Memahami Lafadz Doa Iftitah Didalam Shalat

Memahami doa Iftitah | Doa iftitah yaitu slah satu bacaan yang dibaca pada saat shalat , baik shalat wajib ataupun sunnah . Doa iftitah termasuk kedalam sunnah shalat yang apabila lupa membacanya maka tidak perlu diganti dengan sujud sahwi . Akan tetapi lebih baik dibaca, karena membaca do’a iftitah memiliki keutamaan .

do'a iftitahh

Keutamaan do’a iftitah yaitu suatu do’a untuk memohon ampunan atas dosa yang telah diperbuat dan supaya dosanya untuk dibersihkan dari dirinya .

Do’a iftitah dibaca pada saat setelah takbirotul ikhram dan ketika sebelum kita membaca al-fatikhah pada raka’at pertama  . Cara bacanya yaitu tidak dibaca dalam hati , melainkan diucapkan perlahan namun tidak bersuara keras .

Walaupun do’a iftitah adalah sunnah , namun ketika kita shalat lebih baik jangan meninggalkan salah satu yang menjadi sunnah shalat , karena dengan kita mengerjakan sunnah shalat maka sunnah yang kita kerjakan dapat menyempurnakan sesuatu yang belum sempurna.

adversitemens

Dasar perintah membaca do’a iftitah

Do’a iftitah merupakan  do’a yang pertama kali dibaca setelah takbiratul ikhram dan merupakan kalimat sanjungan , pujian , dan kalimat keagungan Allah swt .

Perhatikan Hadist dibawah ini :

Rasulullah saw bersabda : ” Tidak sempurna shalat seseorang sebelum dia bertakbir , memuji Allah swt , menyanjungnya , dan membaca ayat – ayat suci Al-qur’an yang dihafalnya  . . . . .” ( HR.Abu Dawud dan Hakim )

Lafadz do’a Iftitah

Lafadz doa iftitah terdiri dari dua macam , yaitu :

  1. Lafadz Do’a iftitah yang pertama / yang sering dibaca oleh mayoritas muslim di dunia , berbunyi :

doa iftitah

2. Lafadz doa iftitah yang kedua , berbunyi :

adversitemens

doa iftitah

Demikian penjelasan mengeni Lafadz do’a iftitah yang benar dan sesuai dengan syariat islam . Sesungguhnya do’a iftitah tujuannya sama yaitu berdo’a kepada Allah swt , menyanjung , memuji dan mengagungkan Allah swt . Dan dibacanyapun sama setelah takbiratul ikhram dan sebelum membaca surah al-fatikhah . Jadi , walaupun diantara kita ada perbedaan dalam membaca lafadz do’a iftitah , tetapi jangan membuat kita sebagai sesama muslim untuk saling menyalahkan dan merasa paling benar . Kekuatan islam adalah ditangan kita , jika kita saling menyalahkan dan saling bertengkar maka kita akan mudah untuk dikalahkan oleh orang kafir . Jadi , mari kita untuk saling bersatu walaupun diantara kita banyak perbedaan pendapat .

adversitemens