Mengetahui Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal – hal yang membatalkan Puasa Ramadhan | Dalam kita menjalankan ibadah puasa baik puasa wajib ataupun puasa sunnah . Pasti kita tidak terlepas dari godaan – godaan yang dapat menjadikan kita khilaf untuk melakukannya . Dan pasti diantara kita pernah bertanya – tanya apakah yang saya lakukan ini membatalkan puasa ataukah tidak ? Dan supaya kita dalam menjalankan ibadah puasa tidak sia – sia , hanya menanggung lapar dan ternyata lapar kita tidak mendapat apa – apa . Mari kita pelajari bersama mengenai hal apa sajakah yang dapat membatalkan puasa dan bagaimana kita untuk membayar puasa yang telah batal karena melakukan hal – hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan .

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal – hal yang Dapat Membatalkan puasa

Berikut adalah penjelasan mengenai hal – hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan , supaya kita tidak salah persepsi antara hal yang dapat membatalkan puasa dan hal apa saja yang tidak membatalkan puasa . Perhatikan penjelasan berikut :

A.Hal yang membatalkan Puasa Ramadhan

  1. Makan Dan Minum Secara Sengaja 

Sudah pasti makan dan minum secara sengaja merupakan hal yang dapat membatalkan puasa , karena berpuasa memang melatih diri untuk menahan hawa nafsu serat lapar dan dahaga . Selain

adversitemens

Hal ini , di dasarkan pada Firman Allah swt dalam QS.Al- Baqarah ayat 187 :

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

2. Melakukan Hubungan Badan Secara Sengaja ( berjima’ secara sengaja )

Melakukan hubungan badan secara sengaja di waktu siang saat puasa itu dapat membatalkan puasa baik keluar mani ataupun tidak keluar mani .

3. Masuknya sesuatu ke dalam lubang dalam tubuh secara sengaja ( kubul dan dubur )

Yang dimaksud dari ini yaitu memasukkan sesuatu benda baik benda padat atau cair ke dalam lubang yang dua baik dubur ataupun kubul .Jadi , berhati – hatilah jangan sengaja buang air di dalam air karena hal ini dapat menyebabkan masuknya air dan menyebabkan puasa menjadi batal.

adversitemens

4. Muntah Dengan Sengaja 

Yang di maksud yaitu sengaja memasukkan jari ke dalam tenggorokan supaya keluar muntah , hal ini menyebabkan puasa menjadi batal . Namun apabila muntah karena sakit atau mabuk perjalanan hal ini tidak menyebabkan batal puasanya atau boleh melanjutkan puasa .Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadit dibawah ini :

Hal yang membatalkan puasa ramadhan

5. Haid Dan Nifas ( bagi kaum wanita )

Seorang wanita muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa dan di tengah – tengah puasa , wanita tersebut mengalami halangan setiap bulan atau haid , maka puasa wanita tersebut langsung gugur atau batal dan tidak wajib mengerjakan puasa sampai darah haidnya selesai dan wajib mengqada atau menggantinya di waktu lain sejumlah hari yang ditinggalkan .

Begitupun wanita yang sedang nifas ( darah yang keluar  setelah melahirkan ) , wanita tersebut tidak wajib untuk mengerjakan puasa , dan wajib menggantinya dilain waktu .

Perhatikan sebuah hadit di bawah ini :

Hal yang membatalkan Puasa Ramadhan

6. Gila atau hilang akal 

Orang yang sedang berpuasa dan tiba – tiba mengalami kegilaan atau hilangnya akal maka puasa orang tersebut batal .

7. Sentuhan yang menyebabkan keluarnya air mani .

Keluarnya air mani walaupun tidak melakukan hubungan intim , dan hanya dikarenakan adanya sentuhan – sentuhan baik karena sendiri atau sering disebut masturbasi ataupun dengan bantuan tangan atau bagian tubuh yang lain dari istri maka hal ini merupakan salah satu sebab batalnya puasa seseorang . Namun , jika keluar mani karena mimpi basah maka hal ini tidak menyebabkan puasa menjadi batal .

8. Memasukkan jarum suntik ke dalam tubuh

Memasukkan jarum suntik yang mengandung cairan yang dapat mengenyangkan secara sengaja , maka hal ini juga dapat menyebabkan puasa seseorang menjadi batal .

9. Menghisap asap rokok secara sengaja 

Merokok atau menghisap asap rokok ketika berpuasa , maka menyebabkan puasa seseorang menjadi batal . Karena asap juga merupakan benda , sedangkan masuknya benda kedalam tubuh adalah hal yang menyebabkan batalnya puasa seseorang . Kecuali menghirup wewangian , hal ini tidak menyebabkan puasa menjadi batal .

10. Murtad atau keluar dari islam 

Keluarnya seseorang dari agama islam , atau sering kita kenal dengan istilah murtad adalah salah satu sebab puasa seseorang batal . Karena salah satu syarat wajib puasa adalah beragama islam .

B.Hal – Hal yang tidak membatalkan puasa Ramadhan , dan sering dianggap membatalkan puasa :

  1. Berkumur saat berpuasa . Berkumur ketika berpuasa , hendaknya berhati – hati karena takutnya ada air yang tertelan .
  2. Sikat Gigi di siang hari , di waktu berpuasa . Sikat gigi di siang hari hukumnya makruh atau dengan kata lain tidak membatalkan puasa namun hendaknya jangan dilakukan untuk kehati – hatian .
  3. Menelan ludah sendiri saat berpuasa .
  4. Mencium aroma masakan di waktu berpuasa .
  5. Muntah tanpa disengaja , karena sakit atau sedang dalam perjalanan .
  6. Keluar darah dari luka yang tidak disengaja dan tidak menyebabkan lemas dan pusing .
  7. Keluar sperma karena mimpi basah .
  8. Pingsan dan sempat sadar di siang hari .

Dengan penjelasan di atas , kita dapat  simpulkan bahwasannya berpuasa adalah hal yang sangat sakral dan dalam mengerjakannya kita tidak boleh sembarangan . Dan ternyata banyak hal yang dapat membatalkan puasa dan ada pula hal yang kelihatannya membatalkan puasa namun sebenarnya tidak menyebabkan batal . Jadi , dengan penjelasan di atas ,sedikit banyak kita dapat memahami perbedaan anatara hal yang membatalkan puasa dan hal yang tidak membatalkan puasa .

Semoga dengan penjelasan di atas , puasa kita di tahun ini dapat mendapatkan pahala yang sempurna dan terjauh dari puasa yang bolong – bolong . Karena itu hanya merugikan diri sendiri . Terkecuali bagi seorang wanita yang sedang mengalami haid ataupun nifas karena hal itu adalah suatu anugerah dari Allah swt yang diturunkan kepada kaum muslim perempuan .

Demikian penjelasan mengenai Hal – hal yang membatalkan puasa ramadhan dan hal – hal yang tidak membatalkan puasa ramadhan . Semoga bermanfaat . . .Amin

adversitemens