13 Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan Dan Manfaatnya

Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan | Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan memenuhi syarat baik syrat syah ataupun syarat wajib . Dan barangsiapa tidak menjalankannya , maka hukumnya berdosa . Dan wajib menggantinya di lain waktu serta wajib juga untuk membayar fidyah . Ketentuan – ketentuan ini , sudah kita pelajari di pembahasan sebelumnya .

Allah swt memerintahkan sesuatu kepada hambanya bukan tanpa alasan , serta setiap yang diperintahkan pasti ada hikmah dan ada manfaatnya di balik itu semua . Begitupun kewajiban berpuasa di bulan ramadhan ada hikmah serta manfaatnya . Hal ini banyak di jelaskan di dalam Al-qur’an dan Hadist . Untuk lebih jelasnya , perhatikan pembahasan di bawah ini .

Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan

Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan ,dilakukan bukan hanya bertujuan untuk menahan lapar dn haus , akan tetapi dengan berpuasa ramadhan seseorang yang melakukan harus benar -benar mampu menahan dan mengendalikan hawa nafsunya . Serta harus menjalankan ibadah yang menjadi kewajibannya juga , seperti shalat , zakat , dzikir , membaca al-qur’an , membantu antar sesama dan berbuat baik kepada sesama apapun itu bentuknya . Dan tujuan utama dari melakukan puasa yaitu supaya orang tersebut dapat enjadi seseorang yang bertaqwa . Seperti yang dijelasakan Allah swt dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 :

Hikmah menjalankan puasa Ramadhan

adversitemens

Dengan demikian , maka hikmah dan manfaat dari menjalankan puasa ramadhan bagi yang menjalankannya adalah:

1. Melatih diri Untuk menjadi pribadi yang Lebih tabah dan sabar

Di bulan ramadhan , seperti yang telah di bahas sebelumnya bahwasannya , kita menjalankan puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus . Akan tetapi dengan kita melakukan puasa ramadhan maka kita akan dilatih untuk terbiasa dapat menahan amarah , serta tidak berburuk sangka terhadap orang lain . Dan kita juga akan terbiasa untuk bersabar menghadapi sesuatu , tidak mudah untuk terpancing oleh omongan – omongan orang lain tentang diri kita .

Maka , dengan demikian kita dapat menjadi pribadi yang sabar dan tabah bukan hanya di bulan ramadhan , namun di bulan – bulan selanjutnya .

2. Tercapainya derajat ketaqwaan seseorang 

Dengan menjalankan ibadah puasa , maka seseorang akan menjalankan kebaikan – kebaikan seperti yang Allah swt perintahkan dan menjauhi semua larangan Allah swt . Dengan demikian , maka dengan menjalankan ibadah puasa maka seseorang mampu menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi kepada Allah swt . Dan di bulan ramadhan juga , kita sebagai orang muslim yang menjalankan ibadah puasa akan merasa selalu di awasi oleh Allah swt , semangat untuk melakukan hal – hal yang diperintahkan oleh Allah swt serta lebih mendekatkan diri kepada Allah swt .

adversitemens

Maka dari itu , hikamah dari berpuasa ramadhan adalah menjadikan seseorang bertaqwa kepada Allah swt .

3. Melatih seseorang menjadi lebih menghargai waktu ( lebih disiplin ) 

Seseorang yang menjalankan puasa , maka hidupnya akan lebih teratur . Sebagai contoh kita yang tidak terbiasa bangun pagi , dengan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan maka kita akan lebih teratur bangun pagi untuk menjalankan makan sahur . Dan bagi yang makannya tidak teratur dengan puasa makannya akan teratur yaitu ketika sahur dan berbuka puasa . Dengan terbiasanya bangun pagi , maka di bulan – bulan selanjutnya hidupnya akan teratur dan yang pasti tidak malas untuk bangun pagi .

4. Melatih seseorang menjadi lebih Bersyukur 

Disaat kita menjalankan ibadah puasa , kita hanya makan dua kali di saat berbuka puasa dan waktu sahur . Dengan demikian , maka kita akan lebih merasa bersyukur dengan apa yang kita makan  selama ini ketika kita tidak berpuasa . Dengan demikian rasa syukur itu akan muncul pada diri seseorang tersebut .

5. Menjadikan seseorang Lebih pedulli terhadap sesama 

Sesama muslim adalah saudara . Dan ikatan itu di bulan ramadhan sangat terjalin dengan erat . Hal ini dapat kita lihat dari beberapa contoh diantaranya adalah :

  • Memberi makan tajil untuk berbuka , secara cuma – cuma ( berbuka puasa gratis )
  • Shalat berjama’ah
  • Saling berbagi ilmu agama

Dan kebiasaan ini , akan terjalin dan terbiasa di bulan – bulan di luar bulan ramadhan .

6. Mempererat silaturahmi

Dengan kita menjalankan ibadah puasa , dan kita setiap malam menjalankan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengaji di masjid . Maka dengan adanya kegiatan seperti itu setiap hari dan menjadikan setiap hari bertemu , maka yang awalnya tidak pernah bertemu menjadi bertemu yang biasanya tidak akrab menjadi akrab . Dan kebiasaan ini juga akan berlanjut di bulan – bulan di luar bulan ramadhan .

