Hukum Memakai Kutek Dan Celak Dalam Syariah Islam

Hukum Memakai Kutek Dan Celak | Bagaimanakah hukum memakai kutek dan celak dalam syariat islam ? boleh ataukah tidak ? Sedangkan para kaum wanita sangat suka mempercantik diri dengan kutek dan juga celak . Karena pada dasarnya fitrah seorang wanita menyukai pada hal keindahan dan kecantikan . Pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajarinya bersama .

Hukum Memakai Kutek

Hukum Memakai Kutek Dan Celak

A. Hukum Memakai Kutek  

Kutek atau mewarnai kuku merupakan salah satu bentuk perhiasan dari diri wanita . Wanita berhias bertujuan untuk memperindah dan mempercantik diri . Apabila dandanan atau kecantikan disalurkan pada jalan yang di Ridhai Allah atau jalan yang di halalkan , maka akan dihitung atau termasuk ke dalam ibadah . Dapat dicontohkan seorang wanita merias diri atau memakai make up ditujukan untuk membahagiakan suaminya , dan menjadikan seorang suami tertarik pada dirinya maka wanita tersebut akan mendapatkan ganjaran atau pahala ibadah dari Allah swt .

Sebaliknya , apabila kecantikan digunakan untuk menarik atau menjerat seorang laki – laki yang bukan mahramnya maka wanita tersebut akan mendapatkan dosa yang mengakibatkan siksa di neraka kelak .Na’udzubillah . . . .

adversitemens

Jadi , pada dasarnya Hukum memakai kutek adalah sunnah dan dapat juga berubah menjadi dosa / haram , tergantung pada niat , tujuan dan cara mempraktekannya .

  • Hukum memakai kutek bagi kaum wanita yang telah bersuami adalah sunnah , apabila diizinkan oleh suaminya . Dan haram hukumya apabila tidak diizinkan oleh suaminya .
  • Hukum memakai kutek bagi kaum wanita yang belum bersuami adalah mubah , bahkan menjadi haram apabila dilakukan untuk mengundang syahwat kaum laki – laki yang bukan mahramnya .

Berikut hadist yang menjelaskan tentang hukum memakai kutek :

Hukum Mmemakai Kutek

Dan Hukum memakai kutek pada saat berwudhu hukumnya haram . Karena sifat kutek pada dasarnya kedap air dan menghambat terserapnya air. Sedangkan salah satu syarat wudhu harus membasuh kedua tangan . Jadi , dapat disimpulkan bahwa berwudhu dalam keadaan memakai kutek hukumnya haram karena menjadikan tidak syah wudhu seseorang .

Hukum Memakai Kutek

B. Hukum Memakai Celak

adversitemens

Memakai celak juga merupakan salah satu bentuk merias atau mempercantik diri .Celak juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mata .Dan memakai celak merupakan suatu anjuran dari Rasulullah saw . Jadi , hukum menggunakan celak adalah Sunnah . 

Hukum Memakai Kutek

Anjuran memakai celak merupakan suatu yang disyariatkan baik untuk kaum laki – laki ataupun kaum perempuan . Hukum Menggunakan Celak

Jadi , para ulama bersepakat bahwasannya memakai cealak boleh dilakukan baik oleh wanita atau pria . Namun juga perlu diperhatikan bagi seorang pria jangan menggunakan alasan dibolehkannya memakai celak lalu menjadikan dirinya menyerupai laki – laki . Karena Allah swt akan melaknat seseorang yang menyerupai lawan jenisnya .

Menurut fungsinya , celak dibagi menjadi 2 macam yaitu :

  • Memakai celak dengan tujuan untuk menajamkan mata , membersihkan mata dan menjernihkan mata tanpa ada tujuan menghias atau memperindah mata .
  • Memakai celak dengan tujuan untuk memperindah mata atau mempercantik penampilan .

Hukum memakai celak akan menjadi haram , apabila memakai celak dengan tujuan mencari popularitas dan menarik perhatian lawan jenis . Serta haram menggunakan celak , ketika takut terjadi fitnah bagi yang memakainya .

Demikian penjelasan mengenai hukum memakai kutek dan celak dalam syariat islam .Pada dasarnya memperindah diri adalah suatu hal yang sangat dianjurkan karena islam menyukai keindahan . Namun , kita harus tetap memperhatikan aturan – aturan yang berlaku serta tidak merias diri secara berlebihan . Jadi , intinya suatu yang halal dapat berubah haram apabila kita melakukannya diluar garis yang telah ditentukan . Semoga bermanfaat . Amin

 

adversitemens