Hukum Puasanya Anak Belum Baligh Di Bulan Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan salah satu amalan yang di wajibkan bagi setiap muslim dengan syarat – sayart tertentu. Bagaimanakah hukum puasanya anak  yang belum baligh ? wajib atau tidak ? dan bagaimana pahala yang di dapatkanya ? Para orang tua pasti banyak yang bertanya – tanya mengenai hal ini , karena yang sudah terbiasa terjadi di lingkungan kita banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk berpuasa sejak usia masih kanak – kanak . Namun ada pula orang tua yang takut untuk mengajarkan anaknya untuk berpuasa karena takut terjadi apa – apa pada anaknya . Untuk lebih jelasnya dan supaya tidak ada salah persepsi maka mari kita pelajari bersama – sama mengenai hukum puasanya anak kecil .

Hukum Puasanya Anak Belum Baligh

Hukum Puasanya Anak Belum Baligh

Sebelum kita memahami bagaimana hukum puasanya anak kecil , alangkah baiknya kita fahami terlebih dahulu mengenai sejak umur berapakah kita wajib untuk menjalankan ibadah .

Batasan Anak Untuk Beribadah

Perhatikan Hadist dibawah ini :

adversitemens

Hukum Puasanya Anak Belum Baligh

Dari hadist diatas , dijelaskan bahwa seorang wali atau orang tua wajib mengajarkan kepada anaknya untuk menjalankan ibadah shalat sejak usia tujuh tahun . Dan apabila sudah berusia sepuluh tahun cara mengajarinya lebih keras yaitu di pukul . Namun di pukul disini bukan berarti dianiyaya . Dan cara ini supaya di waktu anaknya baligh sudah terbiasa untuk menjalankan kewajibannya sebagi seorang hambanya Allah swt .

Batas Usia Anak Untuk Puasa

Jika melihat dari hadist diatas , maka sejak usia 7 tahun anak – anak harus sudah di latih dan diperintahkan untuk shalat , bukan puasa . Dengan demikian maka kewajiban seorang anak untuk menjalankan puasa jika sudah baligh. Seperti yang menjadi salah satu syaratwajib puasa , yaitu sudah baligh .

Baligh ,tercapai jika sudah keluar air mani melalui mimpi basah ini batasan baligh bagi anak laki – laki . Dan bagi anak perempuan yaitu telah mengalami haid . Tanda lain yaitu tumbuh rambut dan sudah berusia 15 tahun.

Hukum Puasa Bagi Anak Kecil Yang Belum Baligh

adversitemens

Salah satu syarat wajib puasa , yaitu baligh . seperti yang tercantum di dalam sebuah hadist berikut :

Hukum Puasanya Anak Belum Baligh

Dari penjelasan hadist di atas , maka hukum puasanya anak kecil belum baligh Tidak Wajib . Yang wajib yaitu terhadap walinya untuk memerintahkan dan melatih anaknya untuk berlatih berpuasa walaupun hanya setengah hari , supaya nanti terbiasa saat anaknya sudah baligh . Dengan catatan anaknya tersebut kuat dan mampu untuk berpuasa , serta tidak membahayakan kesehatannya jika berpuasa .

Para Ulama juga menjelaskan bahwa , dahulu Rasulullah saw selalu mengajarkan pada anak – anaknya yang masih kecil untuk berpuasa . Para sahab juga mengajarkan anak – anaknya yang masih kecil untuk berpuasa .

Jadi , jika seorang anak yang belum baligh menjalankan puasa , maka hukumnya boleh dan mendapat pahala serta tidak mendapat dosa jika meninggalkannya atau tidak berpuasa.Dan ketentua pahalanya berbeda dengan orang yang sudah baligh dan hanya Allah swt yang mengetahuinya .

Yang perlu diperhatikan janganlah menggunakan cara – cara kasar dalam mengajar anak – anak yang masih kecil . Karena dalam islam walaupun memerintahkan umatnya untuk selalu tegas , tetapi harus dengan kelembutan juga bukan denga kekerasan . Selain itu juga , jika akan mengajari anaknya kita menjadi orang tua yang terlebih dahulu memberi contoh selalu mengerjakan semua kewajiban ibadah kepada Allah swt . Jangan hanya memberi perintah kepada anaknya , namun harus disertai contoh yang baik pula .

Sudah jelas bukan bagaimana hukumnya puasa anak kecil yang belum baligh? yaitu tidak wajib . Namun tidak di larang juga ketika ada orang tua yang mengajarkan anaknya untuk berlatih menjalankan puasa . Karena kewajiban orang tua yaitu mengajar anak – anaknya untuk taat terhadap syariat islam dan selalu menjalankan kewajiban beribadah kepada ALLAH SWT . Orang tua yang sayang terhadap anaknya adalah orang tua yang selalu mengajarkan anaknya dalam kebaikan dan mengajarkan anaknya syariat islam melatih dan membiasakan .Hal ini merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga bagi anaknya sebagai bekal kelak ketika telah memiliki kewajiban yang hakiki .

Semoga penjelasan di atas dapat membantu permasalahan selama ini . Dan bagi orang tua yang masih was – was untuk mengajarkan anaknya untuk berpuasa , semoga sudah mendapat petunjuknya . Yang perlu di garis bawahi dari pembahasan di atas yaitu bahwa menjadi orang tua harus menjadi contoh yang baik utuk anak – anaknya . Dan waktu di saat anak belum besar atau belum baligh adalah waktu yang sangat efekif untuk membiasakan ibadah kepada anaknya tersebut , supaya ketika sudah baligh tidak menjadi anak yang membangkang terhadap syariat agama .

Semoga bermanfaat . . . .AMIN

adversitemens