7. Semua hal yang dilakukan adalah ibadah 

Semua hal atau perbuatan baik bernilai ibadah . Apalagi di bulan ramadhan , bulan dimana pahala kita dilipatgandakan . Dengan membiasakan diri dbulan ramadhan untuk berbuat baik , maka kita akan terbiasa di hari – hari di bulan di luar bulan ramadhan .

8. Membiasakan diri untuk berhati – hati dalam berbuat 

Dengan menjalankan ibadah puasa , maka kita akan menghidari hal – hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita yaitu dengan menjaga lisan , perbuatan dan hati . Dengan demikian setelah kita membiasakan diri berbuat baik di bulan ramadhan , kita akan terbiasa serta akan berhati – hati dalam bertindak . Karena ingat bahwa Allah swt mengetahui semua hal yang kita kerjakan .

9. Melatih diri untuk Hidup sederhana

Ketika kita makan di waktu berbuka , pasti kita akan merasakan betapa nikmatnya berbuka puasa tersebut walaupun berbuka hanya dengan air putih dan sesuap nasi . Dengan merasakan hal itu , pasti kita akan sadar dan kita akan lebih menghargai makanan serta akan melatih diri kita untuk lebih sederhana dalam hidup . Karena sesungguhnya Allah swt tidak menyukai dengan hal yang berlebihan . Dan lebih menyukai hal yang sederhana .

10. Menunjukkan Keseimbangan Hidup

Berpuasa , adalah bentuk ibadah seorang hamba kepada Allah swt . Dan sesungguhnya Ibadah adalah kewajiban kita sebagai manusia sebagi seorang hamba Allah swt . Dengan menjalankan puasa di bulan ramadhan , maka kita telah menjalankan kewajiban untuk bekal kelak di akhirat .

Serta keseimbangan hidup kita yaitu kebutuhan dunia dan akhirat , dengan kata lain dengan berpuasa maka kita telah menjalankan kebutuhan akhirat dan sejenak meninggalkan kebutuhan dunia . Karena kebutuhan dunia jika akan diikuti bakal tidak ada ujungnya atau dengan kata lain kepuasan dari diri manusia tidak ada ujungnya . Namun yang perlu diingat kepentingan dunia dan akhirat harus seimbang .

11. Setiap ibadah , memiliki tujuan 

Semua hal yang kita lakukan , pasti memiliki tujuan dan maksud . Begitupun dengan ibadah puasa , kita menjalankan ibadah puasa dengan tujuan untuk melatih diri supaya tidak melakukan perbuatan – perbuatan yang dilarang oleh Allah swt . Serta melatih diri untuk lebih bertaqwa kepada Allah swt .

12. Menjadi pribadi yang lebih baik

Ketika menjalankan ibadah puasa , kita harus menghindari perbuatan – perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa . Siapa sih yang menginginkan pahala puasa kita berkurang  dan hanya mendapat rasa lapar dan haus . Tentu tidak bukan ? Maka kita harus dapat mengontrol emosi , serta perbuatan – perbutan yang buruk .

Dan seharusnya , walaupun kita telah tidak berada di bulan ramadhan hendaknya kebaikan – kebaikan yang dilakukan di bulan ramadhan tetap berlanjut di bulan selanjutnya . Dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik .

13. Hikmah puasa dalam bidang kesehatan 

Selain secara syar’i , puasa juga memiliki hikmah di bidang kesehatan . Hikmah atau manfaat yang dapat di dapat di bidang kesehatan antara lain yaitu :

  • Mengurangi tekanan darah
  • Mengurangi kadar diabetes
  • Mengurangi berat badan
  • Mengurangi resiko stuk
  • Sebagai obat magh

Namun , walaupun berpuasa dapat bermanfaat dalam kesehatan kita harus mengutamakan hikmah yang paling utama yaitu hikmah secara syar’i atau seperti yang telah dijelaskan nomor 1 sampai dengan 12 .

Subhanallah . . . .Begitu banyak hikmah dari menjalankan ibadah puasa ramadhan . Jadi , masa iya kita akan menyianyiakan kesempatan emas untuk mendapat pahala serta mendapat tubuh yang sehat . Tentu tidak bukan ? atau adakah yang masih bermalas – malasan untuk tidak mengerjakan puasa ramadhan serta kewajiban yang lain ? Jika masih ada , berarti anda menginginkan menjadi orang yang rugi .

Semoga dengan penjelasan di atas mengenai hikmah menjalankan puasa ramadhan dan manfaatnya , kita dalam menjalankan ibadah puasa di tahun ini menjadi pribadi yang lebih baik serta menjadi muslim yang berada dalam lindungan Allah swt serta mendapat keberkahan dariNya . Dan semoga dengan penjelasan di atas kita akan lebih semangat lagi dalam menjalankan ibadah puasa . Amin

adversitemens