah bacaan . Sedangkan secara istilah , al-qur’an merupakan suatu kumpulan dari wahyu alloh yang diturunkan kepada nabi Muhammad  dengan perantara /melalui malaikat jibril yang barang siapa membacanya tergolong ibadah .

Al- qur’an diturunkan kepada nabi muhammad melalui malaikat jibril secara berangsur – angsur selama 22tahun 2 bulan 2 hari.

Al -qur’an terdiri dari 30 jus , 114 surat dan 6.666 ayat .

Wahyu yang pertama diturunkan yaitu surah Al- alaq ayat 1-5 , waktu diturunkannya pada malam tanggal 17 ramadhan tahun 610 M di Gua Hiro ketika Nabi Muhammad sedang melakukan Halwat ( berdiam diri bertafakur )

Surah yang terakhir turun yaitu surat AL- Maidah ayat 3  surat ini turun di padang Arofah , ketika nabi muhammad menunaikan ibadah Haji wada ( haji perpisahan ) .

Al-qur’an adalah kitab yang terakhir dan paling lengkap dan selalu dijaga oleh Alloh swt sampai akhir zaman , seperti yang terkandunf di dalam QS.Al- HIJR ayat 9 :

Kitab - kitab Alloh

Lafadz ( Inna nahnu nazzalnaa dzikra wa inna lahu laha fiduna )

Artinya :

kitab - kitab alloh

Nama – nama lain dari al-qur’an

Sesuai dengan fungsinya , al-qur’an memiliki nama – nama lain yaitu :

a. Ad-dzikru artinya peringatan .

b. Al- kitab artinya buku .

c. Al – huda artinya petunjuk .

d. Al – furqon artinya pembeda .

e. Al – bayyan artinya keterangan .

f.As-syifa artinya obat penawar .

Keistimewaan Al- qur ‘an

Al- qur’an memiliki beberapa keistimewaan atau keutamaan di banding dengan kitab – kitab yang lain , antara lain :

a. Isi kandungan di dalam al – qur’an paling sempurna dan lengkap serta berlaku sepanjang zaman dan berlaku untuk seluruh umat manusia .

b. Al- qur’an tidak dapat dimasuki oleh ide- ide manusia yang bermaksud menghancurkannya , karena Alloh swt sendiri yang menjaganya .

c. Merupakan sumber ilmu pengetahuan dari segala sumber ilmu pengetahuan yang ada .

d. Mengandung semua hukum untuk mengatur kehidupan sosial manusia .

e. Dapat menjawab persoalan manusia dari masa ke masa .

Umat islam , jika berpegang teguh kepada al-qur’an maka hidupnya tidak akan tersesat baik dunia maupun akhirat .

Seperti yang di jelaskan di dalam hadist yang artinya : ” Kutinggalkan untukmu dua perkara , kalian tidak akan tersesat selama berpegang kepada keduanya , yaitu kitabbullah ( al -qur’an ) dan synnah RosulNya .” ( HR .Hakim )

Kitab yang diturunkan setelah al – qur’an tidak ada , karena yang berlaku hanyalah al -qur’an. Al -qur’n merupakan kitab yang paling sempurna dan lengkap serta abadi sepanjang masa serta berlaku untuk seluruh umat manusia sebagai petunjuk / pedoman hidup baik di dunia ataupun akhirat .

Didala kehidupan sehari – hari , kita sebagai manusia membutuhkan pedoman seperti ilmu aqidah akhlak, muamalah dan ilmu fiqh .Maka dengan Al – qur’an lah kita mendapatkan itu semua.

Setelah kita mempelajari iman kepada kitab – kitab alloh , sekarang kita jadi lebih tahu lagi mengenai kitab – kitab alloh terutama kitab suci agama islam yaitu al-qur’an . Dengan membaca al-qur’an sudah termasuk ibadah maka kita sesering mungkin membacanya supaya amal ibadah kita makin banyak .AMIN

adversitemens